Apa Sih Akibat Banyak Naik Turun Tangga?

Selasa, 13 Agustus 2024 | Safecare Admin



akibat-banyak-naik-turun-tangga

Bagi seseorang dengan kesibukan yang tinggi, aktivitas naik turun tangga biasanya digunakan untuk mengakali kurangnya waktu untuk olahraga. Pertanyaannya, apakah benar ada efek dan akibat dari banyak naik turun tangga untuk kesehatan?

Naik turun tangga merupakan aktivitas yang hampir selalu kita lakukan setiap hari. Apalagi kalau Anda bekerja di gedung bertingkat dengan akses lift terbatas, memiliki rumah dua lantai, serta mungkin bersekolah dan belajar di gedung sekolah bertingkat.

Nah, karena gerak aktif naik turun tangga ini dilakukan hampir setiap hari, maka dampaknya pada kesehatan pun cukup signifikan. Baik itu dampak yang bersifat positif maupun dampak negatif pada tubuh.

Penasaran apa saja akibat dari naik turun tangga yang kita bicarakan tersebut? Anda langsung simak dulu penjelasannya di bawah ini.

 

Efek Positif

Ada banyak artikel dan jurnal penelitian tentang kesehatan yang menyatakan berbagai manfaat naik turun tangga untuk kesehatan. Tak tanggung-tanggung, selain membuat tubuh semakin bugar, naik turun tangga juga bisa membantu mengurangi risiko berbagai penyakit kardiovaskular.

Lebih dari itu, berikut ini ada beberapa efek positif dari banyak naik turun tangga yang perlu Anda tahu. Catat, yuk!

 

1. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Efek positif pertama dari banyak naik turun tangga adalah meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Bahkan naik turun tangga sendiri dapat dimasukkan ke dalam latihan kardio, karena bisa membantu meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru. Akibatnya, aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh pun menjadi lebih lancar.

Hal ini membuat orang yang sering naik turun tangga akan terhindar dari risiko penyakit jantung, hipertensi, atau memiliki kolesterol tinggi.

 

2. Menguatkan Otot

Naik turun tangga juga dapat memberikan efek yang baik pada kesehatan dan kekuatan otot. Tak hanya otot di area kaki dan paha, namun juga pada lengan dan punggung Anda, loh.

 

3. Membakar Kalori

Kabar baik bagi Anda yang sedang berdiet, bahwa aktivitas naik turun tangga bisa membantu membakar kalori dalam tubuh, loh.

Anda dapat membakar 3–5 kalori per menit, jika menaiki tangga secara perlahan. Namun jika Anda bergerak dengan lebih cepat, maka jumlah kalori yang dibakar pun akan lebih cepat, yakni sampai 10–15 kalori per menit.

Selain itu, ketika Anda menerapkan aktivitas naik turun tangga dengan tepat secara rutin, tubuh akan terasa lebih bugar. Aktivitas ini pun dapat membantu mengontrol kadar gula dalam tubuh, membakar kalori, serta melancarkan sistem metabolisme dan sirkulasi darah Anda.

 

4. Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Rutin naik turun tangga juga akan membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Hal ini terjadi karena saat naik atau turun tangga, Anda akan menyeimbangkan kerja tubuh dan otak agar tidak terjatuh.

Meningkatkan keseimbangan tubuh sangatlah penting untuk kita, apalagi saat memasuki usia dimana mengalami penurunan keseimbangan akibat pertambahan umur.

 

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Selain membuat otot kita tetap kuat, elastis, dan sehat, aktivitas naik turun tangga juga akan membantu meningkatkan kesehatan tulang.

Sebab, pergerakan ini akan membantu meningkatkan kepadatan ulang, serta dapat meminimalisir risiko terkena osteoporosis.

Bahkan, dalam penelitian yang disebutkan oleh Alodokter.com, menyatakan bahwa lansia yang rutin berolahraga akan lebih bugar dan menjalani aktivitas harian mereka dengan mandiri.

 

Baca Juga Selengkapnya: Manfaat Naik Turun Tangga untuk Kesehatan

 

Efek Negatif

Selain memberikan efek positif dan menyehatkan bagi tubuh, ternyata ada juga efek negatif dari banyaknya aktivitas naik turun yang Anda lakukan. Apalagi jika kegiatan tersebut tidak dilakukan dengan hati-hati, serta secara berlebihan.

Lantas apa saja akibat dari banyak naik turun tangga untuk kesehatan tubuh Anda? Berikut penjelasan lengkapnya, Safeian!

 

1. Cedera Otot dan Sendi

Naik turun tangga yang dilakukan dengan tepat akan membantu memperkuat otot dan tulang. Namun, jika Anda tidak berhati-hati, hal ini justru bisa meningkatkan risiko cedera otot dan sendi.

Melansir dari Alodokter.com, dikatakan bahwa Ketika tergesa-gesa, ditambah postur dan tubuh yang tidak ergonomis, naik turun tangga bisa memperburuk gangguan Kesehatan, seperti:

  • Menyebabkan keseleo
  • Terjadi ruptur tendon, 
  • Mengalami patah tulang karena terjatuh atau terpeleset,
  • Dislokasi pada sendi kaki Anda.
  • Arthritis, yang berkaitan dengan rematik dan pengapuran.

 

2. Keletihan

Sama seperti jenis olahraga lainnya, naik turun tangga yang dilakukan secara berlebihan bisa menyebabkan keletihan. Apalagi ketika melakukannya di jam produktif kantor, Anda pasti juga harus bergelut dan stres dengan pekerjaan Anda.

Naik turun tangga yang berlebihan tentu akan menguras tenaga, membuat Anda lemah, dan letih. Karenanya, untuk mencegah situasi ini terjadi, pastikan Anda menggunakan alas kaki dan pakaian yang nyaman, juga selalu makan tepat waktu dan cukupi kebutuhan cairan tubuh.

Ketika naik tangga dalam kondisi tak fokus dan lemah akan mengganggu keseimbangan tubuh. Akibatnya, potensi untuk terjatuh dan terjadi cedera pun sangat tinggi.

 

3. Nyeri Lutut dan Punggung

Overuse atau penggunaan kaki secara berlebihan saat naik dan turun tangga pun bisa menimbulkan nyeri pada lutut dan punggung Anda. Hal ini terjadi karena adanya ketegangan otot pada kaki hingga ke punggung, yang kemudian bisa menyebabkan nyeri otot dan sendi.

Kondisi ini bisa semakin buruk bila Anda menggunakan sepatu yang tak nyaman, seperti menggunakan hak tinggi atau sepatu tanpa bantalan yang nyaman. Betis akan lebih mudah terasa lelah dan kaku, bahkan dapat memicu kram di malam hari.

Pada dasarnya, kegiatan naik turun tangga sangatlah aman dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Akan tetapi, aktivitas ini bisa berakibat buruk bila dalam prosesnya Anda tidak berhati-hati, tidak memperhatikan kondisi tubuh dengan baik, hingga menerapkan postur yang salah dan sepatu yang tak ergonomis.

 

Mengatasi Nyeri Lutut dengan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On

Bagi Anda yang harus naik turun tangga setiap hari, nyeri pada lutut dan kaki tentu sudah menjadi masalah langganan yang mengganggu kualitas hidup. Tak hanya datang sesaat setelah melakukan aktivitas tersebut, namun rasa nyeri ini bisa saja hadir di malam hari dan menyebabkan istirahat tidak nyenyak.

 

 

Kabar baiknya, Anda dapat meredakan rasa nyeri pada lutut akibat naik turun tangga ini dengan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On. Kombinasi menthol, camphor, patchouli oil, dan methyl salicylate dapat memberikan rasa panas yang melegakan pada lutut dan sendi Anda.

Bahkan, varian minyak angin Safe Care ini dapat membantu meredakan ketegangan otot karena banyak naik turun tangga. Cara pengaplikasiannya juga sangat mudah, yakni:

  1. Aplikasikan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On pada lutut atau area kaki yang terasa nyeri dan lelah.
  2. Pijat secara perlahan selama beberapa lama, hingga rasa nyeri berkurang secara bertahap.

Anda bisa merasakan rasa panas dari Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On akan menyebar dan masuk ke dalam kulit, menenangkan saraf dan otot kaki yang tegang karena kelelahan.

Menarik, kan? Yuk, sedia Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On untuk mengatasi kepenatan dan nyeri lutut Anda. Beli varian minyak angin Safe Care ini toko terdekat dari rumah Anda, atau lewat lapak online langganan Anda di Shopee, Tokopedia, hingga Blibli.

 

Sumber:

  1. Efek samping sering naik turun tangga dalam jangka panjang. Alodokter. dr. Nadia Nurotul Fuadah. Diakses 2024
  2. Bahaya naik turun tangga. Alodokter. dr. Nadia Nurotul Fuadah. Diakses 2024

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar