Begini Cara Agar Bisa Tidur Nyenyak

Sabtu, 6 April 2024 | Safecare Admin



cara-agar-bisa-tidur-nyenyak

Tidur adalah kebutuhan dasar manusia, manusia perlu tidur untuk memulihkan energi untuk beraktivias di esok hari. Namun, terkadang, malam yang seharusnya diisi dengan istirahat menjadi terganggu karena beberapa sebab yang membuat seseorang susah tidur.

Susah tidur tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Oleh karena itu, terdapat langkah-langkah yang bisa diambil untuk meningkatkan mutu tidur malam. Berikut saran-saran bermanfaat yang dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan istirahat yang memadai setiap malamnya.

 

1. Terapkan Jadwal Tidur Yang Konsisten

Konsistensi pola tidur memiliki peran penting dalam mengelola stres dan menyegarkan pikiran serta tubuh karena istirahat yang memadai memberikan kesempatan bagi tubuh untuk pulih dan mengembalikan energi yang telah terbuang. Saat kita tidur, tubuh melakukan proses  pemulihan pada jaringan-jaringan yang letih akibat aktivitas harian. Hal ini mencakup pemulihan otot, regenerasi sel-sel, dan penyembuhan kerusakan pada sistem saraf.

Selain itu, waktu tidur yang konsisten juga memengaruhi keseimbangan hormonal dalam tubuh. Produksi hormon stres seperti kortisol menurun, sementara hormon-hormon yang bertanggung jawab atas relaksasi tubuh, seperti melatonin, akan meningkat. Oleh karena itu, menjaga jadwal tidur yang konsisten membantu mengatur respons terhadap stres dan memberikan waktu yang diperlukan bagi tubuh untuk pulih untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Tidak hanya itu, durasi tidur yang konsisten juga mempengaruhi energi yang Anda pakai sehari-hari. Kurangnya waktu tidur dapat menyebabkan kelelahan dan kelesuan yang berdampak  pada produktivitas dan kinerja fisik saat melakukan aktivitas. Sehingga istirahat yang cukup sangat membantu mengembalikan energi yang diperlukan oleh tubuh. Anda dapat merasa lebih segar dan siap menjalani aktivitas sepanjang hari.

 

2. Hindari Konsumsi Kafein dan Alkohol

Kafein memiliki waktu paruh yang cukup lama dalam tubuh, artinya efeknya bisa bertahan hingga beberapa jam setelah dikonsumsi. Oleh karena itu, minum kopi atau minuman berkafein lainnya terlalu dekat dengan waktu tidur dapat membuat proses tidur menjadi sulit.

Lebih jauh lagi, kafein dapat memengaruhi tahap tidur REM (Rapid Eye Movement) yang penting. Mengutip dari laman kesehatan Medical News Today, tidur REM merupakan tahap tidur di mana mimpi terjadi dan penting untuk keseimbangan emosional dan kognitif seseorang.

Saat kafein diserap oleh tubuh, efeknya bertahan cukup lama. Setelah dikonsumsi, kafein akan "bekerja" dalam waktu sekitar 30 hingga 60 menit dan memerlukan waktu sekitar 3 hingga 5 jam untuk setengahnya dihilangkan dari tubuh. 

Selain itu, banyak orang mungkin percaya bahwa minum alkohol sebelum tidur dapat membantu mereka tidur lebih nyenyak, realitasnya sedikit lebih rumit. Alkohol memang memiliki efek penenang yang bisa membuat seseorang merasa mengantuk dan tertidur lebih cepat. Namun, sayangnya, efek ini seringkali hanya bersifat sementara.

Setelah alkohol masuk ke dalam sistem tubuh, efeknya mungkin membuat tidur lebih cepat,  tetapi sebenarnya alkohol dapat mengganggu siklus tidur alami tubuh. Ini terutama terjadi di tahap kedua dan ketiga tidur, di mana proses deep sleep terjadi disini. Seiring dengan waktu, alkohol bisa membuat tubuh kita lebih rentan terhadap terbangun di tengah malam, sehingga mengurangi kualitas tidur secara keseluruhan.

 

3. Hindari Tidur di Siang Hari

Tidak banyak orang mengetahui bahwa tidur siang yang berlebihan bisa mengacaukan waktu tidur Anda pada malam hari. Hal ini disebabkan tubuh mengalami periode non-REM. Tidur siang dalam waktu yang lama bisa membuat Anda tidak merasa mengantuk atau lelah saat waktu tidur malam tiba, sehingga mengganggu proses tidur. 

Selain itu, tidur siang yang berlebihan juga dapat memengaruhi ritme sirkadian tubuh. Ritme sirkadian adalah siklus alami tubuh yang mengatur waktu tidur dan kewaspadaan sepanjang hari. Jika tidur siang berlebihan, tubuh dapat menganggapnya sebagai tidur malam dan mempengaruhi ritme sirkadian, sehingga Anda akan kesulitan tidur di malam hari atau merasa kurang segar saat bangun di pagi hari.

 

Baca Juga: Penyebab Tidak Bisa Tidur

 

4. Batasi Makanan Pada Malam Hari

Konsumsi makanan apapun sebelum tidur sebaiknya tidak dilakukan karena dapat berdampak negatif pada kesehatan tubuh. Karena saat Anda tidur, metabolisme tubuh melambat dan proses pencernaan juga berjalan lebih lambat. 

Konsumsi makanan sebelum tidur mengganggu proses ini dan memaksa tubuh untuk mencerna makanan yang baru saja dikonsumsi. Akibatnya, mungkin timbul masalah pencernaan seperti perut kembung, mulas, dan gangguan tidur. 

Selain itu, makan sebelum tidur juga dapat menyebabkan peningkatan berat badan karena tubuh tidak memiliki cukup waktu untuk membakar kalori yang dikonsumsi, sehingga kalori tersebut cenderung disimpan sebagai lemak.

Terlebih lagi, makan sebelum tidur juga dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu seperti refluks asam lambung, karena posisi tidur yang mendatar memudahkan asam lambung naik ke kerongkongan. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari makanan berat atau berlemak sebelum tidur agar dapat menjaga kesehatan pencernaan dan tidur yang optimal.

 

5. Hindari Berpikir Terlalu Banyak di Tempat Tidur

Terus-menerus memikirkan hal-hal yang tidak pasti atau menyebabkan rasa cemas akan suatu hal dapat membuat tidur menjadi sulit. Ketika kita terjebak dalam pusaran pikiran yang memperbesar masalah yang belum terjadi, hormon stres seperti kortisol dan adrenalin membanjiri tubuh, sehingga tubuh sulit untuk bersantai dan memasuki tahap deep sleep sebagai upaya istirahat penuh.

Saat kita berbaring di tempat tidur, terkadang pikiran-pikiran yang tak terkendali muncul begitu saja. Kecemasan yang tidak pasti atau kekhawatiran akan hal-hal yang tidak dapat dikendalikan menghantui pikiran, dan tidur menjadi semakin tidak tenang.

Akibatnya, siklus tidur menjadi terganggu. Sehingga Anda sering terbangun di tengah malam dan sulit untuk kembali tidur. Dan ketika pagi tiba, Anda bangun dengan perasaan lelah dan tidak segar, tanpa mendapatkan istirahat yang cukup untuk menghadapi aktivitas berikutnya.

 

6. Ciptakan Ruangan Tidur Yang Nyaman

Menciptakan kamar tidur yang nyaman merupakan hal yang sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan tubuh. Hal-hal yang mempengaruhi lingkungan tidur yang nyaman termasuk suhu kamar yang sesuai, pencahayaan yang memadai, minimnya suara bising, serta kualitas kasur dan bantal yang memadai.

Salah satu cara untuk menciptakan lingkungan tidur menjadi lebih optimal adalah dengan menggunakan diffuser merek Safe Care dengan varian Safe Care Diffuser Oil Lemongrass Mint 10 ML. Produk ini memiliki berbagai keunggulan yang tidak hanya membuat kamar tidur terasa lebih menyenangkan, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang signifikan. 

 

 

Dengan kandungan 100% pure essential oil tanpa tambahan pelarut, fragrance, dan non alkohol, diffuser ini mampu memberikan aroma natural lemongrass yang menyegarkan. Selain itu, kehadiran diffuser Safe Care ini juga membawa manfaat lain seperti sifat antibakteri yang dapat membunuh bakteri, serta sifat anti nyamuk yang efektif mengusir serangga seperti nyamuk dan lalat. 

Aroma lemongrass yang dihasilkan juga dapat membantu meringankan sakit kepala, meredakan gejala flu dan pilek, serta mengurangi tingkat stres. Yang tak kalah pentingnya, aromanya yang menenangkan juga membantu meningkatkan kualitas tidur, sehingga memungkinkan kita untuk tidur lebih nyenyak dan bangun dengan segar serta bertenaga.

Dengan demikian, menciptakan kamar tidur yang nyaman dengan menggunakan Safe Care Diffuser Oil Lemongrass Mint 10 mendukung relaksasi dan ketenangan, memungkinkan tubuh untuk masuk ke dalam fase tidur yang lebih dalam dan memperoleh pemulihan yang lebih efektif. Sehingga saat Anda bangun, Anda bangun dengan keadaan segar serta bertenaga.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar