Apa Penyebab Gampang Capek dan Lelah? Berikut Solusinya

Jumat, 3 Maret 2023 | Safecare Admin



penyebab badan capek dan lelah

Setiap orang memang memiliki daya tahan tubuh yang berbeda-beda. Sebagian orang memiliki fisik yang lebih kuat sehingga tidak gampang capek, tetapi ada juga orang yang gampang capek. 

 

Badan yang gampang capek, meski tidak melakukan pekerjaan sehari-hari biasanya mengindikasikan kurangnya aktivitas yang sehat. Anda harus mengetahui penyebab gampang capek supaya dapat mengatasinya dengan tepat.

 

Dampak Mudah Capek dan Lelah

 

 

Penyebab badan sering capek dan pegal harus Anda ketahui karena hal ini memiliki dampak negatif bagi Anda. Inilah beberapa dampak negatif dari badan yang mudah capek dan lelah:

 

1. Produktivitas Menurun

 

Kalau gampang capek, tentu saja kegiatan sehari-hari juga jadi terhambat. Pekerjaan yang biasanya bisa Anda lakukan dalam waktu yang cepat jadi membutuhkan waktu yang sedikit lebih lambat karena pergerakan Anda juga jadi terbatas.

Pada akhirnya badan yang gampang capek dan lelah akan membuat produktivitas Anda menurun. Hasil kerja juga tidak sebagus ketika badan anda dalam kondisi yang prima. Secara tidak langsung badan pegal akan sangat mengganggu pekerjaan Anda. 

 

2. Kesehatan Tubuh dan Mental

 

Badan capek dan pegal yang terus dibiarkan begitu saja akan membuat kesehatan tubuh menjadi semakin memburuk. Pada akhirnya bisa membawa penyakit yang lebih serius dan membutuhkan perawatan yang lebih rumit serta biaya yang lebih besar. 

Bukan hanya kesehatan tubuh, kesehatan mental juga dapat terganggu. Kesehatan mental yang terganggu juga akhirnya akan mempengaruhi tubuh Anda sehingga lebih gampang capek dan lelah lagi.

 

Berikut Penyebab Capek dan Lelah

Ada banyak penyebab Anda cepat capek berikut beberapa penjelasannya:

 

1. Kondisi Kesehatan Menurun

 

Kondisi kesehatan memang menjadi faktor utama yang menyebabkan gampang jadi capek dan lemas. Terlalu banyak bekerja, kondisi cuaca yang tidak bersahabat, terlalu banyak menggunakan aktivitas fisik, dan stress bisa membuat kondisi kesehatan Anda menurun.

Kalau kondisi kesehatan menurun, maka Anda bisa saja terus lelah dan capek. Kalau terus dibiarkan, maka bukan tidak mungkin tubuh Anda akan sakit sehingga membutuhkan istriahat yang lebih lama. 

 

2.Kurang atau Kelebihan Aktivitas Fisik

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau kelebihan aktivitas fisik bisa membuat badan jadi gampang lelah dan capek. Badan Anda membutuhkan istirahat dari segala kegiatan fisik kalau anda sudah merasakan capek yang tidak berkesudahan. 

Kelebihan aktivitas fisik memang bisa membuat badan capek, tetapi kekurangan aktivitas fisik juga ternyata bisa membuat badan Anda tidak kalah capeknya. Kekurangan aktivitas fisik akan membuat badan Anda kurang bergerak dan kaku sehingga lebih mudah capek kalau beraktivitas sedikit saja. 

 

3. Kondisi Cuaca

 

Cuaca yang berubah-ubah seperti terlalu dingin, hujan lebat, dan panas terik akan membuat badan Anda lebih gampang terserang penyakit. Hawa yang terlalu dingin atau panas akan membuat badan Anda harus menyesuaikan dengan kondisi sekitar sehingga membuat badan lebih cepat capek. 

 

4. Stress

 

Terkadang tanpa aktivitas fisik yang terlalu berat, Anda tetap bisa merasakan capek dan lelah yang tiada henti pada badan Anda. Kalau hal ini terjadi, penyebabnya bisa jadi karena karena stress yang berkepanjangan.

 

5. Kurang Tidur 

 

Tidur merupakan cara paling efektif untuk mengembalikan tenaga setelah lelah beraktivitas seharian. Kurang tidur berarti kurang istirahat yang akhirnya bisa membuat badan anda terus merasa capek dan pegal. 

 

6. Makanan yang Dikonsumsi Kurang Sehat

 

Sekarang ini, variasi makan sudah cukup banyak. Mulai dari junk food hingga makanan kurang sehat lainnya. Terlalu banyak memakan makanan yang kurang sehat tentu saja bisa membuat berat badan Anda bertambah. Tidak hanya itu, risiko terserang penyakit juga semakin bertambah. Makanya, bukan tidak mungkin badan anda selalu capek karena konsumsi makanan yang kurang sehat. 

 

7. Kurang Minum Air Putih

 

Ada sebuah penelitian yang mengatakan kalau manusia membutuhkan setidaknya 2 liter air setiap harinya. Komposisi tubuh manusia juga sebagian besar terdiri atas air. Kurang minum air putih bisa menjadi penyebab badan yang terus pegal. Maka dari itu, coba periksa berapa banyak air yang anda minum setiap harinya.

 

8. Adanya Penyakit Serius

 

Badan yang terus pegal bisa menjadi indikasi bahwa Anda sedang mengidap penyakit serius. Sebagai tindak pencegahan, sesuai dengan rekomendasi dari alodokter.com Anda bisa mengecek kondisi kesehatan ke fasilitas kesehatan atau dokter yang berpengalaman. Kalau memang terindikasi penyakit serius, Anda bisa melakukan tindak pencegahan dengan lebih cepat.

 

Solusi Mudah Mencegah Gampang Capek

Anda dapat mencoba beberapa solusi berikut ini untuk mengurangi badan yang cepat capek:

 

1. Menjaga Pola Tidur 

 

Manusia membutuhkan tidur setidaknya 6 jam sampai 8 jam dalam sehari. Usahakan Anda memiliki jam tidur yang cukup. Akan lebih baik lagi kalau anda memiliki pola tidur yang konsisten setiap malam sehingga bisa bangun dengan lebih segar. 

 

2. Mengelola Stress

 

Stress menjadi penyebab yang tidak terlihat pada badan pegal dan lemas. Untuk mengatasinya, tentu saja anda harus mengelola stress dengan tepat. Anda bisa berlibur sejenak untuk menghilangkan penat atau mengikuti pelatihan untuk mengelola stress.

Beberapa pelatihan untuk mengelola stress yang bisa Anda lakukan adalah olahraga ringan, mediatasi, melakukan refleksi diri, dan lain sebagainya. Pelatihan ini harus anda lakukan secara konsisten agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. 

 

3. Gunakan Minyak Aromaterapi

 

Anda juga bisa menggunakan minyak aromaterapi saat pertama kali merasakan badan capek untuk membuat badan menjadi lebih rileks. Salah satu Minyak Aromaterapi yang sangat cocok untuk membuat tubuh menjadi lebih santai adalah minyak aromaterapi Safe Care.

 

 

Safe Care terbuat dari bahan herbal dengan aromaterapi yang bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga membuat anda lebih mudah tertidur. Selain itu, minyak aromaterapi Safe Care juga bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. Kalau anda sering mengalami stress, cium aromaterapi dari Safe Care. Oleskan di sekitar hidung dan kepala untuk mengurangi tingkat stress dan oles bagian tubuh yang pegal atau merasakan capek.

 

Itulah beberapa penyebab, dampak, hingga solusi badan yang lelah dan gampang capek. Untuk mengetahui solusi mengatasi capek, anda bisa mempelajari secara lengkap mengenai cara mengatasi capek akibat aktivitas sehari-hari.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar