Apa Penyebab Otot Tegang Karena Stress?

Minggu, 21 Juli 2024 | Safecare Admin



penyebab-otot-tegang-karena-stress

Tak hanya terjadi akibat aktivitas fisik yang berat, otot tegang pun dapat terjadi saat Anda dalam kondisi stres. Nah, bagaimana bisa stres menyebabkan otot tegang dan bagaimana cara mengatasinya?

Stres merupakan masalah Kesehatan mental yang sangat rentan dialami oleh siapa saja. Penyebabnya pun sangat beragam seperti rasa takut akan mengecewakan seseorang, situasi di tempat kerja yang tidak kondusif, kekhawatiran terhadap masa depan, hingga kegagalan atau hambatan saat melakukan sesuatu.

Stres, baik secara langsung maupun tak langsung dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh, termasuk memicu ketegangan otot. 

Lantas bagaimana penyebab otot tegang karena stres ini terjadi? Berikut penjelasannya!

Penyebab Otot Tegang karena Stres

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab otot tegang karena stres, seperti dalam penjelasan di bawah ini:

1. Response Fight-or-Flight

Fight or flight merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan kondisi fisik dan mental ketika seseorang menghadapi tekanan atau ancaman. Entah apakah orang tersebut memilih untuk menghadapi (fight), atau lari dari masalah tersebut (flight).

Mekanisme fight or flight ini dapat berpengaruh langsung pada saraf dan otak manusia, membuatnya lebih awas. Respon ini juga dikenali sebagai cemas, yang juga sering dikaitkan dengan ketegangan otot dan sikap menarik diri.

2. Peningkatan Hormon Stres

Saat stress, seseorang mudah sekali merasakan kelelahan, ketegangan otot, dan masalah perut. Ini terjadi karena adanya peningkatan hormon kortisol dan adrenalin, yang dapat mengurangi cadangan energi tubuh Anda dengan meningkatkan kewaspadaan indera dan sistem saraf.

3. Postur Tubuh yang Buruk

Tahukah Anda, bahwa postur tubuh yang buruk dapat mempengaruhi Kesehatan secara keseluruhan. Tak hanya menyebabkan ketegangan otot pada bahu dan leher, namun juga memicu sakit punggung hingga kerusakan sendi.

4. Emosi Negatif

Rasa marah, gelisah, benci, sedih, putus asa, dan iri adalah contoh dari emosi negative. Menumpuknya emosi negative pada diri dapat memberikan banyak masalah Kesehatan, baik secara mental maupun kondisi tubuh secara umum.

Kecemasan berlebihan misalnya bisa mengganggu waktu tidur dan membuat otot dan saraf menjadi tegang, yang akan menimbulkan rasa kelelahan pada diri Anda.

5. Kurang Aktivitas Fisik

Kurangnya aktivitas fisik pun bisa memicu otot tegang karena stres. Meskipun pekerjaan Anda menyita banyak waktu dan energi, paling tidak sisihkan 20–30 menit tiap minggu untuk melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan dan dapat membuat pikiran Anda lebih segar.

6. Gangguan Tidur

Gangguan tidur menyebabkan masalah , baik fisik maupun mental. Misalnya, depresi dan kecemasan bisa timbul karena gangguan tidur.

Kondisi ini terjadi karena hormone kortisol akan meningkat Ketika seseorang mengalami gangguan tidur. Akibatnya seseorang dapat merasa mudah cemas dan khawatir, yang juga akan membuat otot dan saraf menjadi tegang.

Cara Mengatasi Otot Tegang karena Stres

Jika dibiarkan berlarut-larut otot yang tegang karena stres ini akan menimbulkan dampak serius pada kesehatan tubuh Anda. Karenanya, ikuti beberapa cara mengatasi otot tegang karena stres di bawah ini:

1. Olahraga Teratur

Pertama lakukan olahraga ringan hingga sedang secara teratur, yang dikenal sebagai peredam stress dan ketegangan otot yang efektif. Namun, ketika tubuh Anda sudah terlalu stress, baiknya hindari olahraga terlalu keras. 

Karena justru olahraga berat dapat menekan tubuh yang akhirnya memperburuk gejala kecemasan. Jenis olahraga ringan yang bisa Anda lakukan misalnya jalan kaki di sore atau pagi hari, jogging, melakukan yoga.

2. Relaksasi

Selain meredakan ketegangan dengan berolahraga ringan, Anda pun bisa melakukan relaksasi otot dan pikiran. Caranya pun bermacam-macam, Anda bisa melakukan olah nafas, meditasi, berendam dengan air hangat, dan banyak lainnya.

Salah satu cara membuat otot tegang karena stres menjadi lebih santai adalah dengan memijatnya menggunakan Safe Care Minyak Angin Lemongrass. Perpaduan camphor dan menthol dalam produk ini akan memberikan rasa hangat dan nyaman, yang meresap ke dalam kulit dan membuat otot Anda lebih lega.

Selain itu, aroma dari lemongrass-nya juga dapat membuat saraf lebih santai. Sehingga membantu menenangkan pikiran dan rasa stres yang Anda rasakan.

3. Pijat dan Terapi Fisik

Selanjutnya, Anda bisa meredakan otot tegang karena stres dengan pijat. Anda bisa melakukan pemijatan ini dengan lembut, menggunakan Safe Care Minyak Angin Lemongrass, serta dikhususkan pada area-area yang paling terasa nyeri.

4. Postur Tubuh yang Baik

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa duduk dan bekerja dengan porsi tubuh yang salah bisa menyebabkan otot tegang. Karenanya, Anda bisa memulai mencegah dan mengatasi otot tegang karena stres ini dengan menerapkan postur tubuh yang baik.

5. Manajemen Stres

Sebagai salah satu penyebab utama terjadinya otot tegang, Anda pun dapat mencoba memanajemen stres dengan baik. Yang dimaksud dengan manajemen stres ini adalah serangkaian tindakan yang dapat Anda lakukan untuk mengidentifikasi sumber stres, bagaimana penyelesaiannya, serta melakukan aktivitas yang menyenangkan.

6. Tidur yang Cukup

Pada dasarnya, mencukupi durasi tidur adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum. Karena di malam hari adalah waktu bagi tubuh untuk mengistirahatkan diri, begitu pula dengan beberapa organ dalam tubuh. 

Hal ini akan memberikan waktu bagi tubuh untuk pulih, sekaligus meredakan nyeri dan otot tegang karena stres yang Anda alami. 

Durasi tidur untuk orang dewasa idealnya berada dalam rentang waktu 7–8 jam sehari. Tidur terlalu lama dapat membuat tubuh terasa lebih kaku dan menimbulkan rasa pusing, namun kurang tidur pun bisa menimbulkan ketegangan otot. Jadi pastikan tubuh Anda mendapatkan waktu yang cukup, tidak berlebihan maupun kurang.

7. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat bisa memberikan efek relaksasi yang cocok untuk mengatasi otot tegang karena stres. Anda juga bisa berendam dengan air hangat, kemudian menambahkan essential oil dengan aroma favorit Anda.

Air hangat akan membantu membuat otot dan saraf menjadi lebih santai, sementara aroma dari essential oil akan memberikan rasa nyaman dan menghilangkan rasa penat pada diri Anda. 

Mandi air hangat pun dikatakan dapat membantu membuat kualitas tidur Anda di malam hari menjadi lebih berkualitas. Alhasil, Anda akan bangun dalam kondisi yang lebih segar dan bugar.

 

Baca Selengkapnya: Apa Saja Aktivitas Melepas Penat Selepas Pulang Kantor?

 

Nah, Safeian itu adalah penjelasan mengenai penyebab otot tegang karena stres dan cara mengatasinya. Apakah Anda sering mengalami otot tegang karena stres dan kelelahan setelah bekerja sepanjang hari?

Well, Safe Care Minyak Angin Lemongrass hadir untuk menjawab permasalahan tersebut. Tampil dengan kemasan berukuran 10 ml yang aman dan mudah digunakan, Anda dapat membawa produk ini kemanapun Anda pergi dan menggunakannya kapanpun.

 

 

Aroma lemongrass-nya yang segar, serta rasa hangat yang nyaman dan melegakan ketika diaplikasikan ke kulit, membuat Safe Care Minyak Angin Lemongrass ini mampu meredakan ketegangan otot yang Anda alami. Bahkan, bisa membantu membuat stres yang Anda rasakan jadi berkurang, karena meningkatkan kualitas relaksasi Anda di rumah. Menarik, bukan?

Yuk, segera dapatkan Safe Care Minyak Angin Lemongrass ini di toko atau swalayan terdekat. Anda juga bisa membeli berbagai produk Safe Care lain secara online, loh!

 

Sumber:

  1. Jangan Dibiarkan, Insomnia Bisa Sebabkan 7 Masalah Ini. Halodoc. Ditinjau oleh dr. Fadhli Rizal Makarim. Diakses 2024
  2. Mengenal Emosi Negatif dan Cara Sehat Menghadapinya. Hello Sehat. Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H. Diakses 2024
  3. Can Fear Actually Be Healthy? Health Effects of Halloween Horrors. Gleneagles Hospital is part of IHH Healthcare. Diakses 2024

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar