Cara Mengatasi Capek Aktivitas Sehari-hari

Jumat, 3 Maret 2023 | Safecare Admin



cara mengatasi badan pegal dan capek

Mengalami lelah setelah aktivitas seharian memang sesuatu yang wajar terjadi kepada siapa saja. Namun, Anda harus waspada kalau sudah capek ketika melakukan aktivitas ringan. Anda harus mencari cara untuk mengatasi badan pegal dan capek, meski baru beraktivitas sebentar saja. 

 

Mengatasi badan capek dan pegal memang tidak gampang. Namun, Anda harus menemukan cara mengatasi capek tersebut sebelum akhirnya menghambat aktivitas Anda seharian. Inilah cara mengatasi badan capek dan pegal yang bisa Anda lakukan:

 

1. Tidur yang Cukup

 

Istirahat yang paling efektif untuk mengembalikan energi setelah capek beraktivitas seharian adalah tidur. Dengan tidur, tubuh dapat mengisi tenaga kembali. Tidak ada cara paling efektif untuk mengatasi badan yang capek selain tidur. 

Manusia membutuhkan tidur setidaknya 6 jam sampai 8 jam setiap harinya. Pastikan Anda memenuhi kebutuhan tidur tersebut setidaknya 6 jam sehari agar tubuh tidak mudah kelelahan. Pastikan juga Anda memiliki pola tidur yang teratur. 

Dengan tidur yang cukup dan teratur, tubuh akan lebih segar saat mudah sehingga bisa terhindar dari kelelahan. Kalau Anda kesulitan tidur, maka cobalah untuk melakukan beberapa kegiatan relaksasi sebelum tidur.

 

2. Mengonsumsi Makanan yang Sehat & Bergizi

 

Tubuh juga mendapatkan nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi. Nutrisi dari makanan tersebut akan dikonversikan menjadi energi untuk mengatasi kelelahan dan kelaparan. Kalau Anda sembarangan makan, maka nutrisi yang didapatkan oleh tubuh juga jadi tidak seimbang sehingga bisa membuat tubuh lebih gampang kelelahan. 

Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Setiap harinya manusia membutuhkan protein dan serat yang cukup. Pastikan Anda mengonsumsi protein yang cukup setiap hari. Anda bisa mendapatkan protein dari telur, daging ayam, dan daging lainnya. 

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi serat dalam jumlah yang cukup. Serat yang cukup akan membuat pencernaan menjadi lancar. Serat bisa Anda dapatkan dari berbagai macam sayuran hijau dan buah. Vitamin dari sayuran hijau dan buah juga akan membuat badan anda menjadi lebih segar. 

 

3. Perbanyak Minum Air Putih

 

Selain makanan, tubuh kita juga membutuhkan minum air putih yang cukup. Bahkan tubuh kita membutuhkan minum melebihi membutuhkan makanan. Tubuh kita bisa bertahan lebih lama tanpa makanan, tapi tidak bisa bertahan tanpa minuman. Maka tidak heran tubuh kita jadi cepat lelah dan gampang capek kalau kekurangan minum.

Karena itu, pastikan Anda mengonsumsi cukup air putih. Namun, usahakan untuk minum air putih. Minuman lain yang memiliki rasa biasanya mengandung kalori yang bisa membuat anda semakin gemuk. 

Kalau Anda semakin gemuk, pada akhirnya justru membuat tubuh Anda jadi lebih cepat capek. Tubuh manusia butuh minum setidaknya 2 liter setiap hari. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tersebut.

 

4. Memilih Olahraga yang Tepat

 

Capek beraktivitas bisa disebabkan karena berat badan berlebihan dan jarang dilatih. Ketika Anda memiliki lemak yang berlebihan dan massa otot yang kurang, tubuh Anda membutuhkan lebih banyak energi untuk bisa bergerak.

Hal ini tentu saja menyebabkan badan Anda jadi lebih cepat capek. Cobalah berolahraga agar tubuh anda menjadi lebih bugar. 

Tidak perlu olahraga yang terlalu berat. Cukup olahraga ringan, seperti jogging santai. Seiring dengan konsistensi olahraga, tubuh anda akan semakin bugar. Saat sudah makin segar, Anda bisa menambah intensitas olahraga yang dilakukan.

Hal terpenting dalam berolahraga adalah konsisten sehingga bisa membuat menjadi lebih segar dan menghilangkan rasa lelah setelah beraktivitas.

 

5. Membatasi Konsumsi Kafein & Alkohol

 

Kafein memang bisa membuat badan terasa lebih segar dan fokus karena memicu adrenalin tubuh anda. Namun, efeknya bisa membuat tubuh Anda kelelahan. Konsumsi alkohol yang berlebihan juga bisa membuat tubuh Anda jadi gampang lelah karena ada efek memabukkan.

Maka dari itu, batasi konsumsi kafein dan alkohol setiap harinya agar badan bisa beristirahat. Batas konsumsi kafein yang disarankan tidak lebih dari 400 miligram atau setara dengan 3 sampai 4 cangkir kopi. Sedangkan batas konsumsi alkohol hanya sekitar 45 ml sampai 335 ml tergantung jenisnya.

 

6. Mencoba Relaksasi

 

Aktivitas yang terlalu padat dan berulang-ulang bisa saja membuat badan anda menjadi kaku. Hal ini berpengaruh terhadap kebugaran tubuh yang menurun hingga membuat gampang capek dan lelah.

Saat ada waktu luang, manfaatkan untuk peregangan ringan. 15 menit hingga 30 menit sudah cukup untuk peregangan ringan. Kalau Anda memiliki waktu lebih, coba juga untuk melakukan yoga dan refleksi diri. Selain badan yang lebih segar, stress juga bisa berkurang. Sekaligus, Anda juga bisa mencoba Refleksi Tubuh agar tubuh menjadi Rileks lagi.

 

7. Menggunakan Minyak Aromaterapi 

 

Pakai minyak aromaterapi juga bisa membantu mengatasi rasa lelah pada badan dan pikiran. Anda bisa menggunakan minyak aromaterapi Safe Care untuk mengatasi lelah setelah aktivitas seharian. 

Oleskan minyak aromaterapi Safe Care di sekitar hidung agar anda bisa menghirup aromanya. Safe Care terbuat dari bahan herbal, seperti menthol, camphor, dan esensial oil yang berfungsi untuk membuat badan anda menjadi rileks.

 

 

Dengan mencium aroma dari Safe Care, pikiran anda juga jadi lebih rileks sehingga memungkinkan anda bisa tidur dengan lebih cepat. Kalau anda kelelahan setelah beraktivitas seharian dan masih kesulitan untuk tidur, maka cobalah Safe Care Minyak Angin Aromatherapy.

 

Itulah berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi badan capek. Melakukan solusi yang disebutkan tidak langsung membuat badan anda langsung segar. Perlu waktu agar badan anda bisa prima ketika melakukan aktivitas seharian dengan bantuan solusi di atas. Karena itu, lakukan secara konsisten

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar