Cara Mengatasi Nyeri Pada Punggung Sebelah Kiri

Jumat, 22 September 2023 | Safecare Admin



cara-mengatasi-sakit-punggung-sebelah-kiri

Nyeri pada punggung sebelah kiri adalah masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang. Rasa nyeri ini bisa sangat mengganggu serta menghambat aktivitas sehari-hari. Berbagai sensasi nyeri yang terasa mulai dari sakit seperti ditusuk, atau rasa panas membara dapat muncul secara tiba-tiba atau berkembang secara perlahan. 

Pentingnya penanganan yang tepat terhadap nyeri punggung memerlukan diagnosis lanjutan terhadap apa yang menjadi penyebab dari semua ini. Oleh karena itu dibawah ini, kami sudah merangkum berbagai solusi yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi masalah ini.

 

1. Jangan Bekerja Melebihi Kemampuan 

Nyeri punggung adalah masalah umum yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk aktivitas fisik yang berlebihan atau bekerja melebihi kemampuan tubuh. Beberapa cara untuk mencegah nyeri punggung akibat bekerja berlebihan adalah sebagai berikut:

 

a. Atur Posisi Duduk yang Baik

Pastikan Anda memiliki posisi duduk yang baik saat bekerja di meja atau komputer. Gunakan kursi yang mendukung punggung bagian bawah Anda dan pastikan monitor berada pada tingkat mata Anda.

 

b. Beristirahat Secara Teratur

Penting untuk melakukan istirahat singkat setiap jam ketika Anda bekerja dalam posisi duduk yang lama. Berdiri, berjalan-jalan sebentar, dan melakukan beberapa gerakan kecil.

 

c. Latihan otot

Melakukan latihan otot punggung dan perut dapat membantu menjaga postur tubuh yang baik dan mengurangi risiko cedera.

 

d. Menghindari Angkat Beban Berlebih

Jangan mencoba mengangkat atau membawa benda yang terlalu berat. Bagi pekerja yang harus mengangkat beban berat secara teratur, poin sebelumnya sangat berarti bagi penguatan fisik.

 

2. Kompres Punggung Dengan Air Dingin 

Aplikasi kompres dengan air dingin atau es batu adalah salah satu metode yang terbukti sangat efektif dalam mengurangi sensasi nyeri yang dapat muncul di berbagai bagian tubuh, termasuk punggung. Metode ini bekerja dengan efisien karena suhu rendah yang dimiliki oleh air dingin atau es batu mampu mengurangi ketegangan pada saraf-saraf otot, menghasilkan efek relaksasi yang signifikan. Sebagai akibatnya, rasa nyeri yang Anda alami akan menghilang dan digantikan oleh sensasi sejuk yang sangat nyaman melalui kompresan ini.

Ketika kompres dingin diterapkan pada area yang terkena nyeri, pembuluh darah di sekitar area tersebut akan menyusut, mengurangi aliran darah ke area tersebut, yang pada akhirnya mengurangi peradangan dan pembengkakan yang seringkali menjadi penyebab nyeri. Selain itu, respon tubuh terhadap suhu dingin juga memicu pelepasan endorfin, yaitu hormon alami yang memiliki efek analgesik atau penghilang rasa nyeri.

 

3. Oleskan Minyak Angin di Bagian Punggung Yang Nyeri

Minyak angin memiliki aroma yang mampu menghasilkan efek relaksasi yang menyejukkan. Aroma kuat yang terkandung dalam minyak angin bisa membantu melepaskan rasa nyeri di bagian manapun Anda mengoleskannya. Saat mengoleskan minyak angin pada bagian punggung sebelah kiri Anda, hal itu dapat membantu mengurangi kekakuan pada otot-otot yang sakit di daerah itu, juga sekaligus merilekskan otot leher, dan juga bahu.

 

 

Salah satu produk minyak angin yang sedang digandrungi semua kalangan saat ini, Safe Care Minyak Angin Aromatherapy, memiliki sejumlah keunggulan yang dapat membantu meredakan berbagai gejala nyeri dan pegal yang terdapat pada seluruh tubuh. Kandungan menthol dan camphor dalam produk ini memberikan sensasi hangat yang menyegarkan yang dapat membuat otot-otot menjadi rileks. 

Sensasi ini dapat membantu mengurangi ketegangan fisik yang menjadi penyebab ketidaknyamanan yang Anda rasakan. Selain itu, kandungan minyak esensial dalam produk ini memberikan aroma alami yang menenangkan dan membantu menghilangkan stres yang dapat menjadi pemicu nyeri dan juga pusing di bagian kepala. Dengan kombinasi ketiga bahan tersebut, Safe Care Aromatherapy menyajikan pengalaman relaksasi yang membantu Anda merasa lebih segar serta tubuh menjadi ringan.

 

4. Memperhatikan Pola Makan Agar Tidak Berlebihan

Memerhatikan nutrisi dan pola makan merupakan aspek yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Kita seringkali tergoda untuk menikmati makanan tanpa memperhatikan dampaknya terhadap tubuh, terutama dalam konteks kekenyangan berlebih. Penting untuk diingat bahwa apa yang kita konsumsi secara teratur dapat memiliki dampak yang signifikan pada berbagai aspek kesehatan.  

Dikutip dari Cleveland Clinic, kelebihan berat badan dapat mengubah distribusi beban tubuh dan menyebabkan tulang belakang bekerja lebih keras untuk mendukung tubuh yang lebih berat. Hal ini dapat mengakibatkan ketegangan pada otot-otot punggung, tekanan pada bagian tulang belakang, dan peradangan pada sendi-sendi tulang belakang. Selain itu, berat badan yang berlebihan juga dapat mengganggu postur tubuh, yang juga menyebabkan nyeri punggung. 

Oleh karena itu, menjaga berat badan yang sehat melalui pola makan yang seimbang merupakan faktor penting dalam mencegah nyeri pada bagian punggung. Tentunya, tidak boleh dilupakan peran penting pola makan dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan. Pola makan yang kaya serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, dapat membantu menjaga fungsi pencernaan yang lancar. Konsumsi makanan tinggi serat juga dapat mencegah sembelit, divertikulitis, dan risiko kanker usus.

 

5. Lakukan Streching Atau Peregangan

Melakukan peregangan secara teratur ternyata efektif dalam mengurangi nyeri pada bagian punggung. Saat kita melakukan peregangan, otot-otot di sekitar tulang belakang dan daerah punggung kita menjadi lebih fleksibel. Ini membantu meningkatkan sirkulasi darah ke area tersebut dan mengurangi ketegangan yang mungkin menyebabkan nyeri. Selain itu, kegiatan tersebut juga membantu mempertahankan fleksibilitas tulang belakang dan menjaga postur tubuh yang baik. Peregangan yang terarah dengan benar dapat meredakan ketegangan otot yang terjadi akibat aktivitas fisik atau pekerjaan yang berlebihan.

 

6. Minum Obat Bila Diperlukan

Ditinjau dari Mayo Clinic, Penting untuk diingat bahwa penggunaan obat untuk meredakan nyeri pada bagian punggung harus dilakukan sesuai dengan arahan dan rekomendasi dokter. Jenis obat yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri punggung dapat mencakup:

  1. Analgesik seperti ibuprofen atau parasetamol dapat membantu mengurangi rasa nyeri ringan hingga sedang pada punggung. 
  2. Antiinflamasi Nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen atau naproxen
  3. Cyclobenzaprine atau methocarbamol.
  4. Oksikodon atau tramadol dengan petunjuk dari dokter agar tidak menimbulkan ketergantungan.

Terkadang, terutama jika nyeri punggung disebabkan oleh peradangan akibat kondisi seperti radikulopati atau radang sendi, dokter dapat memberikan steroid dengan dosis tertentu. Penggunaan steroid biasanya dalam jangka waktu yang singkat dan tentunya sesuai dengan arahan dokter.

 

7. Segera Pergi Ke Rumah Sakit Untuk Mendapatkan Pengobatan Lebih Lanjut

Nyeri pada punggung bisa menjadi tanda dari berbagai kondisi serius, seperti masalah pada tulang belakang, infeksi, atau bahkan masalah pada organ internal seperti ginjal. Gejala yang perlu diwaspadai termasuk nyeri yang tidak kunjung mereda, mati rasa atau kesemutan di kaki, kesulitan mengendalikan kencing atau buang air besar, demam tinggi, atau merasa lelah berkepanjangan. Kondisi seperti ini memerlukan evaluasi medis mendalam dan pengobatan yang tepat.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar