Ketahui Tips Mencegah Nyeri Pundak Kanan

Senin, 22 Juli 2024 | Safecare Admin



tips-mencegah-nyeri-pundak-kanan

Meski tak selalu disebabkan oleh kondisi kesehatan yang berat, bukan berarti rasa nyeri pada pundak kanan bisa diabaikan begitu saja. Kondisi ini dapat membuat Anda merasa tak nyaman saat beristirahat, maupun mengganggu aktivitas harian Anda. Lantas adakah tips mencegah pundak nyaman yang efektif?

Rasa sakit pada pundak pada dasarnya merupakan masalah yang sering terjadi pada masyarakat. Khususnya untuk orang-orang yang sibuk, memiliki aktivitas berat, serta orang-orang yang suka menghabiskan waktu mereka bermain gadget sehingga postur tubuh menjadi buruk.

Faktor penyebab rasa nyeri ini pun tidaklah pasti, dan cukup berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Mulai dari masalah kram otot, kelelahan, cedera, hingga dapat menjadi gejala masalah kesehatan serius.

Nah, kabar baiknya ada beberapa tips mencegah nyeri pundak kanan yang dapat Anda terapkan dengan mudah secara mandiri. Apa saja? Berikut penjelasan lengkapnya, Safeian!

 

1. Perbaiki Postur Tubuh

Tips mencegah pundak sebelah kanan nyeri adalah dengan memperbaiki postur tubuh. Ciri postur tubuh yang buruk ini dapat ditandai dengan kepala yang cenderung condong ke depan, posisi tubuh yang membungkuk, hingga saat berdiri bahu tidak tegap.

Postur tubuh yang buruk pun pada dasarnya bisa memberikan banyak masalah pada kesehatan. Misalnya membuat nyeri otot, nyeri kepala, hingga masalah pada pencernaan Anda.

Nah, sebagai upaya memperbaiki postur ini, Anda bisa coba dengan beberapa langkah berikut:

  • duduk tegak ketika bekerja di kantor.
  • Batasi penggunaan gadget secara berlebihan.
  • Hindari juga menggunakan high heels terlalu lama, karena dapat membuat betis cepat Lelah dan dapat berpengaruh pada postur tubuh.
  • Pilih dan gunakan alas tidur dan bantal yang nyaman serta sesuai.
  • Rutin berolahraga atau latihan fisik, atau setidaknya menyisihkan 30 menit tiap minggunya.

2. Peregangan Pundak

Selanjutnya, Anda pun bisa mencegah timbulnya rasa nyeri pada pundak kanan dengan melakukan peregangan ringan. Langkah ini dapat Anda lakukan dimana saja, serta sangat mudah. 

Beberapa cara melakukan latihan peregangan pundak yang bisa Anda ikuti:

Langkah pertama: 

  1. duduk di atas kursi dengan posisi tegak tanpa sandaran. 
  2. Kemudian angkat kedua bahu ke atas secara bersamaan, lalu tarik keduanya ke arah belakang. 
  3. Busungkan dada Anda ke depan, hingga terasa adanya tarikan pada otot bahu. Kemudian tarik bahu ke bawah lalu istirahatkan. 
  4. Ulangi alur ini sebanyak 10 kali.

Langkah Kedua

  1. Mulai dengan posisi duduk tegap tanpa sandaran.
  2. Kemudian angkat kedua bahu Anda secara bersamaan, bertahan pada posisi ini selama 10 detik.
  3. Setelah itu Kembali ke posisi semula dengan perlahan. Anda dapat mengulangi gerakan ini sebanyak 3–5 kali.

Langkah ketiga

  1. Mulai dengan posisi duduk tegap tanpa sandaran.
  2. Kemudian angkat dan tekuk dua lengan Anda untuk sejajar dengan pundak.
  3. Lalu Tarik kedua lengan ke belakang, pastikan untuk tidak mengangkat bahu Anda. Lakukan hingga dada tampak agak membungkuk.

Langkah keempat

  1. Anda dapat mengubah posisi Anda dengan berdiri di samping dinding secara tegak. 
  2. Kemudian rentangkan salah satu lengan Anda ke dinding. 
  3. Lalu gerakkan jari-jari tangan ke atas untuk membuat lengan terus perlahan gerakkan jari tangan ke atas guna mengangkat lengan Anda hingga dalam posisi lurus.
  4. Setelah itu Kembali pada posisi semula, lakukan Gerakan ini sebanyak 10 kali secara bergantian.

Langkah kelima

  1. Ubah posisi berdiri tegak jadi sedikit membungkuk, dengan tangan kiri berpegangan pada kursi.
  2. Biarkan bahu kanan Anda menggantung ke Bawah, lalu ayunkan lengan ke depan dan ke belakang secara perlahan. Tambahkan dengan Gerakan memutar yang halus.
  3. Anda dapat mengulangi Gerakan ini sebanyak 10 kali, ya.

3. Penggunaan Bantal yang Sesuai

Tips mencegah pundak kanan sakit selanjutnya adalah dengan menggunakan bantal yang sesuai. Sebab, bantal yang terlalu tinggi atau pendek bisa memicu rasa kram pada otot bahu Anda. 
Selain itu, penggunaan bantal yang tidak tepat secara terus menerus pun dapat berpengaruh pada postur tubuh. Kondisi ini diketahui dapat menyebabkan masalah nyeri otot pada pundak kanan Anda.

4. Hindari Mengangkat Beban Berlebihan

Cara mencegah bahu kanan nyeri selanjutnya adalah dengan menghindari mengangkat beban secara berlebihan. Hal ini bisa menimbulkan kelelahan otot, masalah-masalah pada saraf, cedera, juga dislokasi sendi.

Jika Anda ingin latihan angkat beban secara rutin, pastikan untuk melakukannya dengan bijaksana. Jadwalkan secara teratur yang diimbangi dengan istirahat yang cukup, serta jangan lupakan untuk melakukan pemanasan dan pendinginan saat sebelum serta sesudah latihan.

5. Hindari Stress

Seperti yang Anda tahu, stres dan kecemasan dapat memicu masalah kram otot dan memperparah rasa nyeri pada bahu kanan Anda. Karenanya, sebagai upaya pencegahan, Anda bisa melakukan manajemen stres dan menghindari trigger kecemasan Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menetralisir rasa stres ini dengan berelaksasi dan memanjakan tubuh Anda. Gunakan juga Safe Care Minyak Angin Woody yang memiliki aroma patchouli, di mana aroma ini bersifat sedatif yang mampu menguraikan rasa stres dan cemas Anda.

6. Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat juga sangat penting untuk merawat tubuh Anda, serta dapat mencegah terjadinya nyeri pada bahu kanan. 

Melansir dari studi yang dimuat pada Journal of Occupational and Environmental Medicine pada tahun 2016, menyebutkan bahwa rasa nyeri pada bahu pun dapat berkaitan dengan risiko tekanan darah tinggi, diabetes melitus, hingga kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh.

Karenanya sangat penting untuk menerapkan pola hidup sehat, yakni dengan menghindari makanan-makanan cepat saji, terlalu manis, mengandung tinggi garam dan lemak tak sehat. Serta jangan lupa untuk melakukan latihan fisik secara rutin, dan mengganti menu makan Anda dengan diet sehat dan real food.

7. Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Selanjutnya, untuk mencegah rasa nyeri pada bahu sebelah kanan, Anda bisa mencukupi kebutuhan tidur dan mendapatkan istirahat berkualitas di malam hari. Bagi orang dewasa, durasi tidur malam ini direkomendasikan sepanjang 7–8 jam sehari.

Nah, agar Anda mengantuk lebih cepat dan tidur dengan nyenyak, lakukan relaksasi terlebih dahulu. Langkah ini dapat membantu meringankan rasa lelah yang Anda alami, serta menjadikan tubuh lebih santai.

Salah satunya dengan memijat tubuh menggunakan Safe Care Minyak Angin Woody. Minyak angin ini memiliki rasa hangat yang akan menyebar dan masuk ke dalam kulit, sehingga dapat melemaskan otot yang kaku setelah seharian bekerja keras.

Selain itu, aroma woody-nya yang khas pun memberikan sensasi menenangkan. Hal ini terjadi karena Safe Care Minyak Angin Woody terbuat dari patchouli oil, yang memiliki kemampuan sedatif untuk membantu mengurangi rasa cemas dan stres Anda.

8. Konsultasi Medis Jika Diperlukan

Seperti yang telah dijelaskan, bahwa bahu nyeri bisa jadi gejala masalah kesehatan yang cukup serius. Seperti masalah jantung, juga gangguan pada organ dalam dan pencernaan Anda.

Karenanya, jika rasa nyeri pada bahu ini tak kunjung selesai dan malah bertambah serta diiringi dengan gejala-gejala lain. Penting untuk melakukan pemeriksaan medis dan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

 

Namun, jika rasa sakit muncul tiba-tiba dan terasa sangat mengganggu konsentrasi Anda, gunakan Safe Care Minyak Angin Woody sebagai pertolongan pertama untuk meredakan gejala tersebut.

Lakukan pijatan-pijatan lembut agar hangat dari minyak angin Safe Care ini mampu makin meresap ke dalam kulit, serta membuat relaksasi kian maksimal.

 

Baca Juga: Apa Penyebab Nyeri Pundak Sebelah Kanan? dan Cara Mengatasinya

 

Nah, tunggu apa lagi? Anda bisa langsung membeli Safe Care Minyak Angin Woody ini di toko terdekat dan menggunakannya sebagai pertolongan pertama pada nyeri otot, nyeri sendi, dan masalah kelelahan lainnya.

 

Sumber Referensi:

  1. Sakit Pundak Sebelah Kanan, Kenali Gejala, Penyebab, dan Cara Menanganinya. Alodokter. Ditinjau oleh: dr. Sienny Agustin. Diakses 2024
  2. 6 Penyebab Muncul Rasa Nyeri pada Bahu dan Cara Mengatasinya. Hello Sehat. Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri. Diakses 2024

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar