Berikut Cara Mengatasi Iritasi Kulit Tangan

Jumat, 18 Agustus 2023 | Safecare Admin



cara-mengatasi-iritasi-kulit-tangan

Anda sedang mengalami iritasi kulit tangan? Setidaknya ada tujuh cara mengatasi iritasi kulit tangan yang bisa Anda terapkan. Ketujuh cara ini akan kami informasikan di dalam artikel ini, simak dengan saksama ya!

Iritasi kulit tangan bisa menyerang siapa saja. Biasanya, Ciri-ciri Iritasi Kulit Tangan orang yang mengalami akan merasa gatal-gatal. perih, kulit jadi kemerahan dan bersisik. Tidak sedikit orang yang mengalami iritasi kulit tangan menggaruknya sampai timbul luka terbuka.

Ketahuilah, Penyebab Iritasi pada Kulit Tangan pada umumnya tidak berbahaya dan dapat sembuh dengan sendirinya. Tapi rasa yang tidak nyaman dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karenanya, kondisi ini perlu segera diatasi. Berikut kami paparkan berbagai cara mengatasi iritasi kulit tangan yang bisa Anda terapkan:

 

1. Mandi dengan Sabun yang Aman untuk Kulit

Apakah selama ini Anda menggunakan sabun yang aman dan ramah untuk kulit? Ketahuilah, sabun yang memiliki kandungan bahan kimia terlalu keras seperti parfum dapat menyebabkan kulit lebih kering. Nah, kulit kering ini bisa memicu rasa gatalp-gatal dan iritasi di kulit tangan setelah mandi.

Jika selama ini Anda menggunakan sabun semacam itu, maka segeralah ganti dengan sabun yang aman untuk kulit. Saran kami, pilih sabun yang berlabel ‘hypoalergenic’ dan memiliki kandungan bahan yang ringan, tanpa adanya kandungan parfum. Selain itu, pastikan juga sabun yang Anda gunakan mengandung pelembab ya!

 

2. Hindari Menggaruk

Iritasi kulit tangan memang, secara umum, menimbulkan rasa gatal yang tak tertahankan. Bahkan, masih banyak nih orang yang mengalami iritasi kulit tangan menggaruknya sampai timbul luka terbuka.

Padahal, iritasi kulit tangan sebaiknya tidak digaruk. Sebab, menggaruk bagian kulit tangan yang teriritasi termasuk tindakan yang sia-sia. Bahkan, tindakan ini berisiko kulit tangan yang teriritasi mengalami infeksi dan menyebar ke area kulit sekitarnya.

Lebih lanjut, garukan yang keras bisa menimbulkan rasa perih pada kulit tangan yang teriritasi. Kondisi ini juga akan membuat kulit teriritasi semakin terasa gatal.

 

3. Jangan Gunakan Pakaian yang Panas

Pakaian yang panas identik dengan karakternya yang tidak dapat menyerap keringat dengan baik. Biasanya, pakaian semacam itu berbahan spandex atau karet.

Nah, kulit tubuh yang kepanasan dan terkena keringat dalam waktu lama dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri. Bakteri inilah yang memicu munculnya permasalahan iritasi kulit tangan dan rasa gatal-gatal.

Oleh karenanya, kami menyarankan Anda tidak menggunakan pakaian yang panas dan tidak dapat menyerap keringat dengan baik. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan pakaian berbahan katun yang memiliki karakter adem, mampu menyerap keringat dengan baik dan memberikan kenyamanan ekstra.

 

4. Kompres Bagian yang Gatal

Nah, Anda sebaiknya mengompres dingin bagian kulit tangan yang terasa gatal-gatal, bukan menggaruknya. Cara ini memang lebih disarankan karena tidak akan membuat iritasi kulit tangan menjadi lebih parah dan terinfeksi, bahkan muncul luka terbuka.

Cara mengompres bagian kulit tangan yang terasa gatal-gatal sangatlah mudah. Pertama-tama, Anda perlu menyiapkan kain dan es batu ukuran sedang. Balut es batu dengan kain, kemudian tempelkan ke bagian kulit tangan yang terasa gatal-gatal. Lakukan tindakan ini sampai gatal-gatal mereda dan kulit tangan yang teriritasi lebih tenang.

 

5. Gunakan Safe Care Balm Skincare

Sebagai tindakan awal mengatasi iritasi kulit tangan dan gejala yang muncul, gunakanlah Safe Care Skin Care Balm. Ya, produk Safe Care Skin Care Balm ini diformulasikan khusus untuk mengatasi berbagai jenis iritasi kulit.

Menariknya, Safe Care Skin Care Balm ini bisa dikatakan memiliki dua fungsi yang berbeda, yakni fungsi sebagai balm dan fungsi sebagai skincare. Kandungan yang terdapat di dalamnya bebas alkohol dan bebas paraben ya. Jadi, produk ini aman digunakan oleh siapa saja, termasuk bayi dan anak-anak serta pemilik kulit sensitif.

 

 

Agar Anda tahu, Safe Care Skin Care Balm memiliki kandungan minyak geranium, pohon teh, chamomile, rosemary dan calendula. Kandungan-kandungan ini memiliki khasiat meredakan iritasi kulit dan gatal-gatal, meringankan ruam kemerahan dan memperbaiki jaringan kulit.

Ada juga kandungan minyak jojoba dan kelapa serta kandungan beewax. Kandungan-kandungan ini memiliki khasiat menghambat tanda-tanda penuaan dini, melembabkan kulit, memudarkan kerutan pada kulit, menangkal radikal bebas pada kulit dan meredakan masalah kulit kering, kasar dan bersisik.

Wah, banyak sekali ya khasiat produk Safe Care Skin Care Balm ini. Recommended banget deh produk ini digunakan untuk mengatasi iritasi kulit tangan dan menyehatkan kulit secara keseluruhan. 

 

6. Hindari Produk yang Mengandung Alkohol

Cara mengatasi iritasi kulit tangan berikutnya yakni dengan menghindari produk-produk yang mengandung alkohol. Kandungan alkohol ini sering kali ditemukan di produk skincare dan balm, meski tidak semua. Oleh karenanya, jika Anda ingin menggunakan produk skincare dan balm, pastikan kandungannya tidak terdapat bahan alkohol ya. seperti Safe Care Skin Care Balm. Lebih lanjut, Anda juga perlu menghindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol.

Mengapa kita harus menghindari produk dan makanan yang mengandung alkohol? Ketahuilah, kandungan alkohol dapat memicu kulit tangan gatal-gatal dan kering serta muncul ruam kemerahan. Akibatnya, kulit tangan akan teriritasi jika kondisinya semakin parah.

Jadi, jika Anda saat ini sering menggunakan produk yang mengandung alkohol dan mengonsumsi makanan/minuman (juga) berbahan alkohol, sebaiknya segera berhenti melakukannya. Tujuannya, agar Anda terhindar dari masalah iritasi kulit tangan dan masalah kesehatan lainnya.

 

7. Meminimalisir Pemicu Iritasi

Ada banyak sekali pemicu iritasi kulit tangan. Anda bahkan mungkin tidak menyadarinya kalau benda-benda yang ada di sekeliling Anda dapat memicu masalah iritasi kulit tangan. Misalnya, produk dan kosmetik yang mengandung bahan kimia tidak ramah bagi kulit. Anda perlu meminimalisir dan bahkan menghindarinya agar tidak terkena iritasi kulit tangan.

Selain itu, pakaian dengan bahan tertentu, seperti kain wol, rayon, polyester dan kain sintetis lainnya juga dapat memicu iritasi kulit tangan. Pembersih rumah, seperti detergen, pembersih lantai dan pembersih kaca pun memiliki kandungan bahan kimia yang bisa memicu iritasi kulit tangan. Anda perlu meminimalisir atau menghindari semua hal itu ya!

Oh ya, jika memang ingin menggunakan pembersih lantai, deterjen dan sejenisnya, Anda bisa mengenakan sarung tangan berbahan karet. Cara ini dapat melindungi tangan Anda terpapar deterjen dan pembersih lantai secara berlebihan.

Itulah berbagai cara mengatasi iritasi kulit tangan yang bisa Anda terapkan. Sebagai tindakan awal untuk mengatasi masalah kulit ini, sebaiknya gunakan Safe Care Skin Care Balm. Cara ini terbukti ampuh mendapat iritasi kulit tangan yang tingan dengan segera dan menyehatkan kulit tubuh.

Tapi, jika iritasi kulit tangan dipicu oleh penyakit serius, sebaiknya periksakan diri ke dokter ya. Selain itu, jika iritasi kulit tangan yang Anda alami disertai dengan gejala-gejala lainnya yang menyakitkan dan/atau mengganggu aktivitas sehari-hari, Anda juga perlu memeriksakan diri ke dokter agar mengetahui Cara Mencegah Iritasi Kulit Tangan Secara Tepat. Dengan begitu, masalah kesehatan yang Anda alami dapat segera diatasi dengan penanganan dan pengobatan yang tepat.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar