Cara Mencegah Iritasi Kulit Tangan Secara Tepat

Jumat, 18 Agustus 2023 | Safecare Admin



cara-mencegah-iritasi-kulit-tangan

Iritasi kulit adalah kondisi yang sangat umum terjadi dan bisa dialami oleh siapa saja, baik anak-anak, orang dewasa maupun lansia. Munculnya iritasi kulit tangan, secara umum, Penyebab Iritasi pada Kulit Tangan oleh paparan zat alergen yang terdapat di sabun mandi, deterjen, produk perawatan kulit dan makanan. Cuaca panas juga bisa memicu iritasi kulit tangan.

Adapun gejala iritasi kulit tangan yang paling umum dikeluhkan oleh penderita yakni gatal-gatal, kulit jadi kemerahan dan membengkak dan memunculkan bercak ruam. Iritasi kulit tangan ini bukan saja menimbulkan ketidaknyamanan, tapi juga memperburuk penampilan.

Oleh karenanya, penting bagi kita semua mengetahui cara mencegah iritasi kulit tangan yang tepat. Berikut cara pencegahan yang bisa diterapkan:

 

1. Jangan Garuk Kulit Saat Gatal

Cara mencegah dan/atau mengatasi iritasi kulit tangan yang pertama yakni tidak menggaruk kulit tangan yang terasa gatal. Ya, iritasi kulit tangan bisa saja memunculkan rasa gatal yang tak tertahankan dan penderita ingin menggaruknya.

Tapi ketahuilah, menggaruk kulit tangan yang teriritasi termasuk tindakan yang sia-sia. Bahkan, tindakan ini dapat menyebabkan kulit tangan yang teriritasi makin gatal, timbul luka terbuka dan terjadi penyebaran infeksi. Dalam kata lain, iritasi kulit tangan jadi lebih parah.

Sebagai alternatif lain, Anda bisa kok meredakan rasa gatal pada kulit tangan yang teriritasi dengan cara mengompres dingin. Cara ini lebih aman dan tidak akan menjadikan iritasi kulit tangan semakin parah.

 

2. Menjaga Kelembaban Kulit

Anda juga bisa mengoleskan pelembab kulit setelah mandi dan setiap kulit tangan Anda terasa kering. Tindakan ini disarankan guna menjaga kelembaban kulit setiap waktu.

Ya, kulit tangan yang teriritasi biasanya diawali dengan masalah kulit kering dan berissik. Inilah alasan mengapa Anda perlu menjaga kelembaban kulit setiap waktu.

Oh ya, jangan asal pilih produk pelembab kulit ya! Pastikan produk pelembab kulit yang Anda pilih tidak mengandung pemutih, wewangian, zat iritan dan kandungan lainnya yang tidak ramah bagi kulit tangan.

 

3. Minum Banyak Air

Sebaiknya minumlah air putih 2 liter sehari. Ya, minum air putih memang harus secukupnya. Dalam kata lain, kita harus memenuhi kebutuhan asupan air bagi tubuh.

Dengan menjaga asupan air bagi tubuh, kulit akan senantiasa lembab dan sehat. Seperti yang kami informasikan di atas, menjaga kelembaban kulit perlu dilakukan guna mencegah iritasi kulit di tangan.

Oh ya, selain minum air putih, Anda bisa lho memenuhi asupan cairan tubuh dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya air. Seperti jeruk, tomat, semangka, melon dan lainnya.

 

4. Gunakan Safe Care Balm Skincare

Apa itu Safe Care Skin Care Balm? Safe Care Skin Care Balm adalah produk yang diformulasikan khusus untuk mencegah dan mengatasi berbagai permasalahan kulit ringan, seperti gatal-gatal, iritasi pada kulit tangan, ruam kemerahan, ruam popok dan gejala eksim.

 

 

Safe Care Skin Care Balm ini mengandung minyak jojoba yang berkhasiat melembabkan kulit dan memudarkan kerutan serta menghambat tanda-tanda penuaan kulit. Jadi, dengan produk ini, Anda tidak hanya mendapatkan manfaat ‘balm’ yang dapat mengentaskan berbagai permasalahan kulit, tapi juga mendapatkan manfaat ‘skincare’ yang mampu menyehatkan kulit. Dapat manfaat dobel deh!

Anda bisa membeli Safe Care Skin Care Balm di supermarket atau apotik yang menyediakan produk ini. Atau, bisa juga melakukan pembelian secara online melalui marketplace yang ada di Indonesia. Pastikan Anda selalu sedia Safe Care Skin Care Balm ya!

 

5. Menggunakan Sabun yang Aman Iritasi

Cara mencegah iritasi kulit tangan berikutnya yakni dengan menggunakan sabun yang aman. Maksudnya, sabun yang Anda gunakan harus aman dari timbulnya iritasi kulit tangan. Baik itu sabun badan, deterjen maupun sabun cuci piring.

Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk mengecek kandungan bahan dari berbagai jenis sabun yang hendak Anda gunakan. Nah, biasanya sabun yang mengandung pewangi dapat memicu iritasi kulit tangan. Jadi, saran kami, hindari sabun yang mengandung pewangi, terlebih Anda saat ini tengah mengalami iritasi kulit tangan.

 

6. Penggunaan Sarung Tangan

Menggunakan sarung tangan juga bisa Anda lakukan untuk mencegah iritasi kulit pada tangan. Maksudnya, sebelum menggunakan produk tertentu yang dapat memicu iritasi kulit tangan, sebaiknya terlebih dahulu gunakanlah sarung tangan.

Nah, produk pembersih rumah, seperti pembersih lantai, pembersih kaca dan disinfektan toilet biasanya mengandung bahan kimia pemicu iritasi kulit. Sebelum menggunakan produk-produk itu, sebaiknya gunakanlah sarung tangan agar kulit tangan terhindar dari iritasi.

Oh ya, jika Anda sehari-harinya mencuci baju secara manual, Anda juga bisa menggunakan sarung tangan. Mengingat, paparan deterjen, terutama deterjen bubuk yang cukup lama dapat mengiritasi kulit tangan.

 

7. Penggunaan Air Hangat

Menggunakan air hangat juga bisa Anda coba untuk mencegah kulit tangan teriritasi. Bahkan, air hangat ini bisa digunakan untuk mengatasi gatal-gatal yang menjadi gejala umum kulit tangan teriritasi.

Air hangat bisa digunakan untuk mandi. Ingat, airnya jangan terlalu panas ya dan jangan terlalu lama mandi. Sebab, terlalu lama mandi bisa menjadikan kulit kering dan bahkan bersisik.

Untuk mendapatkan efek yang lebih optimal, Anda bisa menambahkan baking soda kurang lebih seperempat cangkir ke dalam air hangat untuk mandi. Baking soda ini memiliki kandungan zat antijamur yang dapat mencegah dan mengatasi iritasi kulit dan gatal-gatal yang ditimbulkannya.

 

8. Jaga Kebersihan Tempat Tidur

Sprei dan sarung bantal sering kali dihinggapi bakteri dan kuman penyebab iritasi kulit tangan. Oleh karenanya, kami sangat menyarankan Anda agar selalu menjaga kebersihan tempat tidur dengan cara membersihkannya setiap hari.

Lebih lanjut, Anda juga perlu mengganti sprei dan sarung bantal setidaknya seminggu sekali. Jadi, jangan menunggu kulit terasa gatal-gatal atau terkena iritasi baru kemudian sprei dan sarung bantal diganti ya!

Perlu diingat, kebersihan adalah pangkal kesehatan. Jadi, setiap saat Anda perlu memperhatikan kebersihan lingkungan sekelilingmu agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan, termasuk iritasi kulit tangan.

 

9. Hindari Bahan Iritan

Terakhir, Anda perlu menghindari bahan-bahan yang bisa mengiritasi kulit tangan. Mulai dari sabun mandi, deterjen dan sabun cuci piring hingga bahan pakaian yang dapat memicu gatal-gatal dan iritasi kulit tangan. Selain itu, Anda juga perlu menghindari produk perawatan kulit atau skincare yang juga tidak ramah terhadap kulit tangan Anda.

Dengan menghindari bahan-bahan iritan, Anda akan terhindar dari iritasi kulit tangan, gatal-gatal dan ruam kemerahan. Untuk penggunaan pakaian, sebaiknya pilih pakaian yang longgar dan berbahan katun. Ya, pakaian berbahan katun memang ramah banget terhadap kulit dan tidak akan menyebabkan iritasi.

Itulah berbagai cara mencegah iritasi kulit tangan dengan tepat. Penggunaan Safe Care Skin Care Balm lebih disarankan ya untuk Cara Mengatasi Iritasi Kulit Tangan. Jadi, Anda perlu nih selalu sedia Safe Care Skin Care Balm di mana pun berada.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar