Tips Agar Rileks Sebelum Tidur

Minggu, 21 Juli 2024 | Safecare Admin



tips-agar-rileks-sebelum-tidur

Tidur berkualitas sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengembalikan stamina yang hilang setelah seharian bekerja. Namun, tak jarang tidur jadi terganggu karena perasaan gelisah dan otot yang tegang. Kalau sudah begini, Anda perlu menerapkan tips agar rileks sebelum tidur. Apa saja?

Gangguan tidur pada awalnya mungkin tak berpengaruh begitu signifikan pada kegiatan harian Anda. Akan tetapi, jika dibiarkan berlarut-larut, gangguan tidur ini akan menyebabkan banyak masalah pada kesehatan. Termasuk membuat tubuh cepat lelah, tidak bersemangat, nyeri di kepala, dan banyak lainnya.

Gangguan tidur sendiri dapat muncul karena berbagai hal, mulai dari gaya hidup, rasa stress, hingga masalah kesehatan dan efek obat-obatan tertentu.

Nah, Safeian, penting sekali bagi Anda untuk mendapatkan tidur yang cukup agar kembali bugar esok harinya. 

Berikut ini tips yang bisa Anda terapkan agar bisa rileks dan tidur jadi lebih lelap. Simak baik-baik, ya!

1. Rutinitas Tidur yang Konsisten

Tips pertama adalah dengan menerapkan rutinitas tidur yang konsisten. Menerapkan rutinitas ini dapat membantu tubuh Anda menyadari bahwa aktivitas yang dilakukan berikutnya adalah tidur. Anda pun harus disiplin dalam menerapkan rutinitas tersebut.

Anda perlu menetapkan waktu tidur dan bangun yang sama di setiap harinya, juga lakukan kegiatan yang sama untuk mengantarkan Anda tidur. Anda dapat membaca buku favorit atau mendengarkan musik yang tenang.

Akan tetapi hindari untuk menggunakan gawai Anda agar fokus Anda tidak teralihkan, sehingga tidur bisa jadi lebih cepat dan nyaman.

2. Lingkungan Tidur yang Nyaman

Tips agar rileks sebelum tidur yang pertama adalah dengan membuat lingkungan yang nyaman. Melansir dari HelpGuide, menciptakan suasana tidur yang nyaman ini dapat membantu Anda menenangkan pikiran.

Misalnya, Anda dapat membersihkan dan merapikan kamar, memadamkan lampu, menyetel musik lembut, dan menambah bantal atau guling kesayangan untuk membuat posisi tubuh Anda kian nyaman.

Detail-detail di atas mungkin tampaknya sepele, akan tetapi perlu Anda lakukan bila ingin cepat tidur dan lelap sepanjang malam. Sehingga, tubuh akan mengenali suasana tersebut sebagai suasana yang ideal untuk tidur Anda.

3. Hindari Penggunaan Gadget

Tahukah Anda, bahwa bermain gadget sebelum tidur dapat menyebabkan insomnia? Kondisi ini terjadi karena pancaran blue light dari gadget akan merangsang produksi hormone melatonin dalam tubuh. Sehingga dapat mengurangi rasa kantuk Anda di malam hari. 

Karenanya untuk membuat tubuh dan pikiran lebih rileks sebelum tidur, Anda perlu menghindari penggunaan gadget. Selain gadget, Anda juga bisa mematikan lampu atau televisi, karena cahaya dari kedua benda elektronik tersebut pun bisa memberikan efek yang kurang lebih sama.

 

Baca Juga: Apa Saja Aktivitas Melepas Penat Selepas Pulang Kantor?

 

4. Relaksasi

Agar tubuh jadi lebih santai dan mudah mengantuk, Anda dapat melakukan relaksasi sebelum tidur. Teknik relaksasi pun ada banyak, bisa Anda sesuaikan dengan keadaan di rumah dan preferensi pribadi Anda. Misalnya menggunakan olah napas, melakukan gerakan yoga sederhana sebelum tidur, meditasi, dan mendengarkan musik relaksasi.

Apapun teknik relaksasi yang Anda pilih, tetap gunakan Safe Care Minyak Angin Lemongrass. Kombinasi kandungan camphor dan mentholnya, akan memberikan rasa hangat yang nyaman ketika diaplikasikan di kulit.

Sementara itu, aroma lemongrass yang otentik akan memberikan rasa nyaman dan menenangkan saraf yang tegang. Mengantarkan Anda untuk tidur lebih cepat dan nyenyak.

Anda dapat mengaplikasikan Safe Care Minyak Angin Lemongrass ini di titik-titik yang penting, serta di area yang terasa sangat lelah. Lalu rasakan rasa hangat yang menjalar hingga ke dalam lapisan kulit, yang akan membantu menenangkan ketegangan otot Anda.

5. Hindari Kafein dan Alkohol

Tips agar tubuh dan pikiran rileks sebelum tidur selanjutnya dengan menghindari kafein dan alkohol. Kedua minuman ini dapat merusak siklus tidur Anda dengan membuat tubuh terjaga lebih lama.

Melansir dari Healthline, untuk menghindari gangguan tidur seseorang perlu menjauhi nikotin dan minuman beralkohol. Serta, agar lebih efektif Anda pun harus menghindari mengonsumsi kafein paling tidak 4 jam sebelum pergi tidur.

6. Mandi Air Hangat

Setelah seharian beraktivitas, tubuh tentunya akan merasa sangat lelah dan pikiran menjadi kepayahan. Mandi air hangat dengan sabun beraroma harum bisa membantu Anda merelaksasi otot tubuh yang tegang, serta membuat pikiran yang lelah jadi lebih baik.

Anda pun dapat berendam untuk mendapatkan efek santai yang lebih panjang. Gunakan minyak esensial dengan aroma yang menyenangkan, menenangkan, serta harum seperti lavender essential oil atau lemongrass essential oil.

Anda pun bisa memijat-mijat lembut bagian-bagian tubuh yang terasa lelah saat berendam. Sehingga akan membantu menguraikan otot yang tegang, serta mengurangi rasa penat setelah seharian bekerja.

7. Minum Teh Herbal

Minum teh herbal juga dapat membantu meredakan ketegangan saraf, serta membuat tubuh lebih rileks dan Anda akan lebih cepat tidur. Beberapa jenis teh yang bisa Anda coba untuk merelaksasi tubuh adalah:

  • Teh peppermint: aromanya dapat membantu mengurangi stress dan rasa cemas. Selain itu mentol pada peppermint pun memberikan rasa nyaman yang membantu mengurangi kecemasan dan ketegangan otot yang Anda alami.
  • Teh kamomil: yang dikenal sejak lama sebagai Pereda stress dan ampuh untuk membuat tidur Anda lebih nyenyak. 
  • Teh hijau: kandungan polifenol dalam teh ini dapat membantu mengurangi rasa stress dan cemas. Akan tetapi, Anda pun baiknya tidak mengonsumsinya dalam jumlah besar, karena kadar kafeinnya yang tinggi.
  • Teh ginseng: seduhan hangat ginseng dapat membantu melawan stress dan mengurangi rasa lelah Anda.

Anda dapat menyeduh teh ini 30 menit sebelum tidur, sambil mendengarkan musik relaksasi yang menenangkan. Atau sembari membaca buku kesayangan Anda untuk mengurangi stres dan mengalihkan emosi negatif dari pikiran Anda.

 

Nah, Safeian itu adalah 7 tips agar rileks sebelum tidur yang bisa Anda terapkan di rumah. Mulai dari mengatur rutinitas tidur yang konsisten setiap hari, membuat lingkungan yang nyaman, mandi air hangat, hingga minum teh herbal. Mudah, bukan?

 

 

Jangan lupa gunakan juga Safe Care Minyak Angin Lemongrass untuk memaksimalkan tujuh tips relaksasi di atas. Ketiga kandungan alami dalam minyak angin ini dapat mengurangi ketegangan saraf, menenangkan pikiran yang stres, hingga mengurangi rasa lelah yang Anda alami.

Hanya dengan mengoleskannya di area-area yang paling lelah, Anda akan mendapatkan kehangatan yang khas dibalut dengan aroma lemongrass menyegarkan.

Plus, karena hadir dengan kemasan 10ml, Safe Care Minyak Angin Lemongrass ini dapat Anda bawa kemanapun dan mudah digunakan kapanpun. Sehingga akan sangat cocok digunakan ketika Anda bepergian, serta memecahkan masalah susah tidur di saat perjalanan jauh.

Yuk, segera beli Safe Care Minyak Angin Lemongrass ini di toko dan swalayan terdekat, atau lewat lapak jual beli online langganan Anda!

 

Sumber Referensi:

  1. 7 Cara Ampuh Menenangkan Pikiran Sebelum Anda Pergi Tidur. Hello Sehat. Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri. Diakses 2024
  2. Susah Tidur? Lakukan 3 Tips Relaksasi Agar Cepat Tidur Bagi Yang Penderita Insomnia. Fakultas Kesehatan Masyarakat UINSU. Diakses 2024
  3. Bermain Gadget sebelum Tidur Bisa Sebabkan Insomnia. Halodoc. Ditinjau oleh dr. Rizal Fadli. Diakses 2024
  4. Rokok dan Alkohol, Penyebab Gangguan Tidur yang Lebih Parah. Klik Dokter. Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter. Diakses 2024

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar