Tips Meredakan Pegal Telapak Kaki

Selasa, 13 Agustus 2024 | Safecare Admin



meredakan-pegal-telapak-kaki

Meski terdengar sepele, telapak kaki yang terasa pegal tentu akan mengganggu kenyamanan aktivitas Anda. Apalagi, rasa pegal ini tak jarang timbul sangat intens di malam hari, sehingga mengganggu kualitas tidur. Nah, lantas apakah ada tips meredakan pegal di telapak kaki yang ampuh?

Bagi seseorang dengan aktivitas harian yang tinggi, Anda tentu tak asing dengan rasa pegal dan nyeri pada telapak kaki. Well, kondisi ini pun dapat terjadi pada siapa saja dan memiliki faktor penyebab yang beragam.

Selain karena kelelahan, pegal pada telapak kaki pun bisa dipicu oleh banyak penyebab lain seperti cedera saat berolahraga, peradangan, obesitas, hingga masalah kesehatan tertentu.

Namun, saat rasa pegal di telapak kaki muncul, Anda tak perlu panik dan memikirkan kemungkinan terburuk terlebih dahulu. Melainkan cobalah untuk bersikap tenang dan terapkan beberapa tips meredakan pegal pada telapak kaki berikut ini:

 

1. Mengistirahatkan Kaki

Tips mengatasi rasa pegal di telapak kaki pertama adalah beristirahat. Anda dapat membatasi aktivitas harian Anda, sehingga tidak memperburuk kondisi telapak kaki.

Pastikan Anda beristirahat dalam posisi berbaring yang nyaman, kemudian luruskan seluruh tungkai kaki di permukaan datar dan berikan pijatan perlahan.

Setelah itu, Anda juga dapat mengangkat kaki yang sakit ke atas. Kemudian turunkan kembali dengan perlahan, lalu ulangi beberapa kali.

 

2. Kompres Dingin

Selanjutnya, Anda dapat mengompres telapak kaki menggunakan es untuk menghilangkan rasa pegal. Tips ini juga akan membantu meredakan peradangan dan mencegah pembengkakan pada kaki Anda.

Cara mengompres dingin telapak kaki pun cukuplah mudah. Anda hanya perlu membungkus es batu menggunakan handuk bersih, kemudian kompreskan ke bagian yang sakit selama 20 menit.  Anda dapat mengulangi langkah ini setiap 2–3 jam sekali untuk mendapatkan efek yang maksimal.

 

3. Rendam Kaki dalam Air Hangat

Selain mengompres telapak kaki menggunakan es batu, Anda juga bisa meredakan rasa pegal dengan merendam kaki dalam air hangat. Seperti yang Anda ketahui, air hangat dapat memberikan sensasi melegakan dan mengurangi ketegangan pada otot-otot kaki. Sehingga rasa nyeri dan pegal pada telapak kaki pun dapat berkurang dengan signifikan.

Tips meredakan pegal pada telapak kaki ini juga sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu menyiapkan bak dan diisi dengan air hangat dengan suhu yang pas.

Kemudian rendam kaki selama 5–0 menit, untuk membuat otot-otot kaki menjadi lebih rileks. Anda pun bisa menambahkan garam Epsom ke dalam baskom untuk menambah efektivitasnya pada telapak kaki Anda.

Penggunaan garam Epsom ini pun sudah sangat umum dilakukan di rumah-rumah spa, khususnya untuk merawat kecantikan dan Kesehatan kaki.

 

4. Pijat Kaki

Setelah merendam kaki, Anda bisa memberikan perawatan tambahan pada telapak kaki yang pegal lewat pijatan lembut. Gunakan minyak zaitun atau krim pijat untuk membantu mempermudah memijat kaki. Anda juga bisa memilih jenis minyak atsiri yang memiliki manfaat anti radang dan anti nyeri yang dapat mengurangi rasa pegal tersebut.

Lakukan pemijatan ini selama 2–5 menit per hari, ya. Ingat, jangan menggunakan tekanan yang terlalu keras untuk menghindari risiko terjadinya cedera pada kaki Anda.

 

5. Peregangan dan Latihan

Banyak orang yang beranggapan bahwa mereka tidak perlu melakukan latihan atau olahraga ketika merasa lelah. Padahal, anggapan tersebut tidaklah tepat. Sebab, peregangan dan latihan justru sangat penting untuk memulihkan kebugaran dan kesehatan kaki Anda.

Melansir dari Halodoc.com, berikut ini ada beberapa latihan peregangan yang dapat Anda lakukan, seperti:

  1. Melakukan latihan jari kaki sebanyak sepuluh kali. Caranya, tekuk jari-jari kaki, kemudian luruskan, lalu tekuk Kembali setelah beberapa detik.
  2. Melakukan pemanasan dengan posisi duduk dan kaki direntangkan. Kemudian gerakkan jari-jari kaki Anda dengan menekuk dan melepaskannya. Lalu gerakkan pergelangan kaki Anda searah jarum jam, juga berlawanan arah jarum jam.
  3. Selanjutnya, terus regangkan kaki Anda secara perlahan dengan menggeser beban dari tumit ke jari kaki. Lakukan secara bergiliran, dengan mengangkat bagian depan dan belakang kaki dari lantai. Latihan ini dapat Anda lakukan dalam posisi berdiri.

 

6. Gunakan Sepatu yang Tepat

Tahukah Anda, bahwa sepatu yang Anda bisa menjadi penyebab utama dari timbulnya rasa pegal pada telapak kaki hingga menimbulkan berbagai masalah kesehatan lainnya. Karenanya, penting bagi Anda untuk memilih dan menggunakan sepatu yang tepat.

Berikut ini, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat memilih sepatu agar telapak kaki tidak gampang lelah dan cedera, yakni:

  • Membeli sepatu pada sore atau malam hari: menurut klikdokter.com ukuran kaki di waktu ini akan sedikit membesar dibanding saat pagi hari. Karenanya, Anda dapat menghindari untuk membeli sepatu yang terlalu sempit untuk digunakan.
  • Perhatikan Ukuran Hak Tinggi: penggunaan sepatu hak tinggi bisa berpengaruh pada postur tubuh, membuat tumit dan telapak kaki mudah pegal. Karenanya, Anda bisa memilih sepatu berhak yang tidak melebih 2.5 cm tingginya.
  • Perhatikan desain sepatu: Anda juga perlu memperhatikan bagaimana desain dan bentuk dasar sepatu tersebut. Gunakan sepatu dengan alas dasar yang sesuai lengkung kaki, yang dapat membuat pergerakan lebih nyaman dan mengurangi rasa pegal yang mengganggu.
  • Sesuaikan ukuran sepatu dengan nomor kaki Anda: cara ini adalah yang paling mendasar dan wajib untuk Anda lakukan ketika membeli sepatu baru.
  • Coba langsung sepatu Anda untuk mengetahui kecocokannya dengan kaki Anda. Juga coba bandingkan kenyamanan sepatu dengan Anda menggunakan atau tidak mengenakan kaos kaki.

 

7. Gunakan Insole atau Orthotic

Keberadaan insole atau orthic sangat berperan besar terhadap kenyamanan kaki Anda ketika menggunakan sepatu atau high heelsInsole akan membantu mencegah ketegangan lengkungan kaki, membuat pergerakan jadi lebih nyaman, serta mengurangi rasa nyeri dan pegal yang Anda rasakan.

 

8. Latihan Menguatkan Otot Kaki

Selain melakukan peregangan di atas, Anda pun dapat melakukan latihan penguatan otot kaki untuk meredakan rasa pegal pada telapak kaki. Ada beberapa jenis latihan otot kaki yang bisa Anda terapkan di rumah, seperti:

  • Lunges, yang dilakukan menggunakan kedua kaki secara bersamaan untuk menahan berat tubuh. Manfaatnya dapat memperkuat otot bagian kaki, mengencangkan bokong, dan mengecilkan paha.
  • Deadlift, yang membantu menguatkan otot tungkai dan kaki. Gerakan ini juga sangat bermanfaat untuk mengencangkan bagian bokong.
  • Side leg raises, yang memperkuat otot tubuh bagian bawah dan meningkatkan keseimbangan tubuh.
  • Calf raises, latihan ini sangat bagus untuk meningkatkan kekuatan kaki dan betis. Serta dapat membantu membuat keseimbangan tubuh jadi lebih baik dan mengurangi risiko terjadinya cedera.

Selain beberapa contoh di atas, sebenarnya ada banyak jenis latihan yang dapat membantu memperkuat otot kaki. Namun, sangat penting bagi Anda mempertimbangkan kondisi tubuh saat memilih jenis latihan yang tepat. 

Pastikan juga untuk tidak melakukan latihan yang berat sebagai permulaan. Lakukan secara bertahap dan santai agar rasa pegal serta nyeri pada telapak kaki tidak bertambah parah.

 

9. Menggunakan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On

Last but not least, cara meredakan rasa pegal pada telapak kaki bisa Anda lakukan menggunakan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On. Sebab, minyak angin khas Indonesia ini hadir dengan bahan-bahan herbal premium yang dapat mengurangi rasa pegal dan nyeri pada kaki.

Bahan-bahan tersebut adalah camphor, menthol, methyl salicylate, dan patchouli oil. Semuanya bekerja sangat efektif untuk membuat otot yang tegang menjadi lebih rileks, membantu memberikan rasa panas yang melegakan ke kulit hingga masuk ke persendian Anda.

 

 

Selain itu cara menggunakan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On juga sangatlah mudah, yaitu:

  1. Oleskan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On pada atas telapak kaki Anda yang terasa pegal dan nyeri.
  2. Rasakan kehangatan yang mulai timbul dan berikan pijatan halus pada telapak kaki Anda. Kombinasi pijatan dan Safe Care akan menambah relaksasi otot kaki dan mengurangi rasa pegal serta tak nyaman dari telapak kaki.

Nah, melihat keunggulan dan kemudahan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On, kamu pasti setuju kalau produk ini sangat penting untuk ada di rumahmu.

Langsung beli Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On di toko atau swalayan terdekat dari rumah Anda. Atau, Anda juga bisa membeli varian produk Safe Care ini lewat lapak online kesayangan seperti Shopee, Blibli, hingga Tokopedia.

 

Sumber:

  1. 6 Latihan Otot Kaki untuk Membentuk dan Menguatkan Otot. Alodokter. Ditinjau oleh dr. Airindya Bella. Diakses 2024
  2. Tips Memilih Sepatu yang Tepat dan Sehat. Klik Dokter. Ditinjau oleh dr. Arina Heidyana. Diakses 2024

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar