Cara Memijat Telapak Kaki Sendiri Dengan Mudah

Selasa, 13 Agustus 2024 | Safecare Admin



cara-memijat-telapak-kaki

Setelah seharian beraktivitas, sangat wajar bila tubuh dan kaki terasa pegal. Kalau sudah begini, memijat telapak kaki bisa memberikan sensasi yang melegakan dan memanjakan. Tapi tahukah Anda, bagaimana cara memijat telapak kaki sendiri dengan benar di rumah?

Rasa pegal pada telapak kaki bisa dipicu banyak hal, tak hanya kelelahan karena aktivitas harian yang padat. Ada yang terjadi karena cedera, menggunakan sepatu tak nyaman, hingga gejala penyakit persendian hingga asam urat.

Karenanya untuk memijat telapak kaki pun tidak bisa sembarangan Anda lakukan. Perhatikan langkah yang tepat agar tidak memperburuk rasa nyeri pada kaki, atau justru membuat otot yang tegang makin bengkak.

Nah, dalam artikel ini kita akan membahas secara lengkap mengenai bagaimana cara memijat telapak kaki sendiri. Penasaran? Baca terus sampai habis, ya, Safeian!

 

Persiapan

Sebelum memulai langkah-langkah memijat telapak kaki, Anda perlu menyiapkan beberapa hal berikut ini:

 

1. Cari Tempat yang Nyaman

Pertama Anda harus menyiapkan tempat yang nyaman. Anda bisa menyiapkan matras yang empuk atau kursi yang nyaman, sehingga dapat membantu membuat tubuh sepenuhnya menjadi rileks. 

Pastikan juga ruangan tersebut bersih dan memiliki sirkulasi udara yang baik agar menambah rasa nyaman Anda.

 

2. Gunakan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On

Selanjutnya, untuk membuat proses pemijatan makin lembut dan menyenangkan, Anda bisa menggunakan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On. Sebab, minyak angin Safe Care ini dapat memberikan rasa panas di kulit, yang dapat menyebar dan merasuk ke dalam kaki Anda untuk menenangkan ketegangan otot.

 

 

Selain itu, tekstur Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On juga tidak lengket di kulit. Sehingga akan tetap nyaman Anda gunakan dan tidak memerlukan membilas kaki lagi setelah proses pemijatan.

Kandungan menthol, camphor, methyl salicylate, dan patchouli oil dalam varian Safe Care ini dapat bekerja sebagai anti nyeri dan pereda rasa pegal pada telapak kaki Anda.

Ditambah aroma citrus-nya yang khas, Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On juga mampu meredakan rasa penat pada kepala dan membuat pernapasan Anda terasa lebih lega. Hal ini juga sangat membantu mengurangi rasa stres setelah seharian menangani beban kerja yang melelahkan.

Selain itu, aplikasi Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On juga sangatlah mudah. Anda tak perlu mencampurnya dengan bahan-bahan lain, melainkan langsung mengoleskannya pada bagian yang terasa pegal dan nyeri. Dan voila! Rasa hangatnya akan langsung terasa.

 

Langkah-langkah Memijat Telapak Kaki

Setelah selesai dengan persiapan, selanjutnya Anda bisa menerapkan langkah-langkah memijat telapak kaki dengan benar berikut ini:

 

1. Pemanasan

Melansir dari Medicalnewstoday.com Anda dapat memulai pemijatan telapak kaki dengan melakukan Gerakan memutar. Berikut cara melakukannya, Safeian.

  • Letakkan telapak tangan di kedua sisi kaki Anda.
  • Lalu tarik perlahan kaki Anda ke sisi depan, sementara mendorong kaki kiri ke sisi belakang.
  • Selanjutnya dorong kembali kaki kiri ke depan, sementara geser kaki kanan ke belakang.
  • Anda dapat melakukan gerakan memutar ini dengan menggerakkan tangan  dari pergelangan hingga ke jari kaki. 

Pemanasan ini bisa membantu mempersiapkan kaki Anda untuk melakukan tahap pemijatan selanjutnya.

 

2. Pijat dengan Ibu Jari

Kemudian lakukan pemijatan telapak kaki ini dengan menggunakan ibu jari, berikan tekanan secara lembut pada mulanya, kemudian tingkatkan intensitasnya secara bertahap untuk melancarkan sirkulasi darah di telapak kaki Anda. 

Berikut langkah memijat telapak kaki dengan ibu jari:

  1. Mulailah dengan gerakan yang ringan dan lembut dari jari kaki, telapak kaki, hingga ke pergelangan.
  2. Anda bisa memijat setiap jari kaki menggunakan jempol dan telunjuk tangan dengan gerakan melingkar.
  3. Selanjutnya Anda dapat menarik jempol kaki ke kanan dan ke kiri selama 1–2 menit.
  4. Kemudian genggam semua jari kaki kiri, kemudian tekuk ke arah telapak kaki dan punggung kaki secara bergantian. 
  5. Setelah itu, Anda bisa menekan seluruh permukaan telapak kaki dan goyangkan secara dengan lembut.

 

3. Tekanan pada Titik-titik Refleksi

Selanjutnya untuk membuat otot-otot telapak kaki yang pegal menjadi lebih rileks, Anda bisa memfokuskan tekanan pijat pada titik-titik refleksi. 

Melansir dari Siloamhospitals.com, ada 8 titik refleksi pada kaki yang memiliki fungsi tersendiri, yakni:

  1. Ujung jempol kaki: berhubungan dengan otak serta kelenjar-kelenjar otak. Sehingga dapat meningkatkan fungsi otak dan mengatur hormone stress.
  2. Antara jempol kaki dan jari telunjuk: meringankan nyeri pada area wajah, sinus, serta dagu.
  3. Pangkal jempol kaki: dapat membantu menurunkan tekanan darah.
  4. Antara jari manis dan kelingking: titik refleksi ini dipercaya bisa membantu mengurangi episode migrain.
  5. Titik pada tumit kaki: yang bisa membantu meredakan rasa pegal-pegal pada bagian betis.
  6. Sisi kaki bagian atas tumit: yang membantu meredakan pegal dan rasa tak nyaman pada area pinggul Anda.
  7. Telapak kaki: dipercaya berhubungan dengan berbagai organ pencernaan. Sehingga pijatan di titik ini dipercaya dapat membantu meningkatkan aliran darah ke organ tersebut.
  8. Pergelangan kaki belakang: yang bisa membantu mengurangi tekanan berlebihan pada area tendon achilles.

 

4. Menggunakan Bola atau Roller

Selain menggunakan jempol tangan Anda secara langsung, Anda juga bisa menggunakan bola atau roller untuk memijat telapak kaki. 

Karena telapak kaki sering kali tertekan, apalagi saat Anda menggunakan sepatu hak tinggi. Tentu bagian kaki ini akan cenderung terasa pegal dan nyeri.

Nah, Anda dapat mengatasinya dengan melakukan pijatan yang lembut namun memiliki tekanan yang cukup kuat dari roller. Selain itu, karena biasanya juga hadir dengan fitur portable dan digunakan manual, Anda bisa menyesuaikan tekanannya dengan preferensi pribadi Anda.

 

5. Peregangan Jari Kaki

Selanjutnya lakukan peregangan jari kaki. Untuk melakukannya, Anda bisa memegang kaki dengan satu tangan. Sementara tangan lainnya menarik perlahan jari kaki ke luar, kemudian putar dengan lembut ke satu sisi ke sisi lainnya.

Teknik ini sangat bagus untuk meredakan ketegangan yang terjadi pada otot-otot jari kaki kecil Anda.

 

6. Pijat Tumit dan Lengkung Kaki

Tumit dan lengkung kaki juga sangat rawan merasa pegal, apalagi kalau Anda tidak menggunakan sepatu yang nyaman dan tanpa sol. 

Lengkungan kaki umumnya menjadi titik ketegangan. Jadi Anda bisa menggunakan buku-buku jari tangan untuk memijat daerah ini, tekan dan lepaskan untuk menghilangkan ketegangan otot pada area lengkung kaki.

Sementara itu, tumit umumnya menyerap banyak benturan setiap langkah. Anda juga bisa menggunakan buku-buku jari tangan dan membuat gerakan memutar pada tumit.

Teknik ini sangat bermanfaat untuk Anda yang mengalami nyeri tumit atau plantar fasciitis, serta memberikan kelegaan instan untuk nyeri kaki Anda.

 

Itu adalah 6 langkah memijat telapak kaki sendiri yang bisa Anda terapkan di rumah. Mudah, bukan?

Jangan lupa untuk menggunakan Safe Care Aromatherapy Strong Roll On untuk memaksimalkan efek relaksasi pada telapak kaki. Rasa panasnya yang menyegat akan menyebar dan masuk hingga ke dalam untuk membantu melegakan ketegangan otot, serta meningkatkan rasa nyaman saat dipijat.

 

Baca Juga: Tips Meredakan Pegal Telapak Kaki

 

Selain itu, aromanya yang segar dari perpaduan patchouli oil dan citrus bisa memberikan efek menenangkan serta meredakan stres Anda. Sangat cocok untuk menemani waktu memanjakan diri lewat foot spa dan massage rumahan yang Anda lakukan.

Bagaimana? Tertarik menggunakan Safe Care Aromatherapy Strong Roll On untuk memijat telapak kaki Anda? Langsung beli produknya di toko terdekat dari rumah Anda, ya!

 

Sumber:

  1. 5 Cara Refleksi Kaki Berdasarkan Manfaatnya bagi Tubuh. Alodokter. Ditinjau oleh dr. Gracia Fensynthia. Diakses 2024
  2. Foot massage techniques and benefits. Medical News Today. Medically reviewed by Debra Rose Wilson, Ph.D., MSN, R.N., IBCLC, AHN-BC, CHT. Diakses 2024
  3. How to Massage Your Feet. Clark Podiatry Center. Dr. Brandon A. Macy. Diakses 2024
  4. How to Massage Your Own Feet: Ultimate Guide. Spa Theory Inc. Diakses 2024

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar