Apa itu Eksim Kering? Berikut Detailnya

Rabu, 16 Agustus 2023 | Safecare Admin



penyakit-eksim-kering

Penyakit eksim kering harus segera diatasi apalagi jika sudah berlangsung lama. Alasannya, penyakit ini bisa menjadi komplikasi jika dibiarkan begitu saja dan bertambah parah. Akibatnya, akan muncul permasalahan kesehatan lainnya, utamanya yang menyerang kulit tubuh.

Eksim kering diketahui lebih sering menyerang anak-anak. Penyakit ini bahkan kerap kambuh saat mereka sudah menginjak usia dewasa. Di sisi lain, orang dewasa maupun lansia yang sebelumnya tidak pernah mengalami eksim kering, termasuk pada masa anak-anak, juga bisa terkena penyakit ini.

Nah, sebelum mengetahui cara mengatasi eksim kering, penting juga bagi Anda untuk mengetahui gejala, penyebab dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan penyakit ini. Simak dengan saksama ya!

 

Mengenal Eksim Kering

Menurut Tinjauan dr. Merry Dame Cristy Pane dari Alodokter, Sebenarnya istilah eksim kering mengacu pada penyakit eksim pada umumnya atau disebut juga dermatitis atopik. Eksim adalah penyakit peradangan kulit yang ditandai dengan rasa gatal tak tertahankan, ruam merah dan iritasi.

Bukan saja itu, eksim juga bisa membuat kondisi kulit yang meradang terasa kasar dan bersisik. Nah, kondisi inilah yang sering disebut sebagai eksim kering.

Ada juga istilah eksim basah. Kondisi ini sering kali ditandai dengan adanya luka basah dan/atau berair pada kulit yang terkena eksim.

 

Gejala Eksim Kering

Penderita eksim kering sering kali mengalami empat gejala secara bersamaan. Berikut gejala eksim kering yang perlu Anda ketahui:

 

1. Kulit Menjadi Tebal

Gejala eksim kering yang pertama yakni kulit menjadi lebih tebal. Bukan saja itu, kulit juga bisa menjadi gelap dan meninggalkan bekas luka. Kondisi ini bisa Anda rasakan jika menggaruk kulit yang terserang eksim kering.

 

2. Permukaan Kulit Pecah-pecah

Gejala eksim kering berikutnya yakni permukaan kulit pecah-pecah. Permukaan kulit yang pecah-pecah ini biasanya terasa sakit. Dalam kondisi yang lebih parah, kulit pecah-pecah akan mengeluarkan darah.

 

3. Muncul Benjolan Berisi Cairan

Benjolan berisi cairan juga akan muncul pada bagian kulit yang terkena eksim kering. Benjolan berisi cairan ini memicu rasa gatal yang tak tertahankan sehingga membuat penderita ingin menggaruknya. Tapi ingat, eksim kering tidak boleh digaruk ya!

 

4. Kulit Bengkak

Dalam kondisi yang parah, eksim kering akan menjadikan kulit membengkak. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan begitu saja, penderita harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan/pengobatan yang tepat.

 

Penyebab Eksim Kering

Ada tujuh penyebab umum seseorang terkena eksim kering. Berikut kami informasikan penyebab eksim kering selengkapnya:

 

1. Alergi

Eksim pada anak-anak maupun orang dewasa sering kali dipicu oleh alergi. Alergi ini bisa berasal dari makanan, minuman, debu, serbuk sari, polusi, bulu hewan dan zat alergen lainnya.

 

2. Sering Berkeringat

Penyebab eksim kering yang kedua yakni sering berkeringat. Nah, bayi yang sering berkeringat lebih berisiko terkena gangguan kulit, tidak terkecuali eksim kering.

 

3. Cuaca Kering dan Dingin

Cuaca dingin tidak jarang membuat kulit terasa kering. Beberapa gangguan kulit juga kerap disebabkan oleh cuaca dingin, seperti biduran, ruam merah dan eksim kering.

 

4. Sedang Stres

Seperti diketahui, stres bisa menjadi biang kerok berbagai permasalahan kesehatan. Bahkan, eksim kering bisa disebabkan oleh stres. Oleh karenanya, penting bagi kita semua untuk mengendalikan stres dengan baik setiap saat.

 

5. Penggunaan Sabun Tidak Cocok

Sabun dengan bahan kimia tertentu mungkin bisa memicu alergi pada kulit tubuh saat diaplikasikan. Lama-kelamaan, alergi ini bisa menjadi penyakit kulit seperti eksim kering. Saran kami, gunakan sabun yang lembut dan tidak menjadikan kulit kering ya!

 

6. Tidak Cocok Bahan Pakaian

Beberapa orang tidak cocok dengan pakaian yang terbuat dari kain sintetis dan wol. Bahkan, ketidakcocokan ini bisa jadi penyebab timbulnya permasalahan kulit, seperti eksim kering.

 

7. Adanya Riwayat Asma

Penderita asma atau pemilik riwayat asma sering kali mengalami gangguan kulit, seperti gatal-gatal dan eksim kering. Ya, adanya riwayat asma juga bisa memicu orang terkena eksim kering.

 

Perbedaan Eksim Kering pada Tangan dan Eksim Kering di Kaki

Perbedaan eksim kering pada tangan dan kaki sebenarnya hanya terletak pada tempat terjangkitnya. Pada umumnya, eksim kering menyerang pergelangan tangan dan pergelangan kaki. Meski begitu, bagian tangan dan kaki lainnya juga tidak menutup kemungkinan terkena eksim kering.

Adapun gejala eksim kering pada tangan dan kaki yang muncul tidaklah berbeda. Di antaranya: kulit menjadi lebih tebal, permukaan kulit jadi pecah-pecah, muncul benjolan berisi air atau cairan dan (dalam kondisi lebih parah) kulit mengalami pembengkakan.

Lebih lanjut, pada kasus eksim kering yang lebih serius baik pada tangan maupun kaki seringkali disertai dengan rasa nyeri, terutama saat disentuh. Bahkan, benjolan berisi cairan akan melepuh dan membentuk kerak di sekelilingnya. Sebaiknya segera lakukan penanganan yang tepat agar eksim kerim tidak tumbuh lebih parah lagi.

 

Berikut Cara Mengatasi Eksim Kering

Tiba saatnya Anda mengetahui cara mengatasi eksim kering dengan tepat. Ada empat cara mengatasi eksim kering yang bisa Anda terapkan, berikut di antaranya:

 

1. Jangan Menggaruk Kulit

Cara pertama yakni tidak menggaruk kulit yang terkena eksim kering. Memang, rasa gatal yang muncul mungkin tak tertahankan, tapi Anda bisa kok mengatasinya dengan cara mengompres dingin selama 10 menit.

Jadi, kami mengingatkan agar tidak terbiasa menggaruk kulit yang terasa gatal akibat penyakit tertentu, seperti eksim kering. Tindakan ini justru dapat merusak kulit dan mengakibatkan iritasi. Belum lagi jika ada kuman yang tertinggal di jari tangan. Ini bisa memperparah eksim kering lho.

 

2. Gunakan Safe Care Balm Skincare

Cara mengatasi eksim kering berikutnya yakni dengan mengaplikasikan Safe Care Skin Care Balm. Cara ini sangat disarankan karena terbukti ampuh mendepak berbagai permasalahan kulit, seperti eksim, gatal-gatal, ruam kemerahan dan lain sebagainya.

 

 

Safe Care Skin Care Balm bisa digunakan oleh bayi dan dan anak-anak karena kandungan alaminya termasuk ‘baby safe’. Jadi, jika bayi atau anak Anda terkena eksim atau gangguan kulit lainnya seperti ruam popok, oleskan saja Safe Care Skin Care Balm ya!

 

3. Hindari Mandi Terlalu Lama

Kulit sering kali akan menjadi kering setelah mandi berlama-lama. Hal ini bisa memicu eksim kering dan bahkan menjadikannya lebih parah bagi penderita.

Mandi yang disarankan yakni cukup 5 hingga 10 menit. Untuk penggunaan sabun, sebaiknya pilih sabun berbahan lembut, anti pewangi dan anti pewarna. Sabun semacam ini sangat ramah bagi penderita eksim kering.

 

4. Jika Belum Sembuh Konsultasi ke Dokter Kulit

Jika memang eksim kering tidak kunjung sembuh, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter kulit. Tindakan ini perlu diambil agar eksim kering bisa diatasi dengan segera dengan cara dan obat yang tepat.

Di sisi lain, jika eksim kering mengakibatkan Anda sulit tidur dan memicu infeksi kulit yang serius, bahkan terasa nyeri dan timbul demam, baiknya juga segera lakukan konsultasi dengan dokter. Kondisi ini membutuhkan penanganan dengan segera! Supaya Anda mengetahui Cara Mengobati Eksim atau Eczema Secara Tepat.

Itulah pembahasan lengkap tentang eksim kering. Pastikan Anda menggunakan Safe Care Skin Care Balm untuk mengatasi eksim kering. Anda bisa membelinya di supermarket, apotek dan secara online melalui marketplace.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar