Tips Hilangkan Pening Kepala dengan Minyak Angin

Jumat, 21 Juni 2024 | Safecare Admin



tips-hilangkan-pening-kepala

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak aromaterapi atau minyak angin dapat menjadi metode yang aman dan efektif untuk mengobati sakit kepala dan migrain. Bagi yang belum tahu komposisi minyak angin, barang ini dibuat dari senyawa dengan konsentrasi tinggi yang diekstraksi dari tumbuhan herbal seperti lavender, menthol, camphor dan sebagainya.

Bagi masyarakat pada umumnya di Asia, khususnya di Indonesia, penggunaan minyak angin  menjadi alternatif dari penanganan rasa sakit di bagian kepala ini. Pasalnya hal ini merupakan cara termurah dalam mengobati sakit kepala tanpa harus mengeluarkan uang untuk membeli obat atau pergi ke rumah sakit.

Namun sebelum itu, perlu Anda ketahui Apa Sih Penyebab Kepala Pening? Selengkapnya.

Di bawah ini kami sudah menyediakan beberapa tips tentang cara menggunakan minyak angin dengan benar agar sakit kepala dapat teratasi dengan cepat:

 

1. Pilih Tempat yang Nyaman

Nah, sebelum menggunakan minyak angin, ada baiknya gunakan pada tempat dengan suasana tenang dan damai. Hal ini akan menambah kemanjuran dari minyak angin tersebut. Anda tidak akan mendapatkan apa-apa jika menggunakannya di tempat yang ramai, bau, dan berisik karena gangguan indera tersebut akan mengacaukan fungsi dari minyak angin, yaitu meredakan gangguan indera yang dapat menyebabkan sakit kepala.

 

2. Oleskan Minyak Angin Pada Bagian-Bagian Tertentu

Setelah menyiapkan lingkungan yang sesuai, oleskan minyak angin secara perlahan di titik-titik tertentu pada tubuh. Dilansir dari Healthline, beberapa titik yang dapat Anda gunakan adalah:

 

Pelipis

Oleskan sedikit minyak angin di daerah pelipis dan pijat secara lembut. Area pelipis memiliki banyak titik syaraf yang terhubung langsung dengan otak dan sistem saraf pusat. Ketika titik-titik ini dipijat dengan lembut, sinyal-sinyal saraf yang terkait dengan sakit kepala dapat dikurangi, sehingga mengurangi intensitas dan frekuensi sakit kepala. 

 

Dahi

Oleskan sedikit di bagian tengah dahi dan pijat perlahan dengan gerakan melingkar. Pijatan pada area dahi dapat merangsang sirkulasi darah di sekitar daerah kepala dan leher. Dengan meningkatkan aliran darah, tubuh dapat mengirim lebih banyak nutrisi dan oksigen ke otak

 

Belakang Leher

Oleskan minyak pada bagian belakang leher dan pijat dengan gerakan menekan secara perlahan.  Area belakang leher merupakan titik-titik penting yang terhubung dengan berbagai saraf dan otot yang berperan dalam mengendalikan sensasi sakit dan ketegangan pada kepala dan leher. Ketika otot-otot di sekitar leher tegang, mereka dapat menekan saraf-saraf dan pembuluh darah dan berujung pada timbulnya sakit kepala.

 

Pundak dan Bahu

Oleskan minyak angin pada pundak dan bahu secukupnya, lalu pijat dengan gerakan memutar untuk mengurangi ketegangan otot. Pijatan pada area pundak dan bahu tidak hanya membantu mengurangi rasa sakit kepala secara langsung, tetapi juga dapat meningkatkan aliran darah ke otot-otot tersebut. Selain itu, pijatan ini juga dapat merangsang pelepasan endorfin, hormon yang dapat meredakan rasa sakit di bagian kepala.

 

3. Gunakan Sebagai Sarana Pijat Refleksi

Pijat refleksi adalah salah satu metode terapi alternatif yang telah digunakan sejak lama ntuk mengurangi berbagai macam keluhan kesehatan, termasuk sakit kepala. DIkutip dari laman SecretSpa, konsep utama di balik pijat refleksi adalah bahwa titik-titik tertentu pada tubuh, terutama di telapak tangan dan kaki, terkait dengan berbagai organ dan sistem tubuh. Selain pijatan pada area-area yang sudah disebutkan, titik-titik refleksi yang dapat dipijat untuk membantu meredakan ketegangan dan meningkatkan aliran energi di sekitarnya yang bisa mengurangi gejala sakit kepala. Beberapa titik yang berkaitan dengan sakit kepala diantaranya adalah 

  1. Area jari kaki yang terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk, terkait dengan kepala dan leher.
  2. Bagian tengah telapak kaki, terutama di bagian yang terletak di bawah jari kaki keempat dan kelima, juga berkaitan dengan kepala dan sistem saraf.
  3. Bagian luar telapak tangan, di bagian bawah jari telunjuk dan jempol, juga merupakan titik refleksi untuk kepala dan otak.

 

4. Hirup Aromanya

Ketika Anda mengalami sakit kepala, sering kali disertai dengan ketegangan otot dan stres yang dapat memperburuk kondisi tersebut. Setelah Anda mengoleskan minyak angin ke titik-titik tertentu yang sudah disebutkan, Anda bisa gunakan dengan cara menghirup dengan lembut aroma yang dikeluarkan dari minyak angin tersebut. 

Biarkan diri Anda merasakan setiap nuansa dan lapisan aroma yang terbawa dalam setiap tarikan napas. Aroma yang menyegarkan dan menyenangkan dari minyak angin diyakini menjadi pengalaman sensorik yang menyegarkan dan mampu melegakan bagian dalam tubuh.

Beberapa aroma yang menjadi komposisi dari minyak angin dapat mengatasi beberapa permasalahan seperti sakit kepala. Misalnya, aroma lavender memiliki efek menenangkan yang kuat pada sistem saraf, sehingga fungsi otak dapat bekerja kembali dan pusing dapat hilang seketika. Lalu ada juga aroma menthol yang dapat membantu mengurangi ketegangan otot yang juga menjadi pemicu timbulnya sakit kepala.

 

5. Kombinasikan Dengan Kompres Hangat

Jika sakit kepala disebabkan oleh ketegangan otot, penggunaan kompres hangat dapat membantu mengurangi rasa sakit. Ketegangan otot ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, tapi tenang saja, untuk mengatasinya, tempelkan kompres hangat pada area yang terasa tegang selama beberapa menit untuk mengurangi ketegangan otot.

Suhu hangat yang dimiliki kompres dapat membantu melegakan area pembuluh darah yang menjadi penyebab adanya tegangan otot. Hal ini bisa membantu memperbaiki sirkulasi darah dan mengurangi ketegangan yang menyebabkan sakit kepala. 

Khasiat dari kompres hangat bisa ditingkatkan lagi dengan menggunakan minyak angin. Ya, Anda tidak salah lihat. Dilansir dari Medical News Today, beberapa tetes minyak angin dalam air hangat yang dijadikan sumber kompres dapat memberikan manfaat tambahan dalam mengurangi ketegangan otot dan memberikan efek relaksasi yang lebih dalam.

 

6. Gunakan Sebagai Sarana Relaksasi

Terakhir, kombinasikan penggunaan minyak aromaterapi dengan teknik relaksasi seperti meditasi atau pernapasan dalam-dalam. Teknik ini dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan perasaan relaksasi, sehingga membantu mengurangi sakit kepala.

Dilansir dari Positive Psychology, meditasi telah lama diakui sebagai cara yang efektif untuk mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan mental dan fisik. Dengan mempraktikkan meditasi secara teratur, seseorang dapat belajar untuk mengendalikan pikiran dan emosi mereka dengan lebih baik, yang membantu mengurangi ketegangan otot dan perasaan cemas yang dapat dikaitkan dengan sakit kepala.

Anda bisa menggunakan diffuser untuk memasukan minyak angin kedalamnya. Setelah itu, alat tersebut akan memancarkan udara aromatik yang bisa Anda manfaatkan sebagai sarana relaksasi diri dalam melaksanakan yoga atau meditasi.

Dengan mengikuti tips di atas dan menggunakan minyak angin secara benar, Anda dapat meredakan sakit kepala secara alami dan meningkatkan kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Baik digunakan dengan cara dihirup atau dioles lalu dipijat. Semuanya dapat digunakan untuk menghilangkan pening di kepala secepatnya.  

 

 

Salah satu minyak angin yang ampuh dalam mengatasi pusing adalah Safe Care Minyak Angin Forest. Sebagai minyak angin aromaterapi, produk dari Safe Care ini mengandung menthol, camphor, dan minyak esensial. Ketiga bahan-bahan ini sangat manjur dalam mengatasi sakit kepala yang timbul secara tiba-tiba. Sehingga cocok digunakan sebagai pertolongan pertama.

Dibuat dengan ukuran 10ml, minyak angin ini sangat ringkas dan bisa dibawa kemana saja dan digunakan kapan saja. Jadi, tunggu apa lagi?, dapatkan Safe Care Minyak Angin Forest di warung, minimarket, dan toko online pilihan Anda!#yangadaSAFenya

 

Sumber Referensi:

  1. What Are the Potential Health Benefits of Cajeput Oil?. Healthline. Medically reviewed by Debra Rose Wilson, Ph.D., MSN, R.N., IBCLC, AHN-BC, CHT. Diakses 2024
  2. Is a reflexology massage the wake-up call your body needs?. SecretSPA. Diakses 2024
  3. Aromatherapy: What you need to know. Medical News Today. Medically reviewed by Debra Rose Wilson, Ph.D., MSN, R.N., IBCLC, AHN-BC, CHT. Diakses 2024
  4. The History of Meditation: Its Origins & Timeline. PositivePsychology. Scientifically reviewed by Tiffany Sauber Millacci, Ph.D. Diakses 2024

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar