Cara Menghilangkan Rasa Enek di Perut

Minggu, 21 Juli 2024 | Safecare Admin



cara-menghilangkan-rasa-enek-diperut

Rasa enek atau kerap yang diasosiasikan dengan sensasi tak nyaman serta rasa mual di perut, dapat muncul karena berbagai sebab. Kondisi ini tentu akan dapat mengganggu aktivitas harian Anda. Namun, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan rasa enek di perut. Apa saja?

Pada dasarnya rasa enek merupakan kondisi yang sangat umum terjadi, baik pada anak-anak, orang dewasa, juga lansia. Penyebabnya pun beragam, namun banyak dikaitkan dengan masalah pencernaan.

Akan tetapi Anda tidak perlu panik, karena rasa enek ini tidak selalu berkaitan dengan gangguan pencernaan yang serius. Justru Anda bisa mengatasi rasa enek di perut ini secara mandiri di rumah.

Penasaran? Langsung simak berbagai cara menghilangkan rasa enek di perut berikut ini:

1. Minum Air Putih Dalam Jumlah yang Cukup 

Rasa enek dapat diredakan dengan minum air putih. Selain itu, jika tubuh Anda mengalami dehidrasi, justru akan membuat enek dan mual semakin parah.

Namun yang perlu diingat, Anda tidak harus minum air putih dalam jumlah besar sekaligus. Melainkan minumlah sedikit demi sedikit namun sering untuk menghindari rasa penuh dan kembung pada perut. Hal ini hanya akan membuat rasa enek dan mual menjadi lebih parah.

2. Mengonsumsi Jahe

Jahe merupakan tanaman herbal yang sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Membuat minuman jahe hangat pun bisa membantu meredakan gejala mual dan rasa enek di perut.

Jahe memiliki senyawa kimia yang membantu memengaruhi sistem saraf, lambung, serta usus yang dapat berpengaruh besar untuk mengurangi rasa mual.

Selain itu, Anda pun bisa mengolah jahe ini ke dalam berbagai jenis minuman hangat yang lezat. Seperti memadukannya dengan teh dan madu, atau susu dan madu.

3. Makan dalam Porsi Kecil dan Sering

Selanjutnya, untuk menghilangkan rasa enek di perut, Anda pun harus memastikan makan secara teratur. Akan tetapi, penting untuk memperhatikan porsi dan frekuensinya.

Pada seseorang yang menderita GERD atau penyakit asam lambung, akan lebih baik untuk makan lima kali sehari dengan porsi kecil. Daripada makan tiga kali sehari dalam porsi besar.

Ini karena rasa mual dan enek akan semakin parah jika perut dalam kondisi kosong atau terlalu penuh. Sehingga Anda perlu menjaganya untuk selalu terisi, namun tidak dalam kadar yang berlebihan.

4. Hindari Makanan yang Memicu Mual

Langkah selanjutnya dalam cara menghilangkan rasa enek di perut adalah dengan menghindari makanan yang memicu rasa mual. Beberapa jenis makanan ini antara lain:

  • Makanan pedas: senyawa capsaicin dalam makanan pedas dapat mengiritasi lambung, hal ini akan memberikan rasa tak nyaman di perut seperti begah, perih, dan mual. 
  • Makanan berminyak dan berlemak: makan makanan berlemak dan berminyak secara berlebihan pun dapat menimbulkan rasa begah, mual, eneg, dan ingin muntah. Kondisi ini terjadi karena makanan tersebut memicu hiperaktivitas sel-sel parietal yang berada di dinding mukosa lambung. Akhirnya, asam lambung akan diproduksi secara berlebihan.
  • Minuman beralkohol: jika dikonsumsi secara berlebihan, alkohol bisa menyebabkan berbagai masalah pada pencernaan, termasuk memicu rasa mual, eneg, serta berbagai masalah serius lain.

Selain ketiga makanan di atas, minuman bersoda, makanan dengan kandungan garam yang tinggi, terlalu asam, juga dapat menyebabkan berbagai rasa tak nyaman di perut. Kondisi ini pun sangat mungkin memicu rasa mual dan eneg di perut.

5. Konsumsi Makanan Kering

Cara untuk menghilangkan enek dan mual selanjutnya adalah dengan makan makanan kering, contohnya roti panggan, sereal, kerupuk, hingga pretzel. Makanan-makanan kering ini dapat membantu mengurangi gejala mual dan eneg karena tidak berbau menyengat.

Memang belum ada penelitian langsung yang membuktikan konsumsi makanan kering bisa meredakan mual dan enek secara spesifik. Namun banyak dokter kandungan yang menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi biskuit kering untuk menghalau rasa mual dan enek yang mereka alami.

6. Istirahat dengan Kepala Ditinggikan

Sebagai upaya untuk menghilangkan rasa enek di rumah, Anda pun bisa mencoba untuk meninggikan posisi kepala saat sedang berbaring atau tidur. Tujuannya, untuk dapat membantu naiknya asam lambung menuju kerongkongan yang dapat memperburuk rasa mual.

Terlebih saat di malam hari, produksi asam lambung cenderung lebih aktif. Sehingga sangat rentan menyebabkan refluks asam lambung. Akibatnya gejala mual dan rasa enek yang Anda alami akan semakin memburuk.

Dengan membuat posisi kepala lebih tinggi, tidur Anda pun akan lebih berkualitas dan tubuh akan bisa beristirahat secara maksimal.

7. Oles Minyak Angin dan Obat Anti-Mual

Minyak angin dan obat anti-mual bisa jadi senjata andalan Anda dalam mengatasi rasa enek di perut. Anda dapat memilih Safe Care Minyak Angin Lemongrass, yang terbuat dari kombinasi minyak esensial lemongrass (serai), mentol dan camphor. 

Ketiga bahan ini bisa menjadi kombinasi ideal untuk menenangkan rasa mual dan meredakan enek yang Anda alami. Secara khusus, aroma lemongrass terbukti dapat membantu merelaksasi saraf, serta memberikan sensasi yang menenangkan dan menyegarkan ketika dihirup secara perlahan.

Sementara itu, kombinasi camphor dan mentol dalam Safe Care Minyak Angin Lemongrass akan memberikan sensasi hangat yang pas pada perut Anda. Keduanya pun akan membantu merelaksasi otot-otot di perut yang tegang, serta memberikan rasa nyaman dan membuat rasa enek jadi lebih baik.

 

 

Anda dapat menggunakan minyak angin Safe Care ini dengan mencampurkannya dengan kompres hangat atau mengaplikasikannya langsung di bagian bawah perut.

Selanjutnya, Anda pun bisa menggunakan obat anti mual untuk meredakan rasa enek dan keinginan muntah. 

Beberapa jenis obat yang dapat membantu menghilangkan mual antara lain:

  • Bismuth subsalicylate: yang melindungi lapisan lambung, serta dapat membantu meredakan sakit perut, tukak lambung, juga diare.
  • Obat-obatan lain: pemberian obat-obatan lain pun akan disesuaikan dengan penyebab munculnya rasa mual dan tak nyaman di perut. Misalnya mual untuk asam lambung dapat menggunakan ranitidine dan sejenisnya.

Nah, Safeian itu adalah 7 cara menghilangkan rasa enek dan mual di perut yang bisa Anda lakukan sebagai pertolongan pertama di rumah. Salah satunya, menggunakan Safe Care Minyak Angin Lemongrass yang kaya akan manfaat dan mudah untuk digunakan.

Hadir dalam ukuran 10 ml, juga kemasan kaca yang aman dan tak gampang pecah walau terjatuh, Safe Care Minyak Angin Lemongrass juga sangat praktis. Sehingga dapat Anda simpan dan bawa kemanapun Anda pergi.

Karenanya, Anda tak perlu khawatir dengan serangan rasa mual dan enek yang tiba-tiba datang. Cukup dengan hirup aromanya yang segar, serta mengoleskannya pada area perut, akan membantu mengurangi gejala mual dan enek tersebut.

 

Baca Juga: Kenapa Perut Terasa Enek? Ketahui Penyebab, Gejala dan Cara Mencegah

 

Tunggu apalagi, Safeian? Yuk, segera dapatkan Safe Care Minyak Angin Lemongrass di toko terdekat, swalayan, atau lapak online langganan Anda!

 

Sumber:

  1. 6 Cara Menghilangkan Mual Secara Alami di Rumah. Alodokter. Ditinjau Oleh dr. Dedy Kurniawan. Diakses 2024
  2. 15 Cara Mengatasi Mual, dari yang Mudah Hingga Pakai Obat. Hello Sehat. Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro. Diakses 2024

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar