Kenali Penyebab Badan Pegal-pegal

Jumat, 18 Agustus 2023 | Safecare Admin



penyebab-badan-pegal-pegal

Setiap orang tentu pernah merasakan badan pegal-pegal saat setelah beraktivitas. Meskipun kerap menjadi masalah yang biasa karena dapat hilang sendiri dalam waktu yang singkat, badan pegal juga dapat menjadi gejala penyakit yang serius.

Badan pegal-pegal dapat terjadi karena banyak faktor pemicunya. Rasa nyeri akibat pegal-pegal juga dapat muncul pada area tertentu atau bahkan di seluruh tubuh. Rasa nyeri ini tentu sangat menyiksa dan mengganggu jalannya aktivitas sehari-hari. Untuk bebas dari badan pegal-pegal Anda perlu melakukan perawatan yang tepat, tidak hanya fokus pada rasa nyeri yang ditimbulkan tapi juga pada aktivitas tubuh yang terkena.

Nah, kenali penyebab badan pegal-pegal yang biasa orang alami. Beberapa penyebab badan pegal-pegal tersebut di antaranya adalah seperti di bawah ini.

 

1. Terlalu Lama Duduk

Terjebak dalam posisi duduk yang sama dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan badan pegal dimana otot-otot terasa sakit dan kaku. Aktivitas yang monoton sehingga mengharuskan Anda duduk berjam-jam akan meningkatkan risiko nyeri pada bagian tubuh tertentu.

Pegal-pegal yang sering ditAndai dengan nyeri otot karena terlalu lama duduk dapat membuat otot punggung, bahu, dan pinggul menjadi kaku. Hal tersebut terjadi karena sirkulasi darah dalam tubuh tidak lancar. Nyatanya otot juga membutuhkan asupan darah dengan kadar oksigen yang cukup

Oleh karena itu, hindari posisi tetap dalam durasi waktu yang lama saat duduk. Ambilah waktu istirahat sejenak untuk bangun dan bergerak setelah 30 menit duduk.

 

2. Aktivitas Fisik Berlebihan

Pegal-pegal sering terjadi setelah melakukan aktivitas berat? Ya, melakukan aktivitas fisik yang berlebihan merupakan penyebab datangnya rasa pegal-pegal pada badan. Olahraga merupakan salah satu aktivitas fisik berat yang dapat membuat badan Anda pegal.

Meski memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan kebugaran, aktivitas fisik seperti olahraga juga dapat memunculkan pegal dan nyeri otot lho. Hal itu biasa terjadi jika Anda melakukan aktivitas fisik secara berlebihan sehingga badan harus bekerja ekstra.

Aktivitas fisik berlebih juga dapat menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius sperti bursitis dan tendinitis. Masalah kesehatan tersebut dapat menyerang lutut, bahu, siku, pinggul, dan tumit. Tidak hanya pegal-pegal, aktivitas fisik berlebihan juga dapat menyebabkan peradangan seperti bursitis dan tendinitis.

Nah, untuk mengusir badan pegal-pegal akibat aktivitas fisik berlebihan, Anda bisa mengaplikasikan Minyak Gading Pegal Linu Roll On 30 ml. Aplikasikan Minyak Gading Pegal Linu ini secukupnya pada bagian badan yang terasa pegal-pegal, linu dan/atau sakit.

Minyak Gading Pegal Linu terbuat dari bahan-bahan alami, seperti menthol, champor dan minyak esensial. Kandungan ini berkhasiat memberikan kehangatan bagi tubuh serta meredakan pegal-pegal, sakit pinggang, nyeri persendian, encok, melemaskan otot dan melancarkan peredaran darah.

 

3. Kurang Olahraga

Sering terasa badan pegal-pegal saat bangun tidur di pagi hari? Bisa jadi itu merupakan alarm untuk Anda agar memberikan kesempatan tubuh Anda untuk digerakkan dengan benar.

Nah, jika itu yang terjadi sebaiknya segera lakukan olahraga ringan untuk memenuhi kebutuhan gerak tubuh Anda. Kurangnya olahraga akan membuat Anda mudah merasa pegal-pegal dan nyeri pada area tertentu.

Kebutuhan olahraga yang terpenuhi dengan baik akan membuat otot dan persendian relaks dan sirkulasi darah akan lancar ke seluruh bagian tubuh.

 

4. Cedera Otot

Cedera otot bisa terjadi kapan saja, Anda dapat mengalami cedera saat berolahraga maupun beraktivitas. Cedera otot akan memunculkan rasa pegal dan nyeri otot pada area tubuh yang mengalami benturan.

Cedera otot yang Anda alami mungkin saja dalam tingkat keparahan ringan ataupun berat. Rasa nyeri dan pegal yang Anda rasakan pun akan berbeda berdasarkan tingkat keparahan yang terjadi.

Cedera dapat terjadi pada bagian tubuh manapun, seringkali cedera penyebab badan pegal terjadi pada area  seperti otot perut yang tegang, otot punggung keseleo, patah tulang, sindrom nyeri myofascial, tendinitis, tendinosis, dan lain sebagainya.

 

5. Otot Tegang Akibat Stres

Penyebab badan pegal-pegal salah satunya adalah karena otot tegang akibat stres. Stres secara mental maupun fisik dapat memicu tegangan dan tekanan pada otot-otot dalam tubuh tanpa disadari.

Masalah stres yang Anda alami dapat mengeluarkan hormon stres yang kemudian akan mengalir pada aliran darah di dalam tubuh Anda. Hormon stres akan menghasilkan fisiologis dimana otot-otot dalam tubuh berkontraksi sebagai bentuk perlindungan tubuh terhadap ancaman bahaya.

Saat tubuh Anda merespon stres yang dramatis akan menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti sakit kepala, nyeri otot, otot tegang dan otot kaku. Hal tersebut merupakan gejala umum hiperstimulasi stres-respons.

Jika pegal-pegal akibat perilaku gelisah dan stres menyerang, menenangkan diri dan istirahat sejenak dapat memulihkan respon stres yang aktif sehingga sensasi nyeri otot akan mereda tubuh pun tidak akan terasa pegal lagi.

 

6. Gangguan Tidur

Masalah tidur yang menyebabkan kurang tidur merupakan penyebab badan terasa pegal-pegal. Normalnya, orang dewasa membutuhkan waktu 6 hingga 8 jam untuk tidur pada malam hari. Gangguan tidur seperti insomnia berpengaruh pada kualitas tidur dan kondisi fisik.

Tinjauan dr. Dyah Novita dari Klik Dokter, Tidur yang bermasalah akan berpengaruh pada jaringan sel-sel dalam tubuh serta otak. Saat tubuh kurang tidur maka tubuh akan sulit beristirahat untuk mengisi kembali energi yang hilang.

Hal tersebut akan berpengaruh pada metabolisme tubuh Anda. Tidak heran saat bangun tidur bukannya badan terasa segar, Anda malah bangun tidur dengan rasa pegal-pegal atau nyeri pada bagian tertentu.

Menghindari gangguan tidur dengan menerapkan pola tidur yang tepat adalah cara yang bagus. Selain itu, Anda juga bisa selektif dalam memilih makanan sehingga tidak berpengaruh pada kualitas tidur serta kebugaran tubuh Anda.

 

7. Dehidrasi

Kekurangan cairan merupakan penyebab badan terasa pegal-pegal. Coba ingat-ingat, apakah kebutuhan cairan harian Anda sudah terpenuhi? JIka belum, pantas jika Anda mudah lelah atau sering merasakan pegal dan nyeri otot.

Air sebagai sumber cairan bagi tubuh memiliki peran yang sangat penting. Tidak terpenuhinya kebutuhan cairan tubuh dengan baik akan menyebabkan banyak masalah kesehatan, contoh yang paling ringan adalah badan mudah terasa pegal.

Hal tersebut terjadi karena tubuh membutuhkan air untuk melakukan metabolisme tubuh dengan baik seperti pada sistem pernapasan dan pencernaan.

Nah, saat tubuh Anda dehidrasi maka proses penting tersebut tidak dapat bekerja secara optimal, Anda pun akan merasakan sakit pada anggota badan tertentu. Sakit yang kerap datang saat dehidrasi seperti sakit kepala, nyeri otot, otot tegang maupun badan lemas.

Itulah berbagai penyebab badan terasa pegal-pegal. Sebagai tindakan awal, kami menyarankan Anda menggunakan Minyak Gading Pegal Linu Roll On 30 ml. Ya, sebagaimana kami informasikan sebelumnya, produk ini terbukti ampuh mengatasi pegal-pegal, encok, nyeri persendian dan permasalahan ringan pada otot lainnya.  Selain itu, Anda dapat mempelajari beberapa Cara Mengatasi Badan Pegal-Pegal Secara Tepat.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar