Tips Menghilangkan Tangan Gatal dan Merah Secara Efektif

Jumat, 21 Juni 2024 | Safecare Admin



menghilangkan-tangan-merah-dan-gatal

Munculnya bintik merah di tangan seringkali membuat rasa gatal dan perih tidak tertahankan. Keadaan ini akan membaik dalam beberapa hari, tapi bagaimana jika gejala tersebut tidak menghilang dalam waktu lebih dari 2 minggu? Bagaimana caranya mengatasi bintik di tangan seperti ini?

Agar tidak bertambah parah, cara menghilangkan bintik ini harus dengan cara yang tepat. Berikut pembahasannya.

 

1. Identifikasi dan Hindari Pemicu Gatal

Langkah pertama dalam mengatasi bintik kecil gatal di tangan adalah dengan mengidentifikasi pemicunya. Pemicu tersebut bisa berasal dari berbagai hal, mulai dari alergi terhadap deterjen, kosmetik, hingga paparan zat tertentu. Untuk mengidentifikasi pemicu tersebut, penting untuk memperhatikan pola timbulnya bintik-bintik tersebut. Cobalah untuk mengingat kapan bintik-bintik tersebut muncul dan apa yang Anda lakukan sebelumnya. 

Apakah Anda baru-baru ini menggunakan deterjen baru? Atau mungkin Anda menggunakan kosmetik baru? Jika memungkinkan, coba lakukan eksperimen dengan menghindari penggunaan produk-produk tersebut untuk melihat apakah bintik-bintik gatal tersebut menghilang.

Dengan mengidentifikasi pemicu yang tepat, Anda dapat menghindarinya di masa mendatang dan mencegah timbulnya reaksi alergi atau iritasi pada kulit Anda. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan kulit Anda dan mencegah masalah yang lebih serius di kemudian hari.

 

2. Hindari Menggaruk Pada Area Yang Gatal

Sensasi gatal akibat ruam tersebut membuat siapa saja ingin menggaruknya untuk meredakan rasa gatal tersebut. Alih-alih gatal hilang, menggaruk justru dapat memperburuk kondisi dan mempeparah iritasinya.

Mengapa menggaruk justru membuat gatal semakin parah? Berdasarkan penelitian yang dilakukan Universitas Dallas di Washington, Hal ini terkait dengan cara kerja sistem saraf dalam tubuh. 

  • Saat kita menggaruk area yang gatal, rangsangan tersebut dapat mengaktifkan serabut saraf di kulit yang kemudian mengirimkan sinyal ke otak untuk meredakan rasa gatal. Namun, respons ini hanya bersifat sementara, dan setelahnya, gatal akan kembali muncul dengan intensitas yang lebih tinggi.
  • Selain itu, menggaruk juga bisa merusak kulit. Kuku yang digunakan saat menggaruk dapat mengiritasi permukaan kulit dan bahkan melukai jaringan kulit. Hal ini dapat menyebabkan terbentuknya luka lecet, infeksi, atau bahkan luka yang lebih dalam jika digaruk secara berlebihan.
  • Bahkan dalam kasus kondisi kulit tertentu, seperti dermatitis atopik atau eksim, menggaruk dapat memperparah peradangan dan membuat kulit lebih rentan terhadap infeksi bakteri atau jamur.

 

3. Tetap Terhidrasi

Kelembapan kulit sangat dipengaruhi oleh tingkat hidrasi tubuh. Kulit kita terdiri dari sel-sel yang membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan baik. Ketika tubuh kekurangan air, kulit menjadi salah satu organ yang pertama kali menunjukkan tanda-tanda dehidrasi. Kulit yang dehidrasi akan terasa kering, kasar, dan mudah mengalami iritasi yang berujung munculya ruam yang menyebabkan gatal.

Menurut ahli dermatologi Elizabeth Damstetter dari Pusat Kesehatan Universitas Chicago, kebutuhan air setiap orang bisa berbeda-beda tergantung pada berbagai faktor seperti usia, tingkat aktivitas, dan kondisi kesehatan. Namun, secara umum, konsumsi air setidaknya delapan gelas air sehari atau sekitar dua liter.

Air tidak hanya membantu menjaga kelembapan kulit, tetapi juga memainkan peran penting dalam mengeluarkan racun dari tubuh. Ketika racun dikeluarkan dengan efektif, kulit akan tampak lebih sehat dan bercahaya. Selain itu, hidrasi yang baik membantu mempertahankan elastisitas kulit, sehingga kulit lebih kencang dan halus.

 

4. Kompres Dingin

Kompres dingin adalah salah satu metode yang efektif dalam mengurangi rasa gatal dan peradangan pada bintik-bintik kecil di tangan. Metode ini telah lama dikenal untuk mengatasi berbagai masalah kulit yang melibatkan gatal dan masalah kulit lainnya.

Salah satu keuntungan dari penggunaan kompres dingin adalah bahwa tidak memerlukan bahan tambahan atau obat-obatan, sehingga dapat dianggap sebagai solusi alami dan aman. Selain itu, metode ini juga relatif mudah dilakukan di rumah tanpa perlu pergi ke apotek atau klinik. 

Prosesnya sederhana namun sangat efektif. Pertama, Anda perlu menyiapkan kain bersih atau kain lembut lainnya. Kemudian, basahi kain tersebut dengan air dingin. Air dingin akan membantu menenangkan kulit yang teriritasi dan meredakan rasa gatal secara alami.

 

Baca Juga: Kenapa Tangan Gatal dan Kemerahan? Ini Sebabnya!

 

5. Gunakan Krim Kulit Khusus Untuk Mengatasi Gatal

Bagi sebagian orang, khususnya yang memiliki masalah dengan bintik-bintik kecil yang gatal di tangan, perawatan kulit adalah salah satu aspek penting dalam menjaga kesehatan dan kenyamanan tubuh. Salah satu langkah utama dalam mengatasi masalah ini adalah dengan memberikan perhatian yang cukup pada perawatan kulit. Hal ini melibatkan pemilihan produk  yang tepat untuk menjaga kulit tetap sehat dan bebas dari iritasi yang bisa menyebabkan bintik-bintik gatal, dan produk yang tepat itu adalah pelembap kulit.

Memilih krim yang sesuai dengan jenis kulit Anda akan membantu menjaga keseimbangan kelembapan alami kulit dan mengurangi risiko iritasi. Jika Anda memiliki kulit kering, pilihlah pelembap yang mengandung bahan-bahan yang melembapkan dan menutrisi, sementara untuk kulit berminyak, carilah produk yang ringan dan tidak menyebabkan sumbatan pori-pori.

 

 

Beberapa produk pelembap dibuat secara khusus untuk meredakan gatal-gatal yang ditimbulkan. Untuk jenisnya, Anda bisa gunakan Safe Care Skin Care Balm. Produk ini dapat membantu meredakan gatal dan memberikan rasa nyaman pada kulit yang teriritasi akibat alergi. 

  • Safe Care Skin Care Balm menggunakan formula berkualitas tinggi yang terjamin keamanannya dan cocok untuk semua orang. Produk ini dibuat dari bahan-bahan alami, sehingga aman digunakan oleh kulit sensitif dan kulit kering.
  • Beberapa bahan alami dalam Safe Care Skin Care Balm termasuk minyak kelapa, jojoba oil, ekstrak daun teh, rosemary, geranium, chamomile, dan calendula. Bahan-bahan ini efektif untuk mengatasi gatal-gatal, meredakan ruam kulit, melembabkan kulit, dan mengatasi berbagai masalah kulit lainnya.
  • Untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari Safe Care Skin Care Balm, Anda cukup gunakan produk ini ketika muncul bercak atau tanda alergi. Atau Anda bisa gunakan produk ini secara berkala untuk menjaga kelembapan kulit.

 

6. Gunakan Pakaian dan Sarung Tangan yang Lembut

Berdasarkan penuturan desainer fashion dari Perancis, Alex Assoune, pakaian dan sarung tangan sebaiknya terbuat dari dari bahan lembut, seperti katun. Katun memiliki manfaat besar dalam menjaga kesehatan kulit Anda. Bahan katun dikenal karena teksturnya yang lembut dan dapat menyerap kelembapan dengan baik, sehingga membantu kulit tetap kering dan nyaman. Selain itu, katun juga memiliki sifat yang tidak menyebabkan gesekan berlebihan pada kulit, yang sering kali menjadi penyebab iritasi dan gatal.

Sebaliknya, bahan yang kasar atau sintetis cenderung lebih kasar dan kurang dapat menyerap keringat maupun partikel kecil dari luar, sehingga dapat meningkatkan risiko gesekan yang mengiritasi kulit. Gesekan ini dapat mengakibatkan kulit menjadi kemerahan, gatal, bahkan teriritasi lebih lanjut terutama pada orang-orang yang memiliki sensitivitas kulit tinggi atau kondisi kulit tertentu seperti dermatitis atau eksim.

 

7. Konsultasikan Pada Dokter Jika Tidak Kunjung Membaik

Ketika bintik-bintik kecil yang gatal di tangan menjadi masalah yang persisten dan tidak merespons perawatan rumahan, penting untuk segera mencari bantuan medis profesional. Konsultasi dengan dokter atau ahli kulit sangat dianjurkan dalam kasus seperti ini. Mengapa? Karena masalah kulit bisa menjadi tanda dari berbagai kondisi yang mungkin memerlukan perhatian khusus.

Dokter atau ahli kulit akan dapat melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi kulit Anda. Mereka akan mengdiagnosis penyebab bintik-bintik kecil yang gatal di tangan, yang bisa saja berkaitan dengan kondisi medis tertentu seperti dermatitis, eksim, atau infeksi kulit.

Setelah menetapkan diagnosis, dokter akan meresepkan perawatan yang sesuai dengan kondisi. Dalam beberapa kasus yang lebih serius, pengobatan yang lebih intensif diperlukan jika bintik-bintik kecil tersebut disebabkan oleh alergi tertentu.

Dengan mengikuti kelima tips di atas, Anda dapat menghilangkan bintik kecil gatal di tangan dan kembali merasakan kenyamanan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Ingatlah untuk selalu memperhatikan perawatan kulit yang baik#yang adaSAFEnya 

 

Sumber Referensi:

  1. Don't scratch. Washington University School of Medicine in St. Louis.Zhou-Feng Chen, PhD. Diakses 2024
  2. Does Drinking Water Really Help Your Skin?. WebMD. Medically Reviewed by Stephanie S. Gardner, MD. Diakses 2024
  3. Pusat Kesehatan Universitas Chicago.Elizabeth Damstetter. Diakses 2024

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar