Kenapa Telapak Kaki Terasa Pegal? Ini Alasannya

Selasa, 13 Agustus 2024 | Safecare Admin



kenapa-telapak-kaki-pegal

Kaki merupakan anggota tubuh yang sangat penting untuk mendukung aktivitas harian Anda. Karenanya, saat terjadi masalah pada kaki tentu akan mengurangi kualitas hidup Anda, seperti munculnya rasa pegal dan nyeri pada telapak kaki. Lantas apa penyebabnya?

Pada dasarnya, keluhan rasa sakit dan pegal pada telapak kaki sangatlah umum terjadi pada masyarakat. Penyebabnya pun sangat variatif, ada yang timbul karena aktivitas yang tinggi dan salah memakai alas kaki, karena keseleo atau cedera, hingga beberapa masalah kesehatan lain.

Karena memiliki pemicu yang berbeda, penanganan untuk telapak kaki pegal ini pun bisa sangat berbeda. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui apa saja penyebab telapak kaki terasa pegal berikut ini.

 

Penyebab Telapak Kaki Pegal

Ada banyak hal yang dapat membuat telapak kaki merasa pegal dan sakit, seperti:

 

1. Aktivitas Jalan Kaki Berlebihan

Aktivitas jalan kaki memang bisa menjadi alternatif olahraga santai yang baik untuk kebugaran tubuh Anda. Akan tetapi, jika Anda melakukannya secara berlebihan, tentu akan menimbulkan rasa lelah pada seluruh bagian kaki mulai dari telapak, tungkai kaki, betis, dan lutut Anda.

Selain itu, menurut health.grid.id ada beberapa penyebab kenapa kaki terasa pegal saat digunakan berjalan jauh, yakni:

  • Terjadi penumpukan asam laktat pada tubuh, karena otot-otot tubuh Anda bekerja lebih keras dan memerlukan lebih banyak energi. Proses ini menimbulkan penumpukan asam laktat dan menyebabkan rasa pegal dan nyeri pada otot.
  • Peradangan otot, merupakan respons alami tubuh terhadap tres fisik yang terjadi Ketika Anda berjalan jauh. Kondisi ini bisa memicu timbulnya rasa pegal dan sakit pada kaki Anda.
  • Dehidrasi juga bisa menyebabkan kaki terasa pegal, karena kehilangan cairan menyebabkan ketegangan otot dan kelemahan.
  • Kelelahan, berjalan terlalu jauh, apalagi untuk pertama kalinya, bisa mengakibatkan kelelahan otot. Sehingga menimbulkan rasa pegal pada telapak kaki Anda.

 

2. Sepatu yang Tidak Tepat

Pemilihan sepatu juga dapat berpengaruh pada kesehatan kaki Anda, loh, Safeian. Sebab sepatu yang tidak tepat akan menyebabkan ketegangan otot dan memicu rasa pegal, baik pada telapak kaki yang menjalar pada betis, lutut, hingga paha Anda.

Nah, selain itu Ketika Anda menggunakan sepatu dengan ujung runcing atau berukuran terlalu sempit, ini akan menyebabkan penekanan pada jari-jari Anda. Hal ini dapat memicu bunion, yakni benjolan yang muncul pada sendi telapak kaki.

Benjolan bunion ini membuat telapak kaki Anda terasa sakit dan tidak nyaman saat digunakan berjalan.

 

3. Plantar Fasciitis

Plantar fasciitis adalah salah satu alasan umum kenapa telapak kaki Anda terasa nyeri dan pegal. Kondisi ini timbul karena terjadinya peradangan pada jaringan penghubung tulang tumit dan jempol kaki yang berada pada  telapak kaki.

Peradangan ini terjadi karena peregangan dan beban berlebihan pada kaki, yang juga terjadi secara terus menerus. Pada umumnya, kondisi cenderung mudah dialami oleh pelari dan seseorang dengan berat badan berlebih atau obesitas.

 

4. Arch Strain (Ketegangan Lengkung Kaki)

Selanjutnya, kondisi arch strain (ketegangan lengkung kaki) juga bisa menjadi penyebab kenapa telapak kaki terasa pegal dan sakit. Kondisi ini merujuk pada inflamasi yang bisa disertai juga dengan sensasi terbakar pada area lengkungan kaki.

Arch strain sendiri dapat terjadi karena banyak alasan, bisa karena struktur yang tidak seimbang, cedera, hingga oleh plantar fasciitis.

 

5. Cedera atau Trauma

Seperti yang kita singgung sebelumnya, bahwa cedera bisa menimbulkan rasa sakit pada telapak kaki Anda. Khususnya dengan menimbulkan ketegangan pada kelengkungan pada telapak kaki Anda.

Selain itu, keseleo dan tegang otot kaki juga termasuk dalam cedera yang membuat telapak kaki Anda terasa pegal. Kondisi ini kerap terjadi ketika Anda terkilir atau terjatuh saat berolahraga.

Tak hanya menimbulkan rasa pegal-pegal yang ringan, cedera ini pun sering diserangi dengan bengkak, memar, dan membuat kaki sulit digerakkan. Kendati demikian, kondisi ini juga bisa mereda sendiri selama beberapa hari.

 

6. Berat Badan Berlebih

Menjaga berat badan ideal tak hanya berpengaruh pada penampilan Anda. Lebih dari itu hal ini sangat penting untuk memastikan tubuh selalu bugar dan terhindar dari berbagai masalah Kesehatan.

Sebab, obesitas bahkan bisa menimbulkan berbagai masalah pada tubuh Anda, termasuk bagian kaki. Menurut artikel Kesehatan Halodoc.com, dikatakan bahwa obesitas bahkan bisa menimbulkan plantar fascia. 

Plantar fascia diketahui dapat mengganggu gerakan kaki, serta memicu peradangan dan rasa nyeri pada bagian tumit hingga telapak kaki Anda.

 

7. Kondisi Medis Tertentu

Next, rasa pegal pada telapak kaki pun dapat terjadi karena kondisi medis tertentu yang Anda alami seperti asam urat, Tarsal Tunnel Syndromeflat foot, dan banyak lainnya. 

Karenanya, bila Anda merasakan rasa pegal dan nyeri yang disertai dengan tanda-tanda tak biasa, baiknya selalu konsultasikan dengan dokter spesialis. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh diagnosa yang lengkap dan mendapatkan arahan yang tepat.

 

Cara Mengatasi Telapak Kaki Pegal

Setelah menyimak beberapa penyebab telapak kaki pegal di atas, Anda juga perlu tahu bagaimana cara mengatasi kondisi ini sendiri di rumah, seperti:

 

1. Istirahat

Langkah yang paling utama untuk diambil saat merasa nyeri dan pegal pada telapak kaki adalah dengan beristirahat. Anda pun perlu mengurangi aktivitas-aktivitas yang sekiranya dapat memicu rasa sakit tersebut timbul.

Saat beristirahat, Anda pun bisa mengambil posisi berbaring yang nyaman. Kemudian angkat kaki yang terasa sakit selama beberapa saat, kemudian turunkan Kembali. Ulangi Gerakan ini untuk membantu relaksasi ketegangan pada otot dan saraf kaki Anda.

 

2. Kompres Dingin atau Hangat

Langkah selanjutnya, Anda pun bisa mengompres kaki menggunakan air hangat atau dingin. Menggunakan kompres air hangat akan membantu melonggarkan otot yang menegang karena kelelahan dan penggunaan yang berlebihan. Sementara kompres dingin akan meredakan peradangan dan mencegah terjadinya pembengkakan pada kaki Anda.

 

3. Pijat Kaki

Tak ada langkah yang lebih melegakan dari memberikan pijatan pada telapak kaki yang pegal. Memijat kaki pun diketahui dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan ketegangan pada otot, melancarkan peredaran darah, serta memberikan sensasi relaksasi pada telapak kaki Anda.

 

4. Latihan Peregangan

Rasa pegal pada kaki bisa terjadi ketika Anda tidak aktif bergerak sebelumnya. Sehingga saat dalam kondisi tertentu Anda harus menggunakan kaki untuk bergerak lama, seperti berjalan jauh, rasa pegal dan nyeri akan sangat terasa.

Karena itu, untuk membuat kaki lebih sehat dan fleksibel Anda bisa melakukan latihan peregangan. Tak perlu langsung latihan yang sulit untuk dipraktekkan, pilih yang ringan dan sesuai dengan kemampuan tubuh Anda terlebih dahulu.

 

5. Gunakan Sepatu yang Tepat

Cara mengatasi telapak kaki yang pegal selanjutnya adalah dengan menggunakan sepatu yang tepat dan nyaman. Kini ada banyak sekali jenis sepatu yang bisa Anda pilih, selalu prioritaskan desain yang nyaman untuk aktivitas harian Anda.

 

6. Gunakan Insole atau Orthotic

Untuk membuat alas kaki Anda lebih nyaman, selalu gunakan insole atau foot orthosis untuk menopang kaki. Penggunaan benda ini akan membantu memberikan sedikit control Gerakan dan input sensori. Sehingga terbukti efektif untuk membuat Anda merasa lebih nyaman saat berjalan karena rasa nyerinya berkurang.

 

7. Pertahankan Berat Badan Ideal

Karena obesitas bisa menimbulkan rasa lelah, nyeri, dan cedera pada kaki. Karenanya, pastikan untuk menjaga berat badan ideal dengan menerapkan gaya hidup yang sehat, memilih menu makan yang sehat dan real food, dan rajin berolahraga.

 

8. Menggunakan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On

Finally, Anda dapat menggunakan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On untuk meredakan rasa nyeri dan pegal pada telapak kaki. Kombinasi camphor, methyl salicylate, menthol, dan patchouli oil-nya akan memberikan rasa panas yang menyebar pada permukaan kulit dan merasuk hingga ke dalam telapak kaki Anda.

Akibatnya ketegangan otot akan berkurang, rasa nyeri dan peradangan pun akan lebih baik, serta memberikan sensasi nyaman pada rasa pegal yang dialami.

 

 

Lebih baiknya lagi, Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On hadir dengan kemasan yang simple dan praktis. Sehingga mudah digunakan dan disimpan, Anda dapat menggunakannya sebagai senjata rahasia saat nyeri otot dan sendi menyerang!

 

Baca Juga: Tips Meredakan Pegal Telapak Kaki

 

Menarik, kan? Yuk, segera beli Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On sekarang juga!

 

Sumber:

  1. Penyebab Telapak Kaki Sakit Beserta Cara Mengatasinya. Siloam Hospital. Diakses 2024
  2. Telapak Kaki Sakit, Inilah Berbagai Penyebabnya. Alodokter. Ditinjau oleh dr. Robby Firmansyah Murzen. Diakses 2024
  3. Arch Pain / Arch Strain. Bloomfield Foot Specialists. Diakses 2024
  4. Dr Scholls. The Facts On Tired, Achy Feet. Diakses 2024
  5. Foot Orthosis (Insole) : Terlihat Sederhana Dengan Manfaat Luar Biasa. Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar