Apa Penyebab Gatal pada Kulit Tubuh? Pahami Berikut Ini

Jumat, 14 Juli 2023 | Safecare Admin



penyebab-gatal-gatal-pada-kulit

Gatal-gatal pada kulit tubuh tertentu adalah kondisi yang umum terjadi pada setiap orang. Pertanyaannya, apa penyebab gatal pada kulit tubuh? Simak artikel ini untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut secara detail ya!

Rasa gatal pada bagian tubuh tertentu terkadang muncul secara tiba-tiba. Di samping itu, rasa gatal juga bisa hilang dengan sendirinya tanpa dilakukan pengobatan tertentu.

Namun, bagi sebagian orang, rasa gatal sangatlah tidak nyaman. Apalagi kalau rasa gatal terjadi pada seluruh bagian tubuh.

Nah, kali ini kami akan membahas tentang penyebab gatal-gatal pada kulit. Di akhir artikel, kami akan memberitahu Anda cara ampuh mengatasi gatal-gatal pada kulit. Jadi, baca artikel ini sampai tuntas ya!

 

1. Eksim

Penyebab penyakit gatal pada kulit yang pertama yakni eksim atau dikenal juga dengan sebutan dermatitis atopik. Selain gatal-gatal pada kulit, eksim juga bisa membuat kulit tampak berwarna merah dan kering, bahkan tidak jarang terlihat bersisik serta pecah-pecah.

Sebenarnya, eksim lebih sering menyerang anak-anak. Meski begitu, eksim juga bisa menyerang orang dewasa dan lansia. Nah, apabila Anda mengalami gatal-gatal yang tak kunjung sembuh, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Mungkin saja, gatal-gatal yang muncul itu disebabkan oleh eksim, apalagi jika disertai dengan gejala-gejala lainnya seperti yang kami sebutkan di atas.

 

2. Kulit Kering

Apa penyebab gatal pada kulit berikutnya? Jawabannya yakni kulit kering. Banyak sekali orang yang mengalami masalah kulit kering merasakan gatal-gatal yang membuatnya tidak nyaman.

Kulit kering sendiri terjadi karena produksi sebum atau minyak alami yang kurang. Sehingga, minyak alami ini tidak dapat secara optimal melembabkan kulit.

Adapun beberapa hal yang sering menjadi biang kerok kulit kering yakni kelembaban udara rendah, reaksi kulit terhadap bahan kimia tertentu, terlalu sering menggunakan sabun, mandi dengan air panas dan terlalu lama berada di dalam ruang ber-AC.

 

3. Adanya Alergi

Anda merasakan gatal-gatal setelah mengkonsumsi makanan tertentu? Itu berarti Anda mengalami alergi. Ya, gatal-gatal pada kulit disebabkan oleh alergi bisa saja terjadi pada siapa pun. Reaksi alergi ini terjadi lantaran sistem kekebalan tubuh terlalu berlebihan bereaksi terhadap zat atau benda tentu yang menjadi biang kerok munculnya alergi.

Sebenarnya, alergi yang bisa menyebabkan gatal-gatal pada kulit tubuh bukan saja terjadi karena makanan tertentu. Melainkan, ada banyak faktor penyebab alergi lainnya, seperti sabun, kosmetik, debu, asap rokok, polusi hingga obat-obatan tertentu.

Oleh karenanya, jika Anda mengalami gatal-gatal setelah mengkonsumsi makanan tertentu atau terkena zat alergen sebagaimana kami sebutkan di atas, sebaiknya berhentilah melakukannya kembali. Misalnya, Anda merasakan gatal-gatal setelah mengkonsumsi udang goreng, maka setelahnya jangan mengonsumsi makanan tersebut agar tidak merasakan gatal-gatal lagi.

 

4. Terkena Biduran

Selanjutnya, apa penyebab gatal-gatal pada kulit yang keempat? Jawabannya yakni terkena biduran. Apakah Anda pernah terkena biduran?

Biduran atau dikenal juga dengan sebutan urtikaria adalah reaksi alergi pada kulit yang ditandai dengan munculnya rasa gatal-gatal dan bentol-bentol merah. Biduran bisa terjadi pada bagian kulit tertentu, bisa juga seluruh kulit tubuh.

Adapun penyebab biduran sangat beragam. Di antaranya: mengonsumsi makanan tertentu yang ternyata memicu reaksi alergi, kontak langsung dengan binatang berbulu dan pemicu alergi lainnya, efek samping obat-obatan dan terpapar bahan kimia.

Banyak nih orang yang terkena biduran menggaruk bagian kulit tubuh yang gatal. Sehingga, rasa batal dan bentol-bentol merah (biasanya) menyebar ke bagian kulit tubuh lainnya. Jadi, menggaruk bagian kulit tubuh yang gatal akibat biduran tidaklah disarankan. 

 

5. Gigitan Serangga

Penyebab gatal-gatal pada kulit yang kelima yakni terkena gigitan serangga. Bukan saja nyamuk, jenis serangga lainnya seperti kutu kasur juga dapat menyebabkan kulit tubuh gatal-gatal. Nah, kalau nyamuk biasanya hanya menyebabkan gatal pada kulit tubuh tertentu, sedangkan kutu kasur biasanya menimbulkan gatal-gatal pada seluruh kulit tubuh.

Mungkin Anda pernah merasakan tubuh gatal-gatal dan muncul bentol-bentol tanpa sebab, terutama saat malam hari. Sebenarnya ini bukan tanpa sebab, bisa saja gatal dan bentol yang muncul disebabkan oleh gigitan serangga kecil. Ya, serangga yang memiliki ukuran kecil dan geraknya cepat membuat kita tidak menyadarinya kalau mereka telah menggigit kulit tubuh kita.

 

6. Adanya Infeksi Kulit

Infeksi kulit, seperti kurap, kudis dan cacar juga bisa jadi penyebab gatal-gatal pada kulit. Biasanya, rasa gatal yang disebabkan oleh infeksi kulit hanya pada bagian tubuh tertentu. Namun, rasa gatal tersebut sangat rentan menyebar ke bagian lainnya.

Jika Anda mengalami infeksi kulit, segera obati dengan tepat. Pasalnya, apabila tidak segera diobati, sebagaimana kami jelaskan tadi, infeksi kulit akan menyebar ke bagian lain dan bahkan bertambah parah. Apalagi kalau area di sekitar kulit yang terinfeksi sering berkeringat dan tidak bersih.

 

7. Teridentifikasi Penyakit Kulit

Selanjutnya, apa penyebab gatal pada kulit yang ketujuh? Jawabannya yakni terkena penyakit kulit tertentu. Ya, beberapa jenis penyakit kulit memang dapat memunculkan sensasi gatal. Adapun beberapa jenis penyakit kulit yang dimaksud di antaranya: kurap, kudis, cacar, eksim, prurigo, biduran, psoriasis dan folikulitis.

Sebenarnya bukan hanya gatal, penyakit kulit yang kami sebutkan di atas juga sering kali memunculkan gejala lain, seperti bentol-bentol, bintik-bintik kecil, kemerahan dan iritasi kulit. Kami sangat menyarankan Anda yang terkena salah satu atau beberapa penyakit kulit di atas, segera mengobatinya. Hal ini penting dilakukan agar penyakit kulit tidak bertambah parah dan rasa gatal terasa terus-menerus.

 

8. Gejala Penyakit Sistemik

Penyebab gatal-gatal pada kulit yang terakhir yakni gejala penyakit sistemik. Beberapa penyakit sistemik yang sering kali menimbulkan keluhan kulit gatal di antaranya: penyakit hati, gangguan empedu, gagal ginjal, diabetes, kanker dan penyakit autoimun.

Beberapa orang mungkin merasakan gatal-gatal pada seluruh bagian kulit tubuh secara terus-menerus dan tidak diketahui penyebabnya. Nah, mungkin saja, penyebab munculnya gatal-gatal tersebut yakni karena penyakit sistemik. Oleh karenanya, penderita perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat.

Itulah pembahasan tentang apa penyebab gatal pada kulit tubuh. Sekarang Anda perlu tahu nih bagaimana cara efektif mengatasi gatal pada kulit tubuh.

Cara efektif mengatasi gatal pada kulit yakni dengan mengoleskan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Roll On 10 ml. Ya, produk Safe Care ini memang dapat meredakan rasa gatal akibat gigitan serangga dan penyebab lainnya.

 

 

Oleskan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Roll On ini secukupnya pada bagian kulit tubuh yang terasa gatal ya. Sudah banyak lho customer Safe Care yang mengakui keampuhan produk ini untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit.

Oh ya, Anda bisa membeli Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Roll On di toko swalayan dan secara online di berbagai marketplace. Serta Anda juga bisa mengetahui secara detail lagi mengenai Cara Mengatasi Gatal-gatal Pada Kulit Secara Tepat.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar