Apa Penyebab Pergelangan Kaki Sakit Saat Jalan?

Selasa, 13 Agustus 2024 | Safecare Admin



penyebab-pergelangan-kaki-sakit-saat-jalan

Pergelangan kaki yang sakit tentu akan mengganggu produktivitas harian Anda. Bahkan, jika terjadi di malam hari akan mengganggu waktu istirahat dan membuat tubuh tak mendapatkan cukup energi untuk aktivitas keesokan harinya. Lantas, memangnya apa penyebab pergelangan kaki sakit saat jalan ini?

Pergelangan sakit saat jalan merupakan masalah yang sangat umum, serta dapat dialami oleh siapa saja. Apalagi kalau Anda adalah seseorang yang memiliki aktivitas fisik yang tinggi, yang memungkinkan Anda menggunakan kaki secara aktif.

Kondisi pergelangan yang sakit atau nyeri ini pun dapat terjadi karena berbagai hal. Mulai dari overuse, cedera, hingga menjadi gejala masalah kesehatan tertentu.

Karena penyebabnya yang juga beragam, penanganannya pun tak boleh sembarangan. Anda harus mengerti bagaimana kondisi pergelangan kaki Anda dengan baik, sehingga dapat memberikan perawatan yang tepat.

Oleh sebab itu, Safe Care merangkumkan berbagai penyebab pergelangan kaki sakit saat jalan dalam artikel berikut ini. Keep reading, Safeian!

 

Penyebab Pergelangan Kaki Sakit Saat Jalan

Pergelangan kaki sakit atau nyeri saat berjalan merupakan keluhan yang sangat umum. Beberapa faktor yang menjadi penyebab munculnya rasa sakit pada pergelangan saat digunakan jalan antara lain:

 

1. Cedera

Salah satu penyebab utama dari pergelangan kaki yang sakit adalah cedera. Kondisi ini dapat terjadi karena banyak hal, termasuk salah memilih alas kaki, postur tubuh yang tidak tepat saat berolahraga angkat beban, latihan yang terlalu intens, dan banyak lainnya.

Secara umum, jenis cedera yang dapat berdampak pada pergelangan kaki Anda antara lain:

 

Keseleo

Dikenal juga dengan nama terkilir, keseleo merupakan jenis cedera yang terjadi pada ligamen dan umumnya disebabkan karena aktivitas fisik. Keseleo terjadi Ketika ligamen mengalami peregangan berlebihan atau robek. Sehingga menyebabkan rasa nyeri, bengkak, memar, dan membuat pergerakan pergelangan kaki menjadi terbatas.

Cedera pergelangan kaki akibat keseleo pun bisa bersifat ringan hingga serius, bergantung dari seberapa besar pengaruh cedera pada kerusakan ligamen.

 

Fraktur

Fraktur merupakan kondisi saat hubungan atau kesatuan jaringan tulang terputus, yang meliputi retakan kecil pada tulang hingga benar-benar patah. Kondisi ini jika terjadi pada pergelangan kaki disebut sebagai ankle fracture.

Jenis cedera ini memungkinkan tulang-tulang di sekitar pergelangan tak tau patah, sehingga mengakibatkan sendi bergeser dari posisi normal. 

Jika cedera bersifat ringan, maka Anda dapat mengalami peradangan tendon. Pada dasarnya tingkat keparahan ankle fracture sendiri sangat beragam. 

Namun, patah tulang pada pergelangan kaki bisa masuk ke dalam kategori yang parah. Sehingga berkemungkinan besar akan menimbulkan rasa nyeri dan membuat Anda tidak mampu melakukan kegiatan harian Anda secara normal.

 

2. Penggunaan Berlebihan (Overuse)

Penyebab pergelangan kaki terasa sakit dan nyeri saat digunakan jalan selanjutnya adalah overuse, atau penggunaan berlebihan pada kaki Anda. Karenanya jenis cedera ini sangat umum terjadi pada kalangan atlet lari, pesepeda, dan orang yang memiliki aktivitas dan mobilitas yang tinggi. 

Overuse akan menimbulkan beberapa masalah pada area pergelangan kaki Anda, seperti:

 

Tendinitis

Tendinitis merupakan kondisi timbulnya peradangan pada area tendon, dalam hal ini di bagian pergelangan kaki disebut sebagai achilles tendinitis.

Kondisi ini dapat menyebabkan iritasi dan pembengkakan pada satu atau lebih tendon. Sehingga ketika Anda menggerakkan pergelangan kaki, otot akan terasa sakit dan dapat mengganggu pergerakan Anda. 

Achilles tendinitis pun umumnya terjadi karena gerakan melompat dan lari yang repetitif, seperti yang dilakukan saat bermain basket, bulu tangkis, atau olahraga sejenis lainnya.

 

Stres Fraktur

Selanjutnya, stress faktur adalah retakan kecil pada tulang, yang terjadi karena akumulasi kerusakan pada tulang ketika terjadi benturan berulang kali pada area yang sama. Kondisi ini terjadi saat otot menjadi lelah dan tidak menyerap guncangan tambahan akibat aktivitas yang berlebihan.

Sehingga rasa sakit yang dihasilkan pun akan berbeda dengan kondisi cedera lain, karena rasa sakitnya akan meningkat selama latihan dan menghilang ketika Anda beristirahat.

 

3. Arthritis

Arthritis merupakan kondisi pembengkakan dan nyeri yang terjadi pada satu sendi atau lebih. Kondisi ini juga dapat terjadi pada pergelangan kaki dan menimbulkan rasa sakit pada kaki Ketika digunakan jalan.

Arthritis sendiri memiliki dua jenis yang sangat umum dialami masyarakat, yakni:

 

Osteoarthritis

Pertama, osteoarthritis yang memengaruhi lapisan tulang rawan sendi. Sehingga menyebabkan rasa nyeri dan kesulitan bergerak pada pengidapnya. 

Jenis arthritis ini pun sering terjadi pada orang paruh baya, khususnya yang berada di akhir usia 40 tahunan atau lebih tua.

 

Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis merupakan jenis penyakit autoimun, dimana sistem imun Anda akan menyerang sel-sel dalam sendi Anda secara tidak sengaja. Sehingga membuat pergelangan kaki Anda sendi menjadi bengkak, kaku, dan nyeri. Dalam jangka waktu Panjang, hal ini dapat merusak sendi, tulang rawan, dan tulang di sekitarnya.

 

4. Plantar Fasciitis

Merupakan penyebab yang sangat umum dari rasa sakit di pergelangan kaki. Plantar fasciitis ini timbul karena terdapat peradangan pada jaringan ikat di bagian bawah tumit dan telapak kaki.

Rasa nyeri yang terjadi pada plantar fasciitis ini umumnya terasa di pagi hari dan begitu intens, setiap Anda berjalan. 

 

5. Gout

Gout (asam urat) merupakan jenis arthritis yang cukup umum dan kompleks, yang dapat terjadi pada siapa saja. Gejala Utama dari Gout adalah timbulnya rasa nyeri secara tiba-tiba dan intens, pembengkakan, dan kemerahan, yang terjadi pada satu atau beberapa sendi.

Asam urat sendiri juga sangat sering terasa di pergelangan kaki. Nyeri karena asam urat ini pun dapat muncul di malam hari, sehingga dapat mengganggu waktu istirahat Anda.

 

6. Masalah Postur atau Sepatu

Selain masalah-masalah kesehatan di atas, postur tubuh yang salah dan penggunaan sepatu yang tidak tepat juga bisa memicu rasa sakit pada pergelangan kaki Anda.

Menurut Klikdokter.com, berikut ini beberapa postur tubuh yang bisa Anda terapkan saat berjalan kaki dengan tepat, seperti:

  • Menjaga tulang belakang Anda untuk selalu lurus, posisikan tubuh Anda tegap.
  • Kemudian ambil Langkah senyaman mungkin.
  • Gerakkan juga tangan Anda seirama dengan Langkah kaki.
  • Perhatikan juga posisi kepala agar selalu lurus dan tidak menunduk.

Sementara itu, Anda juga bisa memilih sepatu yang nyaman digunakan, memiliki hak yang tidak terlalu tinggi, namun juga terdapat sol yang membuat berjalan jadi tidak mudah lelah.

 

Cara Pencegahan Pergelangan Kaki Pegal

Setelah menyimak apa saja penyebab pergelangan kaki sakit di atas, ada banyak kemungkinan yang membuat rasa tidak nyaman pada kaki Anda.

Namun, tak perlu khawatir. Sebab Anda bisa menerapkan beberapa cara pencegahan pergelangan kaki pegal berikut ini:

1. Pijat Ringan dengan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On

Pijat setelah berolahraga bisa memberikan banyak manfaat, termasuk menghalau rasa pegal dan nyeri otot pada pergelangan kaki.

Sebagai pendamping pijat, Anda bisa menggunakan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On yang dapat memberikan sensasi panas nan melegakan di kaki Anda. 

Berkat kombinasi camphor, menthol, methyl salicylate, dan patchouli oil, minyak angin Safe Care ini sangat efektif untuk meredakan rasa pegal, nyeri otot dan sendi akibat olahraga atau aktivitas harian yang padat.

Aroma citrus-nya yang khas pun dapat memberikan kesegaran, membantu melepas stres dan meningkatkan mood Anda, setelah seharian bekerja keras.

Cara menggunakan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On juga sangat mudah, berikut panduannya:

  1. Oleskan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On langsung pada pergelangan kaki yang terasa sakit.
  2. Pijat secara perlahan untuk memaksimalkan efek relaksasi pada otot pergelangan kaki, serta rasakan sensasi panas yang nyaman menyebar dan merasuk pada kaki Anda.

 

2. Peregangan dan Latihan Penguatan

Untuk mencegah terjadinya cedera di masa mendatang, Anda juga bisa rutin melakukan peregangan dan latihan penguatan secara teratur. Latihan ini pun terbilang sangat mudah, Anda tidak membutuhkan alat olahraga khusus dan tak akan menyita terlalu banyak waktu Anda.

Beberapa jenis latihan peregangan dan penguatan untuk pergelangan kaki yang bisa dilakukan antara lain:

  • Melakukan gerakan towel stretch, peregangan menggunakan handuk. Caranya duduk di lantai dengan lutut sedikit ditekuk, kemudian lingkarkan i ujung kaki. Kemudian tarik handuk perlahan hingga terasa tarikan di tumit dan betis. Tahan posisi selama 30 detik, lalu lepaskan dengan durasi yang sama. Ulangi sebanyak enam kali sehari untuk tiap sisi kaki.
  • Calf raise, yang berguna untuk meregangkan otot-otot pergelangan kaki. Caranya Anda perlu berdiri tegak sambal memegang sandaran kursi sebagai tumpuan. Angkat tumit kiri dan dorong ke atas menggunakan ujung kaki. Kemudian angkat kaki kanan ke belakang hingga menggantung di atas permukaan lantai. Turunkan keduanya kaki. Lalu ulangi gerakan itu Kembali, bergantian antar-kedua sisi kaki.
  • Standing heel raises, yang dilakukan dengan cara berdiri tegak sambil memegang sandaran kursi. Buka kaki lebih lebar dari bahu, angkat satu tumit dan pertahankan jari-jari kaki di lantai. Kemudian turunkan secara perlahan, lalu ulangi pada kaki lainnya. Ulangi latihan ini beberapa kali.

 

3. Gunakan Sepatu yang Tepat

Selanjutnya, sangat penting untuk menggunakan alas kaki yang tepat dan nyaman sebagai penggunaan sehari-hari. Pilih sepatu yang tidak terlalu sempit atau besar, sehingga tidak akan melukai kulit, ataupun membuat sendi-sendi dan otot terasa tegang.

 

4. Hindari Aktivitas Berat

Cara mencegah pergelangan kaki agar tidak pegal dan sakit selanjutnya adalah menghindari aktivitas berat. Jika Anda olahraga dengan angkat beban atau lari, perhatikan kondisi tubuh dan baiknya tidak memaksakan diri. Terapkan juga postur yang baik, sehingga dapat meminimalisir terjadinya cedera pada pergelangan kaki.

 

 

Selain itu, jangan lupa untuk selalu sedia Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On sebagai pertolongan pertama di rumah. Minyak angin Safe Care ini dapat Anda gunakan untuk memijat bagian tubuh yang terasa pegal, meredakan nyeri sendi dan otot, hingga mengurai ketegangan otot.

 

Baca Juga: Cara Meredakan Pergelangan Kaki Sakit Saat Berjalan

 

Kemasannya yang travel friendly pun memudahkan Anda untuk membawa dan menyimpannya di mana saja. Berkat teknologi roll on-nya, Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On juga sangat mudah diaplikasikan kapanpun Anda membutuhkannya.

Bagaimana? Sudah punya Safe Care Minyak Angin Aromatherapy Strong Roll On di rumah?

 

 

Sumber:

  1. Pegal pada Kaki Bukan Kelelahan, Waspada Asam Urat. Halodoc. Ditinjau oleh dr. Gabriella Florencia. Diakses 2024.
  2. Ankle pain. MedlinePlus. Updated by: C. Benjamin Ma, MD, Professor, Chief, Sports Medicine and Shoulder Service, UCSF Department of Orthopaedic Surgery, San Francisco, CA. Also reviewed by David C. Dugdale, MD, Medical Director, Brenda Conaway, Editorial Director, and the A.D.A.M. Editorial team. Diakses 2024.
  3. Ankle Pain. Cleveland Clinic. Diakses 2024
  4. Tendinitis. Alodokter. Ditinjau oleh dr. Pittara. Diakses 2024
  5. Patah Pergelangan Kaki (Ankle Fracture). Hello Sehat. Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri. Diakses 2024
  6. Rheumatoid arthritis. National Institute for Health and Care Excellence (NICE). Diakses 2024
  7. 5 Jenis Patah Tulang Akibat Stres yang Mungkin Anda Alami. Gleneagles Hospital. Dr Tan Ken Jin (Spesialis Bedah Tulang & Ortopedi). Diakses 2024
  8. Cara Memperkuat Pergelangan Kaki. Klik Dokter. dr. Arina Heidyana. Diakses 2024

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar