Apa itu Eczema pada Orang Dewasa?

Rabu, 14 Juni 2023 | Safecare Admin



apa-itu-eczema

Eczema adalah gangguan kulit yang ditandai dengan timbulnya ruam merah dan terasa gatal serta perih. Dalam istilah medis, eczema juga dikenal dengan sebutan eksim dan/atau dermatitis atopik.

Gangguan kulit eczema dapat muncul di area tubuh mana saja, baik di tangan, lutut, dada, leher hingga lipatan tubuh. Bukan saja anak-anak, orang dewasa juga tidak jarang yang terkena eczema.

Nah, di dalam artikel ini kami akan memberikan informasi secara detail mengenai apa itu eczema, gejala, penyebab dan cara mengobatinya. Simak sampai tuntas artikel ini ya!

 

Pengertian Eczema

Di atas sedikit telah kami jelaskan mengenai pengertian eczema itu apa. Lebih lanjut kami informasikan bahwa eczema adalah kondisi kulit yang mengalami ruam merah, terasa gatal, bersisik dan kering. Gangguan eczema dermatitis atopik ini dapat melemahkan fungsi skin barrier yang bekerja melindungi kulit dan mengatur kelembaban. Ada dua jenis eczema atau eksim yang perlu diketahui yaitu, Eksim Basah dan Eksim Kering.

Pada kasus serius, kulit yang terkena eczema akan terasa nyeri dan sakit ketika disentuh. Bahkan, ada juga kulit eczema yang mengeluarkan cairan dan lepuhan kecil yang bisa saja pecah kalau ditekan.

Perlu Anda tahu nih, eczema adalah penyakit tidak menular. Jadi, jenis gangguan kulit ini tidak dapat ditularkan dari orang ke orang. Meski begitu, gangguan eczema harus mendapatkan perawatan dan/atau pengobatan yang tepat agar tidak semakin parah.

 

Berikut Gejala Eksim atau Eczema pada Orang Dewasa

Pada umumnya, orang dewasa yang terkena eczema pernah terserang saat masa kanak-kanak. Gangguan kulit ini bisa hilang dengan sendirinya, bisa juga menjadi penyakit yang menahun. Berikut gejala-gejala eczema atau eksim pada orang dewasa:

  •  Ruam merah, bisa menyerang di bagian tubuh mana saja.
  • Gatal, sering kali menyerang di area lekukan tubuh, seperti depan dan tengkuk leher, belakang lutut dan siku dalam.
  •  Kulit kering, bersisik dan kasar.
  • Ruam berkerak, mengeluarkan cairan kalau pecah karena tertekan atau tergores.

 

Apa Penyebab Penyakit Eczema?

Sedikitnya ada tujuh penyebab umum penyakit eczema. Anda harus tahu nih penyebab eczema secara detail, berikut penjelasan lengkapnya:

 

1. Adanya Jamur atau Bakteri pada Kulit

Seperti diketahui, jamur dan bakteri yang menempel pada kulit bisa menyebabkan gangguan kulit. Eczema penyebab juga bisa muncul karena kulit terserang jamur atau bakteri.

Oleh karenanya, kita dituntut untuk selalu membersihkan tubuh secara rutin. Tujuannya tidak lain agar jamur dan bakteri yang menempel di tubuh hilang dan gangguan kulit seperti eksim tidak akan terjadi.

 

2. Eksim Atopik

Penyebab penyakit eczema berikutnya yakni eksim atopik. Eksim atopik sendiri adalah peradangan yang menyerang kulit hingga menimbulkan rasa gatal.

Perlu Anda tahu nih, meski gatal, bagian kulit yang terkena eksim atopik sebaiknya tidak digaruk. Sebab, menggaruk eksim atopik justru dapat merusak lapisan kulit dan menimbulkan luka. Ini akan menjadi jalannya kuman ke lapisan dalam kulit yang bisa saja berujung infeksi.

 

3. Alergi

Alergi juga bisa jadi biang kerok timbulnya eczema. Apalagi kalau penderita memiliki gangguan sistem imunitas. Ya, tubuh yang memiliki gangguan sistem imunitas akan bereaksi berlebihan terhadap alergi yang ditimbulkan oleh bahan makanan, bahan kimia hingga serbuk sari.

Zat-zat semacam itu sebenarnya tidak berbahaya, namun bagi penderita gangguan sistem imunitas sering kali menimbulkan reaksi peradangan. Reaksi peradangan inilah yang menyebabkan munculkan eczema yang ditandai dengan ruam merah dan gatal.

 

4. Perubahan Suhu

Maksud perubahan suhu dalam hal ini yakni perusahan suhu udara dingin menjadi panas secara tiba-tiba. Misalnya, saat Anda berada di ruang AC kemudian keluar ruangan yang udaranya cukup panas.

Nah, hal itu bisa saja menyebabkan gangguan kulit eczema, apalagi Anda mengalaminya sangat sering. Eczema adalah gangguan kulit yang juga bisa disebabkan oleh kepanasan dan keringat berlebihan akibat perubahan suhu udara dingin menjadi panas.

 

5. Stress

Penyebab eczema bisa juga karena stress. Seperti diketahui, stress bisa menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan, termasuk eczema dermatitis. Biasanya eczema dermatitis yang disebabkan oleh stress ditandai dengan munculnya lepuhan kecil pada bagian tangan dan kaki.

Oleh karenanya, kita semua dituntut untuk menghindari hal-hal yang menjadi pemicu stress. Dengan cara ini, berbagai permasalahan kesehatan dapat dicegah dengan baik, termasuk penyakit eczema.

 

6. Alergi Makanan

Eczema penyebab bisa dipicu oleh faktor makanan. Ya, ini erat kaitannya dengan reaksi alergi akibat bahan-bahan yang terkandung dalam makanan tertentu.

Beberapa jenis makanan yang sering kali menimbulkan reaksi alergi di antaranya: seafood, susu, telur dan daging ayam. Eczema yang disebabkan alergi makanan biasanya ditandai dengan munculnya bercak merah dan gatal-gatal pada bagian tubuh tertentu, bahkan menyeluruh.

 

7. Perubahan Hormon

Penyebab eczema yang terakhir yakni terjadi perubahan hormon. Misalnya, perubahan hormon saat hamil dan menjelang menstruasi. Ya, sering kali pada kedua momen itu, wanita mengalami gatal-gatal dan ruam merah pada area tubuh tertentu. Hal ini bisa saja memicu munculnya apa itu eczema.

Jika Anda mengalami hal itu, jangan khawatir, karena eczema yang terjadi karena perubahan hormon akan hilang dengan sendirinya. Anda bisa meredakan gejala-gejala yang muncul saja untuk mengusir ketidaknyamanan. Secara lengkap Anda bisa mengetahui Penyebab Eksim atau Eczema Secara Detailnya.

 

Berikut Cara Mengobati Eksim & Eczema

Telah kami jelaskan di atas bahwa eczema adalah gangguan kulit yang ditandai dengan kemunculan ruam merah dan gatal-gatal pada bagian tubuh tertentu. Eczema bisa menyerang siapa saja, baik itu anak-anak maupun orang dewasa.

Tapi jangan khawatir, Anda bisa kok mengobati eczema atau eksim dengan tepat. Berikut cara mengobati eczema atau eksim dengan tepat yang bisa Anda lakukan:

 

1. Penggunaan Balm Skin Care

 

 

Anda bisa menggobati eczema dengan menggunakan Safe Care Skin Care Balm. Caranya, oleskan Safe Care Skin Care Balm ini ke bagian tubuh yang terkena kulit eczema secara rutin. Balm Skin besutan Safe Care ini sudah terbukti ampuh memudarkan gangguan kulit akibat eczema lho.

Safe Care Skin Care Balm terbuat dari bahan-bahan alami yang sangat bersahabat kulit berbagai jenis, termasuk kulit sensitif. Salah satu bahan alami yang ada di dalamnya yakni geranium oil yang dapat meredakan gatal-gatal pada kulit. Selain itu, ada juga kandungan tea tree oil yang membantu meredakan ruam merah pada kulit.

 

2. Konsultasi Dokter

Eczema adalah penyakit yang bisa hilang dengan sendirinya apabila tidak parah. Di sisi lain, eczema juga menjadi penyakit yang parah dan berlangsung selama menahun. Eczema yang parah sebaiknya dikonsultasikan ke dokter agar segera mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat.

Saat berkonsultasi ke dokter, biasanya pasien akan diwawancarai secara mendalam mengenai riwayat kesehatannya. Kemudian dokter akan melakukan tes alergi, pemeriksaan darah dan biopsi kulit. Dokter lantas akan memberikan perawatan dan pengobatan yang tepat kepada pasien eczema dermatitis.

Secara lebih lengkap, Kami membahas mengenai Cara Mengobati Eksim atau Eczema Secara Tepat yang bisa Anda terapkan.

Itulah pembahasan tentang apa itu eczema. Sekarang Anda sudah tahu nih bahwa eczema adalah gangguan kulit yang identik dengan munculnya ruam merah dan sensasi gatal. Jika Anda mengalami eczema, segara obati dengan Safe Care Skin Care Balm ya!

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar