Berikut Ciri-ciri Iritasi Kulit Tangan

Jumat, 18 Agustus 2023 | Safecare Admin



ciri-ciri-iritasi-kulit-tangan

Kulit yang sehat menjadi dambaan banyak orang. Perawatan kulit yang tepat menjadi kunci untuk menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari masalah kulit. Ditinjau dari Kemenkes.go.id, masalah kulit setiap orang tentulah berbeda-beda, iritasi kulit merupakan salah satu masalah kulit yang kerap dirasakan oleh sebagian orang.

Jika Anda mengalami iritasi kulit utamanya kulit tangan, biasanya akan ada sensasi gatal, perih, ruam merah hingga bersisik. Kondisi ini tentu akan mempengaruhi kenyamanan saat Anda beraktivitas sehari-hari, bukan?

Udara panas, produk kecantikan hingga makanan tertentu dapat menjadi penyebab terjadinya iritasi kulit tangan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memberikan perawatan maupun antisipasi agar terhindar dari iritasi kulit tangan maupun masalah kulit lainnya.

Sejauh ini, iritasi kulit dinilai hanya sebatas kulit yang terluka dan terasa perih. Faktanya, kulit tangan yang teriritasi memiliki ciri-ciri yang beragam dan bertahap. Berikut adalah ciri-ciri iritasi kulit tangan yang perlu Anda ketahui:

 

1. Muncul Kemerahan

Ciri pertama kulit tangan mengalami iritasi adalah munculnya warna kemerahan pada bagian kulit tangan. Kemarahan pada kulit tangan biasa muncul bersamaan dengan rasa gatal.

Terkadang saat rasa gatal yang hebat muncul, kita akan bereaksi menggaruk untuk mengurangi rasa gatal tersebut. Namun, aktivitas menggaruk yang dilakukan tersebut dapat memicu munculnya kemerahan hingga bengkak.

 

2. Ada Rasa Gatal

Timbulnya rasa gatal pada bagian kulit tangan secara umum bukan tAnda adanya masalah yang serius. Namun, rasa gatal yang terus menerus muncul dan mengganggu itu tAnda bahwa kulit tangan Anda sedang mengalami iritasi.

Iritasi yang terjadi pada kulit tangan akan memberikan sensi gatal yang lebih intens sehingga akan menjadi masalah bagi yang merasakan. Jika Anda mengalami iritasi pada kulit tangan, sebaiknya Anda lebih waspada dan segera mencari cara untuk meredakan rasa gatal tersebut.  Jika rasa gatal tersebut dibiarkan, bukan tidak mungkin iritasi kulit yang Anda rasakan akan lebih parah.

 

3. Terasa Kering

Kulit tangan yang kering dengan kadar kelembaban yang rendah menjadi ciri kulit tangan Anda sedang mengalami iritasi.

Pemicu kulit tangan kering seperti paparan debu dan polutan, kandungan antiseptic pada sabun mandi, alkohol pada parfum dan deterjen yang terdapat pada sabun cuci.

Kulit tangan yang teriritasi bahan-bahan tersebut akan mengalami penurunan produksi sebum atau minyak alami pada bagian kulit tangan yang bertugas menjaga kelembaban kulit. Saat kulit tangan memproduksi sebum hanya dalam jumlah kecil, maka kulit tangan Anda terasa kering bahkan muncul pecah-pecah.

 

4. Perih

Kulit tangan yang teriritasi kadang kala akan memunculkan sensasi perih. Sensasi perih dan terbakar ini biasanya akan muncul ketika Anda menggunakan produk dengan bahan-bahan yang sensitif terhadap kulit Anda.

Produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan tipe kulit Anda menjadi pemicu munculnya rasa perih pada tangan. Produk seperti gel dengan alkohol, produk jerawat atau anti aging yang memiliki kandungan bahan tertentu yang kuat tentu akan berpengaruh pada kondisi kulit Anda.

Meskipun kebanyakan kasus perih pada kulit tangan yang teriritasi bersifat sementara, sebaiknya Anda tetap waspada dan segera menghentikan penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok untuk jenis kulit Anda tersebut. Hal tersebut akan membantu Anda meredakan rasa perih yang timbul dan memberikan rasa nyaman pada kulit tangan Anda.

 

5. Muncul Bintil

Kulit tangan yang mengalami iritasi biasanya menunjukkan ciri fisik yang nyata seperti munculnya bintil. Bintil-bintil tersebut biasanya akan menimbulkan rasa panas dan perih. Jika dibiarkan tentu munculnya bintil pada bagian kulit tangan ini akan menghambat aktivitas Anda.

Ketika Anda mulai melihat ciri ini terjadi pada kulit Anda sebaiknya segera memberikan pengobatan yang tepat. Anda juga dapat menghindari sejumlah alergen untuk tetap menjaga kulit tangan tidak teriritasi lebih parah lagi.

 

6. Bengkak

Pada tahapan selanjutnya, kulit tangan yang teriritasi akan menunjukkan volume bagian tangan yang tidak normal. Pembengkakan yang terjadi pada kulit tangan merupakan reaksi yang terjadi terhadap alergi. 

Tubuh yang bereaksi pada sejumlah alergen tertentu akan melepaskan histamine ke dalam aliran darah. Hal tersebut yang akan memicu terjadinya bengkak pada bagian kulit tangan yang mengalami iritasi kulit.

 

7. Sedikit Nyeri

Iritasi kulit tangan yang terjadi dalam jangka waktu yang lama biasanya akan menimbulkan gejala yang lebih ekstrim. MUnculnya rasa nyeri pada bagian kulit tangan yang mengalami iritasi bisa jadi merupakan tAnda adanya penyakit yang serius.

Perhatikan iritasi pada kulit tangan yang terasa nyeri. Jika nyeri pada bagian kulit tangan terasa tidak nyaman dan tak kunjung reda sebaiknya Anda waspada. Segeralah lakukan pemeriksaan medis yang lebih dalam untuk mengatasi nyeri yang muncul dengan tepat.

 

8. Adanya Ruam

Iritasi kulit tangan menjadi semakin parah jika muncul ruam. Apa itu ruam? Ruam adalah bintik-bintik kecil berwarna merah yang memunculkan sensasi perih, panas, dan gatal tak tertahankan.

Meski terasa gatal, ruam yang menjadi ciri iritasi kulit tangan semakin parah ini tidak boleh digaruk. Sebab, gesekan dari garukan di area kulit tangan yang teriritasi dapat mengakibatkan ruam menyebar dan melepuh. Kondisi ini bisa jadi lebih parah dengan kemunculan luka terbuka dan bahkan infeksi kulit.

 

9. Mengelupas

Ciri iritasi kulit tangan yang terakhir yakni kulit terkelupas. Hal ini dipicu oleh gejala iritasi kulit tangan berupa kulit kering dan bersisik. Ya, kondisi tersebut bisa membuat kulit mudah terkelupas.

Perlu diketahui, iritasi kulit tangan bisa jadi makin parah apabila terpapar suhu udara yang terlalu dingin atau panas, apalagi sampai tersengat panasnya sinar matahari. Kulit akan semakin terkelupas karena faktor pemicu tersebut.

Sebagai solusi untuk mengatasi iritasi kulit tangan, Anda bisa mengaplikasikan Safe Care Skin Care Balm. Safe Care Skin Care Balm ini diformulasikan khusus untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, termasuk iritasi kulit tangan beserta gejala-gejala yang ditimbulkannya.

 

 

Ketahuilah, Safe Care Skin Care Balm menggunakan bahan-bahan alami sebagai kandungannya. Di antaranya: minyak pohon teh, minyak geranium, minyak rosemary, minyak calendula, minyak chamomile, minyak jojoba dan minyak kepala. Semua kandungan tersebut memiliki manfaat di antaranya: meredakan iritasi kulit, meredakan gatal-gatal dan ruam kemerahan, menghidrasi kulit, memudarkan kerutan pada kulit, menghambat proses penuaan dini dan memperbaiki jaringan kulit.

Sudah banyak customer yang membuktikan keampuhan Safe Care Skin Care Balm dalam mengatasi iritasi kulit tangan. Jadi, kualitasnya sudah tidak diragukan lagi nih dan Anda perlu mencobanya.

Untuk pengaplikasian Safe Care Skin Care Balm mudah banget kok. Oleskan produk ini secukupnya pada area kulit tangan atau area kulit lainnya yang terkena iritasi. Oh ya, Safe Care Skin Care Balm ini aman digunakan oleh siapa saja, termasuk bayi dan anak-anak serta pemilik kulit sensitif.

Itulah penjelasan tentang ciri-ciri iritasi kulit tangan yang perlu Anda ketahui. Ketahui Penyebab Iritasi pada Kulit Tangan untuk mendapatkan detail informasi secara lengkap. 

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar