Cara Mengatasi Gatal-gatal Pada Kulit Secara Tepat

Jumat, 14 Juli 2023 | Safecare Admin



cara-mengatasi-gatal-gatal-pada-kulit

Gatal pada kulit karena kulit kering, alergi ataupun gigitan serangga merupakan hal yang wajar terjadi. Namun, rasa gatal pada kulit yang tidak kunjung hilang tentu sangat tidak nyaman, bukan? Penyebab Gatal pada Kulit Tubuh mengakibatkan sensasi rasa yang membuat tidak nyaman bahkan dapat mengganggu aktivitas. Nah, kali ini kami akan membagikan informasi mengenai cara mengatasi gatal gatal pada kulit.

Cara mengatasi gatal gatal pada kulit cukuplah beragam mulai dari menggunakan bahan alami hingga penggunaan obat anti gatal yang praktis dan efektif. Keefektifan cara atasi gatal pada kulit juga tergantung pada tingkat iritasi yang terjadi. Jika gatal pada kulit terjadi lebih parah pada umumnya Anda pun dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis.

Berikut akan disajikan beberapa informasi terkait cara mengatasi gatal pada kulit secara tepat. Bahkan, beberapa cara mengatasi gatal-gatal pada kulit secara alami dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini.

 

1. Hindari Menggaruk Terlalu Keras

Rasa gatal yang meradang sering kali membuat seseorang tanpa sadar keenakan menggaruknya hingga timbul iritasi baru. Cara mengatasi gatal-gatal pada kulit secara tepat yakni dengan berhenti menggaruk terlalu keras area yang gatal.

Garukan yang Anda lakukan secara spontan sebenarnya tidak bisa menghilangkan gatal. Saat rasa gatal datang sebaiknya tahan diri Anda untuk tidak menggaruk atau bahkan menggaruknya secara berlebihan,ya. 

Ketahuilah menggaruk akan membuat kulit lecet bahkan teriritasi. Gunakanlah cara lain untuk mengatasi gatal pada kulit tanpa menggaruknya.

 

2. Gunakan Kompres Dingin

Salah satu cara mengatasi gatal pada kulit menurut penelitian adalah dengan menggunakan kompres dingin pada area gatal. Kompres dingin ini dipercaya dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit sebagai pemicu rasa gatal pada kulit.

Cara alami mengatasi gatal pada kulit ini bisa Anda lakukan sendiri dengan menyiapkan alat dan bahan seperti kain basah atau kompres es. Selanjutnya Anda dapat mengkompres kain dingin tersebut pada area dimana rasa gatal itu muncul selama kurang lebih 10 menit.

Jangan lupa menggunakan kain yang steril agar tidak terjadi iritasi kulit baru. Jika kulit Anda sensitif dengan suhu dingin sebaiknya Anda menggunakan cara atasi gatal pada kulit yang lain yang lebih cocok dengan tipe kulit Anda.

 

3. Oleskan Safe Care Skin Care Balm Skin

Cara alami mengatasi gatal pada kulit berikutnya yakni dengan mengoleskan Safe Care Balm Skin Care. Ya, ini adalah produk milik Safe Care yang diformulasikan khusus untuk menangani gatal-gatal pada kulit dengan cepat.

 

 

Selain itu, Safe Care Skin Care Balm juga efektif menangani ruam popok, ruam kulit, kulit kemerahan, gejala eczema dan iritasi kulit. Sudah banyak nih orang yang mengakui keampuhan balm besutan Safe Care ini untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, termasuk gatal-gatal. Salah satu Manfaat Balsem atau Balm untuk Gatal Kulit efektivitasnya sudah tidak diragukan lagi!

 

4. Hindari Pemicu Gatal

Gatal-gatal pada kulit bisa terjadi karena banyak faktor seperti kulit kering, alergi, gigitan serangga ataupun gejala penyakit lainnya. Nah, sebelum mencari solusi untuk mengatasi rasa gatal itu sendiri sebaiknya Anda tahu penyebab kulit gatal yang Anda alami itu apa.

Jika Anda sering mengalami kulit gatal karena alergi terhadap sesuatu Anda bisa menghindari atau meminimalkan kontak secara langsung dengan pemicu alergi tersebut. Misal jika Anda alergi udang, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi maupun menyentuh udang untuk menghindari timbulnya rasa gatal pada tubuh Anda.

Gatal karena gigitan serangga merupakan gatal yang sering terjadi namun cukup mudah hilang. Jika Anda merasa terganggu dengan rasa gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga, cara mengatasi gatal gatal pada kulit secara alami yang tepat yakni menggunakan lotion anti gigitan serangga.

Selain itu Anda juga harus menghindari pemicu gatal pada kulit yang lain seperti, perubahan suhu, getah tanaman tertentu, produk kecantikan yang belum pernah Anda coba, dan lain sebagainya. 

 

5. Gunakan Sabun yang Aman untuk Gatal

Produk perawatan kulit tentu banyak macamnya, salah satunya produk sabun untuk penderita gatal. Sabun sebagai produk yang erat kaitannya dengan masalah kulit adalah solusi tepat untuk membantu penderita gatal-gatal pada kulit.

Senyawa kimia yang terkandung pada sabun tentulah berbeda-beda. Jika Anda sedang terserang gatal-gatal pada kulit, sebaiknya tidak sembarangan menggunakan produk sabun. Ketahui dengan jelas kandungan dari sabun yang akan Anda gunakan. Hindari produk sabun dengan kandungan senyawa yang dapat memicu iritasi ataupun memperparah rasa gatal yang Anda alami.

 

6. Hindari Pakaian Ketat dan Bahan yang Panas

Gatal pada bagian tubuh tertentu bisa datang kapan saja. BIsa jadi salah satu penyebabnya adalah pakaian yang Anda gunakan. Pakaian yang ketat dan bahan yang panas sering menjadi faktor pemicu rasa gatal pada bagian tubuh tertentu.

Menghindari penggunaan pakaian ketat dan bahan yang panas merupakan cara atasi gatal pada kulit yang tepat dan baik. Pakaian longgar akan lebih nyaman untuk digunakan saat beraktivutas. Pakaian yang tidak ketat dan panas pun akan memberikan sirkulasi udara yang baik pada kulit gatal sehingga tidak menimbulkan iritasi ataupun masalah gatal yang lebih parah.

 

7. Menggunakan Pelembab Kulit

Pelembab kulit atau lotion yang biasa dioleskan pada bagian luar kulit memiliki manfaat tersendiri untuk menjaga lapisan kulit tetap lembab dan terhidrasi dengan baik. Cara mengatasi gatal gatal pada kulit menggunakan pelembab kulit ini sangat tepat untuk kulit kering.

Pelembab kulit memiliki peran penting dalam mengelola kondisi kulit yang menyebabkan gatal dan kering. Dengan mengoleskan pelembab secara tepat pada kulit maka akan membantu Anda mengatasi masalah kulit seperti gatal.

Saat hendak membeli produk pelembab kulit, pilihlah pelembab dengan kandungan emolien. Selain itu, Anda bisa mengaplikasikan pelembab kulit dengan baik saat setelah mandi. Kelembaban kulit yang terjaga akan membuat kulit tetap sehat dan terhindar dari masalah kulit seperti gatal gatal pada kulit.

 

8. Konsultasi  Dengan Dokter Jika Parah

Perlu Anda tahu, meskipun gatal pada kulit secara umum bukan masalah kesehatan yang serius, namun kulit gatal terkadang merupakan gejala penyakit yang serius lainnya. Hal ini tentunya terjadi jika gatal gatal pada kulit yang Anda alami terjadi secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang.

Gatal gatal pada kulit bisa menjadi tanda penyakit serius seperti ginjal, tiroid, hati bahkan kanker. Nah, cara mengatasi gatal gatal pada kulit yang telah parah tentunya dengan melakukan konsultasi bersama dokter spesialis kulit. 

Anda harus berkonsultasi dengan dokter apabila telah mengalami gatal gatal pada kulit berlanjut selama lebih dari dua minggu. Apalagi jika gatal pada kulit Anda disertai ruam, benjolan atau bengkak, dan muncul tanda-tanda infeksi.

Itulah berbagai cara mengatasi gatal gatal pada kulit secara tepat. Sebagai tindakan awal, kami sangat menyarankan Anda untuk mengoleskan Safe Care Skin Care Balm. Cara ini terbukti efektif menghilangkan gatal-gatal pada kulit dan mencegahnya muncul kembali.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar