Apa Saja Aktivitas Melepas Penat Selepas Pulang Kantor?

Minggu, 21 Juli 2024 | Safecare Admin



melepas-penat-setelah-bekerja

Setelah menghabiskan seharian bekerja, sangat wajar jika Anda merasakan lelah dan penat. Namun, bila dibiarkan terus menerus, kondisi ini dapat menyebabkan tubuh dan pikiran menjadi stres. Anda perlu melakukan aktivitas-aktivitas tertentu yang dapat membantu melepaskan rasa penat selepas bekerja seharian dari kantor. 

Rasa lelah dan penat ini pada dasarnya bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Kondisi ini bisa saja semakin parah apabila kesehatan tubuh memburuk, mengalami anemia, gangguan hormon, atau tekanan darah yang rendah.

Tak hanya membuat tubuh Anda tak nyaman, rasa lelah yang Anda abaikan secara terus menerus pun bisa memicu berbagai masalah. Misalnya mempengaruhi kemampuan fisik Anda, mengurangi daya tahan tubuh, serta kurangnya kewaspadaan dalam bekerja.

Ketika merasa lelah, Anda perlu melakukan beberapa kegiatan yang menyegarkan untuk mengembalikan energi yang terkuras. Namun, Anda tak perlu panik, menghilangkan penat selepas pulang kantor ini bisa Anda lakukan dengan aktivitas sederhana di rumah.

Penasaran? Langsung simak 10 aktivitas untuk melepas penat selepas pulang kantor yang patut untuk Anda coba di bawah ini.

1. Olahraga Ringan

Olahraga adalah salah satu aktivitas yang cocok untuk Anda gunakan melepas penat selepas bekerja. Tak hanya memberikan efek menyegarkan, olahraga ringan yang dilakukan secara rutin pun mampu menjaga kebugaran dan Kesehatan tubuh secara umum.

Anda bisa menyempatkan Waktu selama kurang lebih 20 menit di akhir pekan, untuk melakukan berbagai olahraga yang menyenangkan. Misalnya lari pagi atau sore, yoga, jalan santai, hingga bermain bulu tangkis atau futsal.

2. Mandi Air Hangat

Untuk melepas penat selepas pulang kerja, bisa juga Anda lakukan dengan mandi air hangat. Melansir dari Telemed.ih.id, mandi air hangat bisa membantu meringankan ketegangan pada otot tubuh serta merelaksasi pikiran.

Agar efeknya lebih maksimal, Anda bisa mengubah mandi ini dengan berendam, kemudian tambahkan minyak esensial yang menyenangkan. Aroma-aroma dari minyak esensial ini akan membantu meningkatkan suasana hati dan meredakan stress Anda.

3. Relaksasi 

Selanjutnya, Anda bisa mengatasi rasa penat selepas pulang kantor dengan melakukan relaksasi. Gunakan juga Safe Care Minyak Angin Lemongrass untuk membantu membuat saraf tubuh menjadi lebih relaks dan santai.

 

 

Relaksasi tak perlu banyak menyita waktu Anda, karena bisa dilakukan saat Anda sedang di rumah kapanpun dan tekniknya yang sederhana, seperti:

  1. Duduk dengan posisi yang nyaman dan santai, namun postur tetap dalam posisi yang benar. 
  2. Aplikasikan Safe Care Minyak Angin Lemongrass pada bagian tubuh yang merasa lelah, misalnya pada tengkuk, dua pelipis, pergelangan tangan, atau bagian bawah punggung. Pijat dengan lembut saat mengaplikasikannya, untuk mendapatkan efek relaksasi yang lebih optimal.
  3. Kemudian pejamkan mata Anda dan pikirkan hal-hal yang menyenangkan dan positif. Nikmati sensasi hangat yang menenangkan pada titik-titik yang telah diolesi Safe Care Minyak Angin Lemongrass.
  4. Tarik napas melalui hidung, tahan selama tiga detik kemudian hembuskan napas melalui mulut. Saat menghembuskan napas, Anda bsia membayangkan segala beban pikiran tersebut untuk turut terlepas. Aroma lemongrass dari minyak Angin Safe Care akan menambah efek menenangkan yang diberikan.
  5. Ulangi Langkah ini sebanyak Anda membutuhkannya, atau minimal 3 kali.

4. Mendengarkan Musik Relaksasi

Selain melakukan relaksasi dengan olah nafas dan Safe Care Minyak Angin Lemongrass di atas, Anda pun bisa menambah ketenangan pikiran dengan mendengarkan musik. 

Jenis musik relaksasi umumnya memiliki tempo yang lambat, serta melodi lembut. Sehingga sangat cocok untuk digunakan bersantai, serta membuat pikiran jadi lebih ringan setelah seharian bekerja keras dan stres karena beban kerja.

Selain itu, mendengarkan musim relaksasi sebelum tidur juga dapat membantu tubuh Anda mengaktifkan "mode tidur" secara otomatis, baik fisik maupun psikologis. Sehingga dapat memperbaiki kualitas tidur, juga membantu fungsi tubuh untuk berjalan lebih optimal.

 

Baca Juga: Tips Agar Rileks Sebelum Tidur

 

5. Membaca Buku atau Majalah

Tahukah Anda, membaca buku bisa membantu meredam stress, membuat tubuh lebih santai, serta menurunkan detak jantung dan ketegangan otot. Anda bisa memilih genre buku apapun yang hendak dibaca sebagai rekreasi. Baik itu novel romansa, petualangan, detektif, hingga misteri.

6. Hobi dan Kegiatan Kreatif

Melepas penat selepas pulang kerja juga bisa Anda lakukan dengan menjalani hobi-hobi serta melakukan kegiatan yang kreatif. Seperti menggambar, melukis, atau bahkan merajut.

Selain itu, Ketika Anda mengembangkan hobi dan aktivitas kreatif lainnya, dapat menjadi jalan pintas untuk membangkitkan gairah Anda yang mulai meredup. Kalau Anda merasa kurang adanya dorongan untuk berkegiatan secara mandiri, Anda dapat bergabung dengan komunitas sesuai hobi dan minat Anda.

7. Menonton Film atau Serial TV

Selanjutnya, Anda juga dapat menonton film atau serial TV kesukaan untuk merileksasi pikiran dan mengistirahatkan tubuh setelah seharian bekerja. Anda bisa memilih tontonan yang bisa memberikan perasaan gembira seperti serial komedi. 

Melansir dari Mayoclinic.org, tontonan komedi ini bisa memberikan efek jangka Panjang yang baik seperti memperbaiki imun tubuh, membuat suasana hati lebih ringan, hingga meningkatkan selera humor.

8. Menghabiskan Waktu dengan Keluarga dan Teman

Menghilangkan rasa penat selepas pulang kerja juga bisa dilakukan dengan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman. Anda bisa berjalan-jalan bersama, melakukan piknik sederhana dan berbagi cerita, hingga makan malam sederhana yang dapat mendekatkan diri satu sama lain.

Kegiatan ini bisa membantu pikiran Anda menjadi lebih santai dan ringan. Karena Anda dapat berbagi pikiran dan berkomunikasi hangat dengan orang-orang yang juga peduli pada diri Anda.

9. Tidur yang Cukup

Membicarakan cara menghilangkan rasa penat, tentu kita tidak boleh meninggalkan tidur cukup. Sebab, ini adalah langkah paling mendasar untuk mengembalikan energi tubuh yang terkuras setelah seharian bekerja.

Anda perlu memastikan tidur Anda cukup, paling tidak selama 7–8 jam per hari. Kurangi menggunakan gawai Ketika Anda bersiap untuk tidur, karena dapat membuat kecanduan dan mengganggu pola tidur normal Anda.

Jika cukup memungkinkan, Anda juga bisa tidur selaa 20-30 menit di saat jam istirahat kantor. Aktivitas ini dapat membantu mengurangi rasa kantuk dan kelelahan yang Anda alami saat bekerja. Sehingga dapat lebih produktif dan tak mudah lelah, hingga jam pulang kantor tiba.

10. Minum Teh Herbal

Last but not least, minum teh herbal dengan aroma yang khas dan suhu hangat juga akan menjadi langkah melepas rasa penat selepas pulang kerja. Anda bisa mencoba teh melati, teh kamomil, atau jenis teh herbal lain yang dapat memberikan aroma wangi yang menenangkan, juga rasa yang pas untuk Anda.

Meminum teh herbal pun diketahui dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, meningkatkan kualitas tidur, meredakan stress, hingga meningkatkan kebugaran tubuh secara umum.

 

Nah, Safeian, itu adalah penjelasan mengenai 10 langkah melepas penat selepas pulang kerja yang bisa Anda lakukan di rumah. Mudah, bukan?

Yang paling penting, ketika bersantai untuk meredakan stres di tubuh dan pikiran, Safe Care Minyak Angin Lemongrass sangat cocok untuk mendampingi Anda. Kombinasi camphor dan mentolnya akan memberikan rasa hangat yang menenangkan ketika diaplikasikan di kulit.

Sementara itu, aroma lemongrass-nya yang segar dan khas akan membantu membuat saraf di kepala jadi lebih santai dan ringan. Mengalihkan rasa penat dan pusing akibat stres beban kerja, dan kelelahan karena kehabisan energi.

 

Baca Juga: 

 

Well, apakah kamu sudah sedia Safe Care Minyak Angin Lemongrass ini di rumah dan di kantor? Kalau belum, segera beli sekarang di toko dan swalayan terdekat, atau kunjungi toko online langganan Anda!

 

Sumber Referensi:

  1. 5 Cara Menghilangkan Lelah Setelah Bekerja. Halodoc. Ditinjau oleh dr. Gabriella Florencia. Diakses 2024
  2. 10 Cara Ampuh Menghilangkan Lelah setelah Bekerja Seharian. Hello Sehat. Ditinjau oleh Windy Mayang A.Md.Ft. Diakses 2024
  3. 7 Manfaat Teh Herbal bagi Kesehatan. Alodokter. Ditinjau oleh: dr. Airindya Bella. Diakses 2024

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar